Selasa, 21 Oktober 2014

Menyelamatkan Kucing kecil

Dinukil dari kitab Majalisus Saniyah Syeh Ahmad
روى ابن عساكر في تاريخه عن بعض اصحاب الشبلى قال رايت الشبلى في النوم بعد موته فقلت له ما فعل الله بك قال اوقفني بين يديه الكريمتين وقال يا ابا بكر اتدرى بماذا غفرت لك فقلت بصالح عملى فقال لا فقلت باخلاصى في عبوديتى فقال لا فقلت بحجى وصومى وصلاتى فقال لم اغفر لك بذالك
Ibnu 'Asakir meriwayatkan dalam kitab Tarikhnya dari sebagian sahabatnya Imam Syibli berkata,
" aku melihat Imam Syibli didalam tidur setelah wafatnya beliau, kemudian aku berkata kpdnya :
" apa yg telah Allah lakukan padamu ? "
Imam Syibli berkata : " Dia menempatkanku di hadapan kedua Yad-Nya yg mulia dan Dia berkata ,' wahai Aba Bakr (julukan Imam Syibli) apakah engkau mengetahui mengapa Aku mengampunimu ?'
aku berkata : ' sebab kebaikan amalanku '
' bukan ' jawab Allah
' sebab keikhlasan dalam ibadahku '
' bukan '
' sebab ibadah haji, puasa dan sholatku '
' aku tdk mengampunimu sebab itu semua ' jawab Allah
فقلت بهجرتى الى الصالحين وبادامت اسفارى وطلب العلوم فقال لا فقلت يا ربى هذه المنجيات التى كنت اعقد عليها حسن ظنى انك بها تعفو عنى قال كل ذالك لم اغفر لك بها فقلت الهى فبماذا قال اتذكر حين كنت تمشى علي درب بغداد فوجدت هرة صغيرة قد اضعفها البرد وهى تنزوى الى الجدار من شدة البرد والثلج فاخذتها رحمة لها فادخلتها في فرو كان عليك وقاية لها من الم البرد
aku berkata, ' sebab hijrahku kpd orang2 sholih dan sebab langgengnya perjalananku serta sebab menuntut ilmu '
' bukan ' jawab Allah
aku berkata, ' wahai Tuhanku, ini adalah amaln2 penyelamatku yg telah kuyakini bahwa husnudz dzonku sesungguhnya Engkau mengampuniku sebab amalan2 tsb.'
' semuanya itu tidaklah Ku ampuni dirimu sebabnya. ' jawab Allah
' lalu sebab apakah aku diampuni ? '
' Apakah engkau ingat ketika engkau berjalan di jalanan Bagdad kemudian engkau menemukan seekor kucing kecil yg telah lemah sebab cuaca dingin dan dia sdg mojok di tembok sebab sangat dinginnya salju,
kemudian engkau mengambil kucing tsb karena kasihan kepadanya, kemudian kau masukkan dia kedalam jubah bulu yg ada padamu utk menjaganya dari sakitnya kedinginan ? '
فقلت نعم قال برحمتك لتلك الهرة رحمتك
اللهم ارحمنا برحمتك يا ارحم الراحمين يا رب العالمين
aku berkata, ' iya saya ingat '
' sebab kasih sayangmu kepada kucing itulah Aku merahmatimu ' jawab Allah.
" Yaa Allah, kasih sayangilah kami dengan rahmat-Mu Yaa Arhamar Rohimiin Yaa Robbal 'Aalamiin "
Aamiin...
المجالس السنية
الشيخ احمد بن الشيخ حجازى

Moga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar