Assalamu'alaikum para ustadz..mhn pencerahan, apa mksd hadist
ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻲْ ﻫُﺮَﻳْﺮَﺓَ ﺃَﻥَّ ﺭَﺳُﻮْﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ
ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻗَﺎﻝَ: ﻟَﺎ ﺗَﺠْﻌَﻠُﻮْﺍ ﺑُﻴُﻮْﺗَﻜُﻢْ ﻣَﻘَﺎﺑِﺮَ ، ﺇِﻥَّ
ﺍﻟﺸَّﻴْﻄَﺎﻥَ ﻳَﻨْﻔِﺮُ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﺒَﻴْﺖِ ﺍﻟَّﺬِﻱْ ﺗُﻘْﺮَﺃُ ﻓِﻴْﻪِ ﺳُﻮْﺭَﺓُ
ﺍﻟْﺒَﻘَﺮَﺓِ
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu,Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa
sallam bersabda, “Janganlah kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan,
karena sesungguhnya syaithan akan lari dari rumah yang dibaca surat
al-Baqarah di dalamnya.”
karena dr hadist tsb ada yg berpandangan bahwa tidak boleh membaca Al
Qur'an dikuburan dan beribadah disisi kuburan. mhn pencerahannya
JAWABAN
> Yi Ghufron Bkl
Wa'alaikum salam
maqsud hadist tsb adalah , Rumah yg sepi dari dzikir dan ketaatan maka laksana kuburan atau orang mati yg ada dalam kuburan :
مرقاة المفاتيح : 19 - ( وعن أبي هريرة قال : قال رسول الله - صلى الله
عليه وسلم - : لا تجعلوا بيوتكم ) بالضم والكسر ( مقابر ) ، أي خالية من
الذكر والطاعة فتكون كالمقابر وتكونون كالموتى فيها أو معناه : لا تدفنوا
موتاكم فيها ، ويدل على المعنى الأول قوله ( إن الشيطان ) استئناف كالتعليل
( ينفر ) بكسر الفاء ، أي يخرج ويشرد ( من البيت الذي تقرأ فيه سورة
البقرة ) والمعنى : ييأس من إغواء أهله ببركة هذه السورة ، أو لما يرى من
جدهم في الدين واجتهادهم في طلب اليقين وخص سورة البقرة بذلك لطولها وكثرة
أسماء الله - تعالى - والأحكام فيها ، وقد قيل : فيها ألف أمر وألف نهي
وألف حكم وألف خبر ، وفي الحديث دلالة على عدم كراهة أن يقال سورة البقرة
خلافا لمن يقول : إنما يقال السورة التي فيها البقرة أو يذكر فيها البقرة (
رواه مسلم ) وروه الترمذي والنسائي عن أبي هريرة آخر الحديث بلفظ : إن
الشيطان يفر من البيت الذي تقرأ فيه البقرة .
> Sa_al
wa'alaikum salam Wr Wb
Ada golongan yang memahami hadits tsb sebagai larangan membaca alqur'an dipekuburan.
Namun coba kita lihat syarah hadits yang dikemukakan ulama ahli hadits,maksud dari hadits tsb bukan seperti yang mereka fahami.
Beberapa redaksi hadits terkait :
عَنْ عَطَاءِ بْنِ أَبِي رَبَاحٍ ، عَنْ زَيْدِ بْنِ خَالِدٍ الْجُهَنِيِّ ،
قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم:لاَ تَتَّخِذُوا
بُيُوتَكُمْ قُبُورًا ، صَلُّوا فِيهَا ، وَمَنْ فَطَّرَ صَائِمًا ، كُتِبَ
لَهُ مِثْلُ أَجْرِ الصَّائِمِ ، فِي أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ
الصَّائِمِ شَيْءٌ ، وَمَنْ جَهَّزَ غَازِيًا فِي سَبِيلِ اللهِ ، أَوْ
خَلَفَهُ فِي أَهْلِهِ ، كُتِبَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِ الْغَازِي ، فِي
أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الْغَازِي شَيْءٌ.
عَنْ نَافِعٌ عَنِ ابْنِ عُمَرَ عَنِ النَّبِىِّ صلى الله عليه وسلم
قَالَ:اجْعَلُوا فِى بُيُوتِكُمْ مِنْ صَلاَتِكُمْ ، وَلاَ تَتَّخِذُوهَا
قُبُورًا.
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه
وسلم:لاَ تَتَّخِذُوا قَبْرِي عِيدًا ، وَلاَ تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ
قُبُورًا ، وَحَيْثُمَا كُنْتُمْ فَصَلُّوا عَلَيَّ ، فَإِنَّ صَلاَتَكُمْ
تَبْلُغُنِي.
عَنْ أَبِي صَالِحٍ ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ ، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله
عليه وسلم ، قَالَ:لاَ تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ ، فَإِنَّ
الشَّيْطَانَ يَفِرُّ مِنَ الْبَيْتِ الَّذِي يُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ
الْبَقَرَةِ.
- وفي رواية : لاَ تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ ، وَإِنَّ الْبَيْتَ
الَّذِي يُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ لاَ يَدْخُلُهُ الشَّيْطَانُ.
- وفي رواية : لا تَتَّخِذُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ ، صَلُّوا فِيهَا ،
فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لِيَفِرُّ مِنَ الْبَيْتِ يَسْمَعُ سُورَةَ
الْبَقَرَةِ تُقْرَأُ فِيهِ.
- لفظ ابن أَبي شَيْبَة : لاَ تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ قُبُورًا.
عَنْ عُرْوَةَ ، عَنْ عَائِشَةَ ؛انَّ رَسُولَ الله ، صلى الله عليه وسلم
كَانَ يقَُولُ: اجْعَلُوا مِنْ صَلاتِكُمْ فِي بُيُوتِكُمْ
وَلاتَجْعَلُوهَا عَلَيْكُمْ قُبُورا.
Hadist yang diriwayat oleh shahabat Nafi’ , abu Huroiroh, zaid bin
kholid, dan sayyidah Aisyah diatas merupakan bukti bahwa kuburan bukan
tempat untuk sholat. Sehingga, para shahabat yakni sayyidina Ali,
Ustman, ibn Abbas, imam Atho’ dan an Nakho’i, abu Hanifah, as Tsauri, al
Auza’i dan as Syafi’i memakruhkan (benci) sholat di area kuburan. dan
oleh karena itu, Rosululloh memerintahkan ummatnya untuk mendirikan
sholat di rumah, agar rumah mereka tidak menjadi kuburan yang sepi dari
sholat. Lebih lanjut, para ulama’ menjelaskan kuburan sepi dari sholat
karena para penghuninya sudah tidak mampu lagi mendirikan sholat dan
atau fakta yang terlihat, jarang ditemukan orang mendirikan sholat di
area kuburan. Penjelasan yang demikian bisa lihat, seperti dalam
komentar Al hafid al Asqolani dalam karyanya Fath al Bari, “jaganlah
kamu tidur sehingga kamu menjadi seperti orang-orang yang mati dan
rumahmu seakan-akan kuburan”.
Dalam kitab Tanwir al Hawalik, terdapat keterangan “ Para ulama berbeda
pendapat tentang perintah mendirikan sholat di rumah, apakah yang
dimaksud sholat fardlu atau sholat sunnah? Sebagian ulama’ berpendapat
yang dimaksud مِنْ صَلاتِكُمْ dalam hadist adalah sholat sunnah dan kata
من berlaku zaidah. Dan ada qil yang mengatakan yang dimaksud صَلاتِكُمْ
dalam hadist adalah sholat fardlu. Karena, di dalamnya terdapat
pembelajaran bagi keluarga tentang tata cara sholat. Pembelajran lewat
percontohan langsung ,akan lebih nyata dan lebih mengena bila
dibandingkan hanya sekedar cuap-cuap. Menurut pandangan ini, من
berfaidah tab’idh”. Pendapat yang pertama adalah pendapat mayoritas
ulama’ dan diantaranya an Nawawi dan ibn mundzir.
Para ulama’ tidak ada yang mengarahkan hadist hadist diatas kepada hukum
membaca al Qur’an di kuburan. Oleh sebab, ketika membahas membaca al
Qur’an di kuburan dengan mengendarai hadist-hadist diatas adalah salah
alamat.
rumah harus dijadikan tempat sholat sebagaimana masjid…agar rumah tidak seperti kuburan.
تنوير الحوالك - (ج 1 / ص 185)
اختلف في معنى هذا الحديث فقيل أراد بقوله من صلاتكم النافلة وقيل المكتوبة
لما فيه من تعليم الاهل حدود الصلاة معاينة وهو أثبت من التعليم بالقول
ومن على الاول زائدة وعلى الثاني تبعيضية
فتح الباري لابن حجر - (ج 6 / ص 310)
قوله " لا تجعلوا بيوتكم قبورا " أي لا تناموا فتكونوا كالأموات فتكون بيوتكم كالقبور .
Wallahu a'lam
Artikel Terkait
- 3436. AL QUR'AN : SURAT YUSUF AYAT 77
- 3594 . LAIN-LAIN : TANDA TANDA KEMATIAN
- 3590. LAKI-LAKI DAN WANITA PERTAMA YANG MASUK SYURGA
- 3571. SYARAT MASUK ISLAM
- 3565. AQIDAH : MENDATANGI DUKUN TIDAK DITERIMA SHOLATNYA 40 HARI
- 3545. BENTUK BUMI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar