Minggu, 12 April 2015

Sholat, membaca sholawat kepada keluarga nabi di tahyat akhir

PERTANYAAN
Assalamu 'alaikum, ada yang saya tanyakan, dalam tahiyyat akhir apa hukum membaca sholawat atas keluarga Nabi Saw, berdasarkan fiqih syafi'iyah ? Karena ada sebagian yang mengatakan wajib dan ada yang mengatakan sunnah, terima kasih.

JAWABAN
Wa'alaikum salam wr.wb. Membaca sholawat atas keluarga Nabi Saw ketika tahiyat akhir tidak diwajibkan, tetapi hukumnya sunah.

ﻭ ﺍﻟﺨﺎﻣﺲ ﻋﺸﺮ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻨﺒﻰ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭ ﺳﻠﻢ ﻓﻴﻪ ﺍﻯ ﺍﻟﺠﻠﻮﺱ ﺍﻻﺧﻴﺮ ﺑﻌﺪ ﺍﻟﻔﺮﺍﻍ ﻣﻦ ﺍﻟﺘﺸﻬﺪ ﻭ ﺍﻗﻞ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻨﺒﻰ : ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺻﻞ ﻋﻠﻰ ﻣﺤﻤﺪ. ﻭﺍﺷﻌﺮ ﻛﻼ ﻡ ﺍﻟﻤﺼﻨﻒ ﺍﻥ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻋﻠﻰ ﺍﻻﻝ ﻻ ﺗﺠﺐ ﻭ ﻫﻮ ﻛﺬﻟﻚ ﺑﻞ ﻫﻲ ﺳﻨﺔ

( ﺍﻟﺒﻴﺠﻮﺭﻯ ١ ﺹ ٢٣٥)


Wa'alaikum Salam. Idem dengan jawaban di atas, Membaca sholawat kepada keluarga Nabi pada tasyahud akhir bukanlah wajib, pendapat yang shohih dan masyhur adalah sunnah.
sedangkan dalam tasyahud awwal malah tidak disunahkan membaca sholawat kepada keluarga Nabi SAW.

- Kitab Kifayatul Akhyar (1/110)

وَقَول السيخ وَالصَّلَاة على النَّبِي صلى الله عَلَيْهِ وَسلم يُؤْخَذ مِنْهُ أَن الصَّلَاة على الْآل لَا تجب وَهُوَ كَذَلِك بل الصَّحِيح الْمَشْهُور أَنَّهَا سنة وَالله


- Kitab Nihayatuz Zain (1/71)

(وأقلها اللَّهُمَّ صل على مُحَمَّد وَسن فِي) تشهد (أخير صَلَاة على آله) صلى الله عَلَيْهِ وَسلم وَلَا تسن فِي الأول لبنائه على التَّخْفِيف



>> Terima kasih atas jawabannya, Lalu bagaimana dengan perkataan Imam Syafi’i ra.:


يَا أَهْلَ بَيْتِ رَسُوْلِ اللهِ حُبُّكُمْ فَرْضٌ مِنَ اللهِ فِي الْقُرْآنِ أَنْزَلَهُ

كَفَاكُمْ مِنْ عَظِيْمِ الْقَدْرِ أَنَّكُمْ مَنْ لاَيُصَلِّي عَلَيْكُمْ لاَ صَلاَةَ لَهُ


Wahai Ahlu Bait Rasulillah mencintai kalian, Wajib hukumnya menurut ketentuan Allah di dalam al-Qur’an yang telah diturunkan-Nya.
Cukup bagi kalian agungnya kedudukan Ahlul Bait kalian Barang siapa tidak memanjatkan shalawat kepada kalian Tiadalah shalatnya menjadi sah.

Apakah perkataan tersebut benar adanya?
Terima kasih. [pertanyaan susulan]

>>
Monggo yang di fathul mu'in : 11

 ﻭﺣﺎﺩﻱ ﻋﺸﺮﻫﺎ: ﺻﻼﺓ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺑﻌﺪﻩ ﺃﻱ ﺑﻌﺪ ﺗﺸﻬﺪ ﺃﺧﻴﺮ ﻓﻼ ﺗﺠﺰﺉ ﻗﺒﻠﻪ. ﻭﺃﻗﻠﻬﺎ : ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺻﻞ ﺃﻱ ﺍﺭﺣﻤﻪ ﺭﺣﻤﺔ ﻣﻘﺮﻭﻧﺔ ﺑﺎﻟﺘﻌﻈﻴﻢ . ﺃﻭ: ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻰ ﻣﺤﻤﺪ ﺃﻭ ﻋﻠﻰ ﺭﺳﻮﻟﻪ ﺃﻭ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺩﻭﻥ ﺃﺣﻤﺪ. ﻭﺳﻦ ﻓﻲ ﺗﺸﻬﺪ ﺃﺧﻴﺮ ﻭﻗﻴﻞ: ﻳﺠﺐ ﺻﻼﺓ ﻋﻠﻰ ﺁﻟﻪ ﻓﻴﺤﺼﻞ ﺃﻗﻞ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻋﻠﻰ ﺍﻵﻝ ﺑﺰﻳﺎﺩﺓ ﻭﺁﻟﻪ ﻣﻊ ﺃﻗﻞ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻻ ﻓﻲ  ﺍﻷﻭﻝ ﻋﻠﻰ ﺍﻷﺻﺢ ﻟﺒﻨﺎﺋﻪ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺘﺨﻔﻴﻒ ﻭﻻﻥ ﻓﻴﻬﺎ ﻧﻘﻞ ﺭﻛﻦ ﻗﻮﻟﻲ ﻋﻠﻰ ﻗﻮﻝ ﻭﻫﻮ ﻣﺒﻄﻞ ﻋﻠﻰ ﻗﻮﻝ ﻭﺍﺧﺘﻴﺮ ﻣﻘﺎﺑﻠﻪ ﻟﺼﺤﺔ ﺃﺣﺎﺩﻳﺚ ﻓﻴﻪ. ﻭﻳﺴﻦ ﺃﻛﻤﻠﻬﺎ ﻓﻲ ﺗﺸﻬﺪ ﺃﺧﻴﺮ ﻭﻫﻮ: ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺻﻞ ﻋﻠﻰ ﻣﺤﻤﺪ ﻭﻋﻠﻰ ﺁﻝ ﻣﺤﻤﺪ ﻛﻤﺎ ﺻﻠﻴﺖ ﻋﻠﻰ ﺇﺑﺮﺍﻫﻴﻢ ﻭﻋﻠﻰ ﺁﻝ ﺇﺑﺮﺍﻫﻴﻢ ﻭﺑﺎﺭﻙ ﻋﻠﻰ ﻣﺤﻤﺪ ﻭﻋﻠﻰ ﺁﻝ ﻣﺤﻤﺪ ﻛﻤﺎ ﺑﺎﺭﻛﺖ ﻋﻠﻰ ﺇﺑﺮﺍﻫﻴﻢ ﻭﻋﻠﻰ ﺁﻝ ﺇﺑﺮﺍﻫﻴﻢ ﺇﻧﻚ ﺣﻤﻴﺪ ﻣﺠﻴﺪ. [ ﺍﻟﺒﺨﺎﺭﻱ ﺭﻗﻢ : ,6357 ﻭﻣﺴﻠﻢ ﺭﻗﻢ: 406


Wallohu A'lam

Terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar