Ringkasan Pertanyaan
Mengapa Rasulullah Saw melarang menyebut-nyebut garis keturunannya semenjak Hadhrat Adnan hingga Nabi Ibrahim dan semenjak Nabi Ibrahim hingga Nabi Adam?
Pertanyaan
Apakah riwayat yang dinukil dari Rasulullah Saw yang bersabda: “Janganlah kalian menyebut-nyebut datuk-datukku setelah Adnan” merupakan sebuah riwayat yang sahih? Apabila riwayat ini sahih lantas apa dalil pelarangan ini?
Jawaban Global
Larangan Rasulullah Saw untuk tidak menyebut-nyebut garis keturunannya (nasab) semenjak Hadhrat Adnan (kaum Ad) hingga Nabi Ibrahim dan semenjak Nabi Ibrahim hingga Nabi Adam disebutkan dalam beberapa hadis dan beberapa kitab. Alasan pelarangan Rasulullah Saw adalah karena tidak jelasnya garis keturunan dan datuk-datuk beliau semenjak Adnan serta bermaksud untuk mengantisipasi perbedaan pendapat di antara para sejarawan terkait dengan masalah ini.
Jawaban Detil
Menurut sebuah riwayat yang disebutkan dalam sebagian kitab, seperti Bihâr al-Anwâr,[1] Kasyf al-Ghumma fi Ma’rifat al-Aimmah As,[2] dan al-Manâqib li Ali Abi Thâlib As,[3] Rasulullah Saw bersabda, “Dalam memperkenalkan dan menjelaskan garis keturunan (ayah-ayahku) hendaknya kalian cukup sampai Adnan (saja). (Jangan kalian menyebut datuk-datukku setelah Adnan).
Demikian juga dalam beberapa riwayat lain yang dinukil dari Rasulullah Saw disebutkan bahwa, “Ketika garis keturunanku (nasab) sampai pada Ma’ad bin Adnan hingga Ibrahim As, maka mereka yang menjelaskan garis keturunan ini (para ahli nasab) telah berkata dusta.”[4]
Dalil atas pelarangan ini sesuai dengan apa yang disebutkan dalam beberapa riwayat adalah tidak jelasnya garis keturunan Rasulullah Saw (setelah Adnan hingga Hadhrat Ibrahim As dan Hadhrat Adam As) dan adanya perbedaan pendapat di antara para ahli nasab. Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Berhentilah ketika kalian sampai pada Adnan (ketika menelusuri garis keturunanku) dan kemudian membaca ayat berikut ini, “dan (telah Kami binasakan juga) kaum ‘Ad, kaum Tsamud, penduduk ar-Rass, dan banyak (lagi) generasi-generasi di antara kaum-kaum tersebut.” (Qs. Al-Furqan [25]:38) Kemudian bersabda, “Tiada yang mengetahui hal ini kecuali Allah Swt.”[5]
Karena itu, alasan mengapa Rasulullah Saw melarang penyebutan nama datuk-datuknya setelah Adnan (kaum Ad) adalah karena tidak jelasnya garis keturunan dan ingin mengantisipasi perbedaan pendapat di antara para ahli nasab dan sejarawan dalam masalah ini. [IQuest]
[1]. Bihâr al-Anwâr, jil. 15, hal. 105.
رُوِیَ عَنْهُ ص، «إِذَا بَلَغَ نَسَبِی إِلَى عَدْنَانَ فَأَمْسِکُوا».
[2]. Kasyf al-Ghummah fi Ma’rifat al-Aimmah, jil. 1, hal. 65.
[3]. Al-Manâqib li Ali Abi Thâlib As, jil. 1, hal. 15.
[4]. Al-‘Umdah, hal. 24.
[5]. Qishâsh al-Anbiyah, Rawandi, hal. 316.
روی عنه (ص): إذا بلغ نسبی إلى عدنان فأمسکوا ثم قرأ: «وَ عاداً وَ ثَمُودَ وَ أَصْحابَ الرَّسِّ وَ قُرُوناً بَیْنَ ذلِکَ کَثِیراً»، لا یعلمهم إلا الله تعالى جل ذکره.
Pertanyaan Terkait
بحث متقدم
الزيارة
1789
محدثة عن: 2007/11/15
کد سایت fa519 کد بایگانی 1730
گروه تاريخ بزرگان
حصة
خلاصة السؤال
لماذا نهى النبی (ص) عن جرد نسبه اذا وصل الى عدنان؟
السؤال
روی ان النبی الاکرم (ص) نهى عن الاستمرار فی جرد نسبه اذا وصل نسبه الى عدنان، ما مدى صحة الروایة؟ و على فرض صحتها ماذا یقصد (ص) من ذلک النهی؟
الجواب الإجمالي
ثبت ان النبی الاکرم (ص) نهى عن التعرض لجرد نسبه الشریف من عدنان الى النبی ابراهیم (ع) و من النبی ابراهیم الى النبی آدم (ع)، و قد ورد هذا النهی فی بعض الروایات عن النبی الاکرم (ص) و کذلک تعرض له الکثیر من الکتب و المصنفات، و لکن بالنسبة الى علة و سبب هذا المعنى یمکن القول عنها: انه (ص) و بسبب مجهولیة هذه السلسلة و عدم معرفتها اراد (ص) ان یسد طریق البحث و الخوض فیها امام المؤرخین و القصاصین و النسابین، لانه من المعلوم ان مجهولیة تلک السلسلة سوف تؤدی الى طرح مجموعة من الآراء و الاختلافات بین المؤرخین و الباحثین مما قد یترک أثرا سلبیا فی المقام.
الجواب التفصيلي
جاء فی الروایة التی وردت فی بحار الانوار،[1] و کشف الغمة فی معرفة الائمة (ع)،[2] و المناقب لآل أبی طالب (ع)،[3]انه (ص) قال: «إِذَا بَلَغَ نَسَبِی إِلَى عَدْنَانَ فَأَمْسِکُوا».
و فی روایة أخرى قال (ص): «إذا وصل النسب إلى معد بن عدنان إلى إبراهیم (ع) کذب النسابون».[4]
و لعل دلیل ذلک انه و طبقا لما ورد فی الراویات ان نسبه الشریف بین عدنان الى ابراهیم (ع) و من ابراهیم الى النبی آدم (ع) غیر معلوم و مختلف فیه بین النسابین، فقد ورد فی الروایة انه (ص) قال: «إذا بلغ نسبی إلى عدنان فأمسکوا ثم قرأ (وَ عاداً وَ ثَمُودَ وَ أَصْحابَ الرَّسِّ وَ قُرُوناً بَیْنَ ذلِکَ کَثِیراً)،[5] لا یعلمهم إلا الله تعالى جل ذکره».[6]
من هنا یظهر انه بسبب مجهولیة هذه السلسلة و عدم معرفتها اراد (ص) ان یوصد طریق البحث و الخوض فیها امام المؤرخین و القصاصین و النسابین، لانه من المعلوم ان مجهولیة تلک السلسلة سوف تؤدی الى طرح مجموعة من الآراء و الاختلافات بین المؤرخین و الباحثین مما قد یترک أثرا سلبیا فی المقام.
[1] بحار الانوار، ج15، ص105.
[2] کشف الغمة فی معرفة الائمة،ج1، ص65.
[3] المناقب لآل ابی طالب، ج1، ص15.
[4] العمدة، ص24.
[5] الفرقان، 38.
[6] قصص الانبیاء للراوندی، ص316.
http://www.islamquest.net/ar/archive/question/fa519
Mengapa Rasulullah Saw melarang menyebut-nyebut garis keturunannya semenjak Hadhrat Adnan hingga Nabi Ibrahim dan semenjak Nabi Ibrahim hingga Nabi Adam?
Pertanyaan
Apakah riwayat yang dinukil dari Rasulullah Saw yang bersabda: “Janganlah kalian menyebut-nyebut datuk-datukku setelah Adnan” merupakan sebuah riwayat yang sahih? Apabila riwayat ini sahih lantas apa dalil pelarangan ini?
Jawaban Global
Larangan Rasulullah Saw untuk tidak menyebut-nyebut garis keturunannya (nasab) semenjak Hadhrat Adnan (kaum Ad) hingga Nabi Ibrahim dan semenjak Nabi Ibrahim hingga Nabi Adam disebutkan dalam beberapa hadis dan beberapa kitab. Alasan pelarangan Rasulullah Saw adalah karena tidak jelasnya garis keturunan dan datuk-datuk beliau semenjak Adnan serta bermaksud untuk mengantisipasi perbedaan pendapat di antara para sejarawan terkait dengan masalah ini.
Jawaban Detil
Menurut sebuah riwayat yang disebutkan dalam sebagian kitab, seperti Bihâr al-Anwâr,[1] Kasyf al-Ghumma fi Ma’rifat al-Aimmah As,[2] dan al-Manâqib li Ali Abi Thâlib As,[3] Rasulullah Saw bersabda, “Dalam memperkenalkan dan menjelaskan garis keturunan (ayah-ayahku) hendaknya kalian cukup sampai Adnan (saja). (Jangan kalian menyebut datuk-datukku setelah Adnan).
Demikian juga dalam beberapa riwayat lain yang dinukil dari Rasulullah Saw disebutkan bahwa, “Ketika garis keturunanku (nasab) sampai pada Ma’ad bin Adnan hingga Ibrahim As, maka mereka yang menjelaskan garis keturunan ini (para ahli nasab) telah berkata dusta.”[4]
Dalil atas pelarangan ini sesuai dengan apa yang disebutkan dalam beberapa riwayat adalah tidak jelasnya garis keturunan Rasulullah Saw (setelah Adnan hingga Hadhrat Ibrahim As dan Hadhrat Adam As) dan adanya perbedaan pendapat di antara para ahli nasab. Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Berhentilah ketika kalian sampai pada Adnan (ketika menelusuri garis keturunanku) dan kemudian membaca ayat berikut ini, “dan (telah Kami binasakan juga) kaum ‘Ad, kaum Tsamud, penduduk ar-Rass, dan banyak (lagi) generasi-generasi di antara kaum-kaum tersebut.” (Qs. Al-Furqan [25]:38) Kemudian bersabda, “Tiada yang mengetahui hal ini kecuali Allah Swt.”[5]
Karena itu, alasan mengapa Rasulullah Saw melarang penyebutan nama datuk-datuknya setelah Adnan (kaum Ad) adalah karena tidak jelasnya garis keturunan dan ingin mengantisipasi perbedaan pendapat di antara para ahli nasab dan sejarawan dalam masalah ini. [IQuest]
[1]. Bihâr al-Anwâr, jil. 15, hal. 105.
رُوِیَ عَنْهُ ص، «إِذَا بَلَغَ نَسَبِی إِلَى عَدْنَانَ فَأَمْسِکُوا».
[2]. Kasyf al-Ghummah fi Ma’rifat al-Aimmah, jil. 1, hal. 65.
[3]. Al-Manâqib li Ali Abi Thâlib As, jil. 1, hal. 15.
[4]. Al-‘Umdah, hal. 24.
[5]. Qishâsh al-Anbiyah, Rawandi, hal. 316.
روی عنه (ص): إذا بلغ نسبی إلى عدنان فأمسکوا ثم قرأ: «وَ عاداً وَ ثَمُودَ وَ أَصْحابَ الرَّسِّ وَ قُرُوناً بَیْنَ ذلِکَ کَثِیراً»، لا یعلمهم إلا الله تعالى جل ذکره.
Pertanyaan Terkait
بحث متقدم
الزيارة
1789
محدثة عن: 2007/11/15
کد سایت fa519 کد بایگانی 1730
گروه تاريخ بزرگان
حصة
خلاصة السؤال
لماذا نهى النبی (ص) عن جرد نسبه اذا وصل الى عدنان؟
السؤال
روی ان النبی الاکرم (ص) نهى عن الاستمرار فی جرد نسبه اذا وصل نسبه الى عدنان، ما مدى صحة الروایة؟ و على فرض صحتها ماذا یقصد (ص) من ذلک النهی؟
الجواب الإجمالي
ثبت ان النبی الاکرم (ص) نهى عن التعرض لجرد نسبه الشریف من عدنان الى النبی ابراهیم (ع) و من النبی ابراهیم الى النبی آدم (ع)، و قد ورد هذا النهی فی بعض الروایات عن النبی الاکرم (ص) و کذلک تعرض له الکثیر من الکتب و المصنفات، و لکن بالنسبة الى علة و سبب هذا المعنى یمکن القول عنها: انه (ص) و بسبب مجهولیة هذه السلسلة و عدم معرفتها اراد (ص) ان یسد طریق البحث و الخوض فیها امام المؤرخین و القصاصین و النسابین، لانه من المعلوم ان مجهولیة تلک السلسلة سوف تؤدی الى طرح مجموعة من الآراء و الاختلافات بین المؤرخین و الباحثین مما قد یترک أثرا سلبیا فی المقام.
الجواب التفصيلي
جاء فی الروایة التی وردت فی بحار الانوار،[1] و کشف الغمة فی معرفة الائمة (ع)،[2] و المناقب لآل أبی طالب (ع)،[3]انه (ص) قال: «إِذَا بَلَغَ نَسَبِی إِلَى عَدْنَانَ فَأَمْسِکُوا».
و فی روایة أخرى قال (ص): «إذا وصل النسب إلى معد بن عدنان إلى إبراهیم (ع) کذب النسابون».[4]
و لعل دلیل ذلک انه و طبقا لما ورد فی الراویات ان نسبه الشریف بین عدنان الى ابراهیم (ع) و من ابراهیم الى النبی آدم (ع) غیر معلوم و مختلف فیه بین النسابین، فقد ورد فی الروایة انه (ص) قال: «إذا بلغ نسبی إلى عدنان فأمسکوا ثم قرأ (وَ عاداً وَ ثَمُودَ وَ أَصْحابَ الرَّسِّ وَ قُرُوناً بَیْنَ ذلِکَ کَثِیراً)،[5] لا یعلمهم إلا الله تعالى جل ذکره».[6]
من هنا یظهر انه بسبب مجهولیة هذه السلسلة و عدم معرفتها اراد (ص) ان یوصد طریق البحث و الخوض فیها امام المؤرخین و القصاصین و النسابین، لانه من المعلوم ان مجهولیة تلک السلسلة سوف تؤدی الى طرح مجموعة من الآراء و الاختلافات بین المؤرخین و الباحثین مما قد یترک أثرا سلبیا فی المقام.
[1] بحار الانوار، ج15، ص105.
[2] کشف الغمة فی معرفة الائمة،ج1، ص65.
[3] المناقب لآل ابی طالب، ج1، ص15.
[4] العمدة، ص24.
[5] الفرقان، 38.
[6] قصص الانبیاء للراوندی، ص316.
http://www.islamquest.net/ar/archive/question/fa519
ثبت ان النبی الاکرم (ص) نهى عن التعرض لجرد نسبه الشریف من عدنان الى النبی ابراهیم (ع) و من النبی...
islamquest.net
Tidak ada komentar:
Posting Komentar