Rabu, 30 April 2014

Keutamaan memakai siwak atau sikat gigi

SIWAK

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ - رضي الله عنه - عَنْ النَّبِيِّ - صلى الله عليه وسلم - قَالَ: لَوْلا أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي لأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ عِنْدَ كُلِّ صَلاةٍ

1 - “Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda: “Sekiranya tidak menyusahkan atas umatku, niscaya akan aku suruh mereka untuk bersiwak pada setiap (akan) shalat.” (Shahih Bukhari, no.216 dan Shahih Muslim, no.292)

عَنْ حُذَيْفَةَ بْنِ الْيَمَانِ رضي الله عنهما قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - إذَا قَامَ مِنْ اللَّيْلِ يَشُوصُ فَاهُ بِالسِّوَاكِ


2 - “Dari Hudzaifah bin Al-Yaman radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata; "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam apabila bangun pada malam hari (untuk bertahajjud), maka beliau menggosok mulutnya dengan siwak.” (Shahih Bukhari, no.889, 1136 dan Shahih Muslim, no.255)

عَنْ عَائِشَةَ رضي الله عنها قَالَتْ: دَخَلَ عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ أَبِي بَكْرٍ الصِّدِّيقِ - رضي الله عنه - عَلَى النَّبِيِّ - صلى الله عليه وسلم - وَأَنَا مُسْنِدَتُهُ إلَى صَدْرِي , وَمَعَ عَبْدِ الرَّحْمَنِ سِوَاكٌ رَطْبٌ يَسْتَنُّ بِهِ فَأَبَدَّهُ رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - بَصَرَهُ. فَأَخَذْتُ السِّوَاكَ فَقَضَمْتُهُ , فَطَيَّبْتُهُ , ثُمَّ دَفَعْتُهُ إلَى النَّبِيِّ - صلى الله عليه وسلم - فَاسْتَنَّ بِهِ فَمَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - اسْتَنَّ اسْتِنَانًا أَحْسَنَ مِنْهُ , فَمَا عَدَا أَنْ فَرَغَ رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم -: رَفَعَ يَدَهُ - أَوْ إصْبَعَهُ - ثُمَّ قَالَ: فِي الرَّفِيقِ الأَعْلَى - ثَلاثاً - ثُمَّ قَضَى. وَكَانَتْ تَقُولُ: مَاتَ بَيْنَ حَاقِنَتِي وَذَاقِنَتِي


وَفِي لَفْظٍ: فَرَأَيْتُهُ يَنْظُرُ إلَيْهِ , وَعَرَفْتُ: أَنَّهُ يُحِبُّ السِّوَاكَ فَقُلْتُ: آخُذُهُ لَكَ؟ فَأَشَارَ بِرَأْسِهِ: أَنْ نَعَمْ. هَذَا لَفْظُ الْبُخَارِيِّ وَلِمُسْلِمٍ نَحْوُهُ


3 - “Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata; Abdurrahman bin Abu Bakr Ash-Shiddiq radhiyallalahu ‘anhuma datang kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam saat beliau  bersandar di dadaku, ia datang sambil membawa kayu siwak basah yang biasa dia pakai. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pun melihat kepadanya. Kemudian aku mengambil siwak tersebut, aku kunyah (digigit agar menjadi lunak saat dipakai) dan aku bersihkan.Lalu aku memberikannya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Beliau pun bersiwak dengannya. Aku tidak pernah melihat sebelumnya beliau bersiwak sebaik itu. Setelah selesai, beliau mengangkat tangannya, atau jarinya seraya berkata; Fi Arrafiiqul A'laa (Ya Allah, sekarang aku memilih kekasihku yang tertinggi sekarang aku memilih kekasihku yang tertinggi) sebanyak tiga kali. Lalu beliau wafat. Aisyah berkata; 'Beliau wafat di antara dagu dan tenggorokanku.”

Dan dalam satu redaksi; “Kemudian aku melihat beliau melihat kepadanya. Aku tahu kalau beliau menyukai siwak. Maka aku katakan kepada beliau; 'Aku ambilkan untukmu. Beliau memberi isyarat dengan kepalanya, yang berarti “Iya”. (Shahih Bukhari, no.890, 4438, 4449)

Ini adalah redaksi Imam Bukhari, dan redaksi Imam Muslim juga seperti itu.

عَنْ أَبِي مُوسَى الأَشْعَرِيِّ - رضي الله عنه - قَالَ: أَتَيْتُ النَّبِيَّ - صلى الله عليه وسلم - وَهُوَ يَسْتَاكُ بِسِوَاكٍ رَطْبٍ , قَالَ: وَطَرَفُ السِّوَاكِ عَلَى لِسَانِهِ , وَهُوَ يَقُولُ: أُعْ , أُعْ , وَالسِّوَاكُ فِي فِيهِ , كَأَنَّهُ يَتَهَوَّعُ


4 - “Dari Abu Musa Al-Asy’ari radhiyallahu ‘anhu, ia berkata; "Aku datang menemui Nabi shallallahu 'alaihi wasallam pada saat beliau sedang menggosok gigi dengan siwak yang basah, dan ujung siwak berada dilisannya. Beliau mengeluarkan suara, "u' u'." sementara kayu siwak berada di mulutnya seolah ingin muntah.” (Shahih Bukhari, no.244 dan Shahih Muslim, no.254)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar