Sabtu, 26 April 2014

RISALAH ASWAJA UNTUK REMAJA

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
اَلْحَمْدُ للهِ وَحْدَه , اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَه لاَ شَرِ يْكَ لَه , وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُه وَرَسُوْلُه شَهَادَةً تـُـنْجِيْ قَائِلَهَا مِنْ اَهْوَالِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ , اَلصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلى مَنْ لاَ نــَـبِيَّ بَعْدَه وَعَلى الِه وَصَحْبِه وَمَنْ وَّالاَهُ , وَلاَ حَوْلاَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ , أَمَّا بَعْدُ , وَبِاللهِ التَّوْفِيْقُ وَالْهِدَايَةِ ,


س : هَلْ كَانــَتْ فِيْ قِرَاءَةِ الشَّهَادَةِ فَضِيْلَةٌ ؟

ج : نَعَمْ , فِيْهَا فَضِيْلَةٌ بَلْ أَمَرَ رََسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِيْ قِرَائَـتِهَا.وَمِنْ فَضَائِلِهَا قَوْلُه تَعَالى ] إِنَّ الَّذِ يْنَ قَالُوْا رَ بـُّـنَا اللهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوْا تَـتَـنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلاَئِكَةُ أَنْ لاَ تَخَافُوْا وَلاَ تَحْزَنـُـوْا وَاَبــْشِرُوْا بِالْجَنَّةِ الَّتِيْ كُنْتُمْ تُوْعَدُوْنَ [ فُصِّلَتْ ٣٠ (حم السَّجْدَةْ ٣٠)

وَمِنَ اْلإِسْتِقَامَةِ اَلْمُدَاوَمَةُ عَلى كَلِمَةِ الشَّهَادَةِ فِيْ كُلِّ وَقْتٍ .
Soal : Apakah membaca syahadat itu ada fadhilahnya ?
Jawab : Ya, ada fadhilahnya, bahkan Rasulullah SAW. memerintahkan untuk membacanya.
Diantara fadhilahnya adalah firman Allah SWT : “Sesungguhnya orang yang mengucapkan : “Allah Tuhan kami”, kemudian selalu beristiqomah, maka akan turun malaikat kepada mereka dengan mengatakan; janganlah kamu merasa takut dan sedih dan bergembiralah kamu dengan memperoleh surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu”. (Fushshilat/Assajdah ayat 30).
Dan termasuk istiqomah adalah terus menerus membaca kalimat syahadat di setiap waktu.


وَفِيْ تَفْسِيْرِ صَاوِيْ مِنَ الْجُزْءِ اْلأَوَّلِ ص ١٣٥ أَنــَّـهَا تَقْلَعُ عِرْق الشِّرْكِ مِنَ الْقَلْبِ وَ تَدْفَعُ مِنَ الْوَسْوَاسِ وَ لِذَا إِخْتَارَهَا الْعَارِفُوْنَ فِيْ خَتــْمِ صَلاَتِهِمْ فَيَقْرَؤُنــَهَاعَقِبَ كُلِّ صَلاَتِهِمْ .

Disebutkan dalam Tafsir SHOWI dari Juz awal halaman 135 sesungguhnya syahadat itu akan menghancurkan sendi-sendi kemusyrikan didalam hati dan menghilangkan keraguan, karena itu para arifin memilih syahadat untuk dibaca setiap selesai shalat.


وَفِيْ تَفْسِيْرِ سِرَاجُ الْمُنِيْرِ مِنَ الْجُزْءِ اْلأَوَّلِ ص ٤٣٦ مَا نــَصُّه قَالَ إِبْنُ عَبَّاسٍ مَنْ دَاوَمَ عَلى الشَّهَادَةِ فِى الْحَيوة الدُّ نـــْيَا يُثَبِّتُه اللهُ عَلَيْهَا فِىْ قَبْرِهِ وَيُلَقِّنُه إِيَّاهَا .

Dan di terangkan pula dalam Tafsir SHIROJUL MUNIR Juz awal halaman 436, sebagai berikut : Ibnu Abbas r.a. berkata : “Barang siapa mendawamkan syahadat selama hidup didunia maka Allah SWT akan menetapkan syahadat itu kepadanya didalam quburnya dan Allah akan menuntunnya membaca dua kalimat syahadat”.


يُثــَبــِّتُ اللهُ الَّذِ يْنَ آ مَنُوْا بالْقَوْلِ الـثــَّابــِتِ فِى الْحَيوة ِ الدُّنــْيَا وَفِى اْلأخِرَةِ وَيُضِلُّ اللهُ الظَّالِمِيْنَ وَ يَفْعَلُ اللهُ مَا يَشَآءُ .

“ Allah akan menetapkan ucapan-ucapan yang ditetapkan oleh orang yang briman pada waktu hidup di dunia dan di akhirat dan Allah akan menyesatkan orang orang yang dzalim. Dan Allah akan berbuat apa yang dikehendaki-Nya.”


وَمِنْ أَمْرِه صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِى قِرَائَـتـِهَا: قَوْلُه صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : جَدّ][}{][س : هَلْ قَرَأَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الشَّهَادَةَ بَعْدَ الصَّلاَةِ ؟

ج : نــَعَمْ , قَرَأَهَا بَعْدَ السَّلاَمِ مِنَ الصَّلاَةِ كَمَا وَرَدَ فِى الْحَدِ يــْثِ , وَرَوَ يْنَا فِى كِتَابِ إِبْنِ السُّـنِّيْ عَنْ أَ نــَسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إِذَا قَضى صَلاَتَه مَسَحَ جَبْهَـتَه بــِيَدِهِ الْيُمْنى ثــُمَّ قَالَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ الرَّحْمنُ الرَّحِيْمُ اَللّهُمَّ أَذ ْهِبْ عَنِّي الْهَمَّ وَالْحَزْنَ ] أَذْكَارُ النَّوَاوِيْ ص ٦٩[

Soal : Apakah Rasulullah SAW membaca syahadat setelah beliau shalat ?
Jawab : Ya, Rasulullah SAW membacanya setelah salam dari shalat, sebagaimana terdapat dalam hadits yang ada pada kitab Ibnu Sunni : Dari Anas r.a. dia berkata : Rasulullah SAW setelah selesai shalat beliau memegang dahi dengan tangan kanan seraya mengucapkan “Aku bersaksi bahwasanya tiada tuhan melainkan Allah yang maha pengasih dan penyayang, Ya Allah, lepaskanlah dariku kesusahan dan kesedihan”. (ADZKAARUN NAWAWY Halaman 69).


س : لِمَاذَا لاَ يَقْرَأُ الرَّسُوْلُ شَهَادَةَ الرَّسُوْلِ وَ نــَحْنُ نــَقْرَ ئـُـهَا ؟

ج : نــَعَمْ , ِلأَنَّ رَسُوْلَ اللهِ قَدْ شَهِدَ بــِأَنَّ نــَفْسَه رَسُوْلُ اللهِ , وَأَمــَّا نــَحْنُ فَمِنْ أُمــَّتِه فَإِذَا وَقَعَ أَحَدٌ مِنَّا فِى الشِّرْكِ اَوِ الْمُرْتَدِ وَجَبَتْ عَلَيْهِ قِرَاءَةُ الشَّـهَادَ تَيْنِ لاَ سِيَمَا فِى هذِهِ الزَّ مَانِ , كَمَا فِى الْحَدِ يــْثِ عَنْ أَبــِيْ أُمَامَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : تَكُوْنُ فِــتــْنَةٌ فِى اخِرِ الزَّمَانِ يُصْبِحُ الرَّجُلُ فِيْهَا مُؤْمِنًا وَيُمْسِى كَافِرًا إِلاَّ مَنْ اَجَارَه اللهُ تَعَالى بــِالْعِلْمِ اَوْ بــِا الشَّيْخِ } دَسُوْقِيْ ص : ٨٩ { اَمَا تَرْضى حَبِيْبُ عُمَرُ يُعَلِّمُ الشَّـهَادَ تــَيْنِ فِى هذَا الزَّمَانِ .

Soal : Mengapa Rasulullah SAW tidak membaca syahadat rasul sedangkan kita membacanya?
Jawab : Karena Rasulullah SAW telah bersaksi bahwa dirinya adalah Rasulullah adapun kita adalah ummat rasul seandainya tergelincir kedalam syirik atau murtad, maka wajib membaca dua kalimat syahadat, apalagi di zaman akhir ini, didalam hadits, Abu Hurairah r.a. ia berkata : Rasulullah SAW bersabda : Fitnah di zaman akhir dapat menjadikan seseorang mu’min di pagi hari, dan kafir di sore hari, kecuali orang yang telah diselamatkan oleh Allah SWT dengan ilmu pengetahuan atau dengan seorang guru yang memberi petunjuk (Guru mursyid) (DASUQY Halaman 89) ; Apakah anda tidak senang Habib Umar mengajarkan dua kalimat syahadat di zaman ini.


الشِّرْكُ اَحْفى مِنْ ذَبــِيْبِ الذِّرِّ عَلىَ الصَّمَاءِ فِى اللَّيْلِ الظُّلْمَاءِ


Syirik lebih samar dari pada semut hitam kecil yang berjalan diatas batu hitam yang licin pada waktu malam hari yang gelap gulita.


س : مَا حِكْمَةُ وَمَقَاصِدُ قِرَا ئـَـتِهَا عَلَى ثَلاَثَةِ مَرَّاتٍ بَعْدَ السَّلاَمِ مِنَ الصَّلاَةِ ؟

ج : حِكْمَـتُـهَا وَمَقَاصِدُهَا عَلى ثَلاَثَةِ مَقَاصِدَ :

اَلأَوَّلُ : طَلَبُ ثــُبُوْتِ اْلإِيْمَانِ وَاْلإِسْلاَمِ عِنْدَ نــَزْعِ الرُّوْحِ

الــثَّانِيْ : طَلَبُ ثـُبُوْتِ الْجَوَابِ الصَّحِيْحِ عِنْدَ سُؤَالِ سَيِّدِنــَا مُنْكَرٍ وَ نــَكِيْرٍ فِيْ الْقــَبْرِ

الــثَّالثُ : طَلَبُ السَّلاَمَةِ مِنْ اَهْوَالِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ فِى الْمَحْشَرِ

Soal : Apakah hikmah dan maksud membaca dua kalimat syahadat tiga kali setelah salam dari shalat ?
Jawab : Hikmah dan maksud (tujuan) nya ada tiga :
Pertama : Mohon ditetapkan Iman Islam saat dicabut rukh
Kedua : Mohon ditetapkan dua kalimat syahadat untuk menjawab pertanyaan mlaikat Munkar Nakir didalam kubur.
Ketiga : Mohon diselamatkan dari kebingungan pada hari Qiyamat an makhsyar.


وَسَلَّمْ قُرِئَتْ بالْمَاضِى – لِقَوْلِ اْلأَلْفِيَّةِ : وَعَطْفُكَ الْفِعْلَ عَلى الْفِعْلِ يَصِحْ

Wasallam dibaca fiil madhi, karena dalam kitab Alfiyah dalam bab ‘ataf, fiil madhi boleh di’atafkan kepada fiil amar dengan sama tujuannya.


قَالَ الشَّـارِحُ ( إِبْنُ عَقِيلْ ) إِنَّ الْعَطْفَ لَيْسَ مُخـْتَصًّا بِاْلأَسْمَاءِ بَلْ يَكُوْنُ فِيْهَا وَفِى اْلأَْعَالِ نــَحْوُ يَقُوْمُ وَ يَقْعُدُ زَيْدٌ وَ رَكِبَ وَ اِضْرِبْ زَ يْدًا وَ قُمْ } إِبْنُ عَقِيلْ ١٣٧ {

Imam Ibu Aqil mengatakan bahwa ‘athaf tidak dikhususkan pada isim saja, bahkan bisa diterapkan dalam isim dan fiil seperti dalam kalimat يَقُوْمُ وَ يَقْعُدُ زَيْدٌ وَ رَكِبَ وَ اِضْرِبْ زَ يْدًا وَ قُمْ dan seperti dalam ayat al-Qur’an : فَالْمُغِيْرَاتِ صُبْحًا فَأَثَرْنَ بِه نَقْعًا (IBNU AQIL Halaman 137).


س : هَلْ يَجُوْزُ الــتَّلْقِيْنُ لِلْمَيِّتِ عَلى قَـبْرِهِ بِقِراءَةِ الشَّـهَادَ تـَـيْنِ فَقَطْ ؟

ج : نــَعَمْ يَجُوْزُ بَلِ الْمُرَادُ بـــِهِ هُوَ تَلْقِيْنُ الشَّـهَادَ تَـيْنِ كَمَا هُوَ الْمَعْمُوْلُ فِيْ كِتَابِ الـتَّلْقِيْنِ اَلَّذِيْ يَقْرَؤُهَا الْمُسْلِمُوْنَ .

Soal : Apakah boleh talqin mayyit hanya dengan membacakan dua kalimat syahadat ?
Jawab : Ya boleh, bahkan yang dimaksud dengan talqin adalah menalqinkan dua kalimat syahadat, seperti yang tertera dalam buku talqin yang biasa digunakan oleh kaum muslimin itu ada ucapan :

أُذْكُرِ الْــعَهْدَ الَّذِيْ خَرَجْتَ مِنْ دَارِ الدُّ نـــْيَا إِلى دَارِ اْلآخِرَةِ وَهُوَ شَهَادَةُ أَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَّسُوْلُ اللهِ .

Ingatlah akan perjanjian ketika engkau keluar dari dunia ke akhirat, ialah mengenai syahadat, yaitu menyaksikan tidak ada tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad utusan Allah.

وَكَمَا فِيْ كِتَابِ رِيَاضِ الصَّالِحِيْنَ حَدِ يْثٌ عَنِ الْبَرَّاءِ ابْنِ عَازِبٍ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ : إِذَا سُئِلَ فِيْ قَـبْرِهِ يَشْهَدُ اَنْ لاَّ اِلهَ اِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَّسُوْلُ اللهِ . فَذلِكَ قَوْلُه تَعَالى : يُـثَــبِّتُ اللهُ الَّذِ يــْنَ آمَنُوْ بالْقَوْلِ الـثَّابـــِتِ فِى الْحَيوةِ الدُّنـــْيَا وَفِى اْلأخِرَةِ } مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ {

Dan sebagaimana tersebut dalam kitab RIYADHUSSHOLIHIN dari Barra Bin ‘Azib, bahwa Rasulullah SAW., bersabda : Apabila mayat ditanya oleh malaikat Munkar Nakir dikuburnya, dan menyaksikan tidak ada tuhan melainkan Allah dan Nabi Muhammad utusan Allah. Allah berfirman : Allah menetapkan kepada orang-orang mu’min ucapan-ucapan yang tetap pada waktu hidup di dunia dan di akhirat. (HR. Buchari Muslim).

س : هَلْ هُـنَاكَ دَلِيْلٌ يَدُلُّ عَلى قِرَاءَةِ الـتَّسْبِيْحِ وَ الـتَّحْمِيْدِ وَ الـتَّهْلِيْلِ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ ؟

ج : نــَعَمْ , فِـيْهِ دَلِيْلٌ كَمَا فِى الـتُّحْفَةِ مِنَ الْجُزْءِ اْلأَوَّلِ ص : ٢٧٧ (تـَنْبِيْهٌ) أَنـــَّه وَرَدَ فِى رِوَايَاتٍ . النَّقْصُ عَنْ ذلِكَ الْعَدَدِ وَ الزِّ يــَادَةِ عَلَيْهِ كَخَمْسٍ وَعِشْرِ يْنَ وَ اِحْدى عَشَرَةَ وَ ثَلاَثٍ وَ مَرَّةٍ وَ سَبْعِيْنَ وَ مِائَةٍ فِى الـتَّسْبِيْحِ .

Soal : Adakah dalil yang menunjukkan membaca tasbih, tahmid dan takbir dibaca tiga kali ?
Jawab : Ya, ada dalilnya ; sebagaimana tersebut dalam ATTUHFAH juz awal halaman 277 (peringatan) sesungguhnya ada riwaat-riwayat bahwa ada yang kurang dan ada yang lebih dari 33 kali, seperti 25, 11, 3, 1 ada pula yang 70 dan 100 kali dalam membaca tasbih.

س : لِمَاذَا نَلْبَسُ الـثِّـيَابَ الْبِيْضَ عِنْدَ الصَّلاَةِ خَاصَّةً ؟

ج : ِلأَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَلْبَسُـهَا وَ يَأْمُرْ بـــِهَا كَمَا فِى بُلُوْغِ الْمرَامِ ص : ٦٣ عَنْ اِبــْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عََلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : إِلْبَسُوْا مِنْ ثِيَابــِكُمُ الْبِيْضَ فَإِنــَّهَا مِنْ خَيْرِ ثِيَابـــِكُمْ وَكَفِّنُوْا فِيْهَا مَوْتَاكُمْ } رَوَاهُ اْلخَمْسَةُ اِلاَّ الـنَّسَائِ وَصَحَّحَه ُالـتُّرْمُذِيْ {

Soal : Mengapa kita memakai pakaian putih ketika shalat ?
Jawab : Karena Rasulullah SAW., memakai dan memerintahkannya. Seperti yang tersebut dala kitab BULUGHULMARAM halaman 63 terdapat keterangan dari Ibnu Abbas r.a. sesungguhnya Nabi SAW, telah bersabda : “Pakailah olehmu pakaian yang putih, sesunguhnya pakaian yang putih itu adalah pakaian yang terbaik bagimu, dan bungkuslah mayatmu dengan kain putih. (Diriwayatkan oleh : Lima Ulama kecali Imam an-Nasa’i dan di shahihkan oleh Imam Turmudzi).

وَفِى فَــتــْحِ الْوَهَّابِ ص : ٨٧ - وَ فِى اِقْنَاعٍ ص : ١٧٩ - وَ فِى جَمِيْعِ الصَّغِيْرِ جُزْءُ ثَانِيْ حَدِيْثٌ ٥٥١٥ : عَلَيْكُمْ بِاالْبَيَاضِ مِنَ الثِّيَابِ فَلْيَلْبَسْهَا اَحْيَاؤُكُمْ وَكَفِّنُوْا فِيْهَا مَوْتَاكُمْ فَإِنــَّهَا مِنْ خَيْرِ ثِيَابـــِكُمْ .

Dan tersebut didalam kitab FATHUL WAHHAB halaman 87 dan kitab IQNA’ halaman 179 dan Kitab JAMI’ISH SHAGHIIR halaman 130 dari juz 2 hadits nomor 5515 : tetapkanlah atasmu pakaian yang putih dan pakailah bagi orang yang hidup dengan pakaian yang putih, dan bungkuslah mayatmu dengan pakaian yang putih, sesungguhnya pakaian putih adalah pakaian yang terbaik bagimu.

وَفِى اْلإِحْيَاءِ اِلْجُزْءِ اْلأَوَّلِ فِى بَابِ اَدَابِ الْجُمْعَةِ : وَقَالَ الشَّافِعِيُّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ : مَنْ نــَظُفَ ثــَوْبُه قَلَّ هَمُّه وَمَنْ طَابَ رَ يــْحُه زَادَ عَقْلُه – وَاَمَّا الْكِسْوَةُ فَاَحَبُّهَا اَلْبَيَاضُ مِنَ الـثِّـيَابِ إِذ ْ اَحَبُّ الـثِّيَابِ اِلى اللهِ اَلْبِيْضُ لاَ يَلْبَسُ مَا فِـيْهِ شَهْرَةٌ وَلَبْسُ السَّوَادِ لَيْسَ مِنَ السُّـنَّةِ وَلاَ فـِيْهِ فَضْلٌ بَلْ كَرَّهَ جَمَاعَةٌ اَلنَّظَرُ اِلَيْهِ ِلأَ نــَّه بِدْعَةٌ مُحْدَثــَةٌ بَعْدَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَ الْعِمَامَةُ مُسْتَحَبَّةٌ فِى ْ هذَا الْيَوْمِ .
Dan telah tersebut dalam kitab IHYA pada juz awal dalam bab adabul jum’at, telah berkata Imam Syafi’i : “ Barang siapa bersih pakaiannya, maka sedikit susahnya, dan barang siapa wangi baunya, akan ditambah akalnya, dan adapun pakaian yang lebih dicintai adalah pakaian putih, karena pakaian yang lebih dicintai oleh Allah adalah pakaian putih yang tidak loreng, dan berpakaian hitam tidak termasuk sunnah, dan tidak ada fadhilahnya (keutamaannya) bahkan sekelompok ulama, memakruhkan melihatnya, karena bid’ah yang diada-adakan sesudah wafatnya Rasulullah SAW., dan sorban disunnahkan sampai hari ini.


س : لِمَاذَا نَلْبَسُ الْقَمِيْصَ اَوِ الْجُـبَّةَ وَالْعِمَامَةَ فِى الصَّلاَةِ خَاصَّةً ؟

ج : ِلأَنــَّه سُـنَّةٌ , كَمَا فِيْ بُغْيَةُ الْمُسْتَرْ شِدِيْنَ ص : ٨٦ (مَسْئَلَةٌ) يُسَنُّ لَـبْسُ الْقَمِيْصِ وَاْلإِزَارِ وَالْعِمَامَةِ وَالطَّيْلَسَانِ فِى الصَّلاَةِ وَغَيْرِهَا اِلاَّ فِيْ حَالِ النَّوْمِ وَ نــَحْوِه يُخــْتَصُّ الطَّيْلَسَانُ غَالِبًا بِأَهْلِ الْفَضْلِ مِنَ الْعُلَمَاءِ وَالرُّؤَسَاءِ .

Soal : Mengapa kita memakai Gamis, Jubbah, dan sorban khususnya pada waktu shalat ?
Jawab : Karena sunnat, seperti dalam Kitab BUGHYATUL MUSTARSYIDIIN halaman 86 terdapat masalah : disunnahkan memakai Gamis, sarung dan sorban dan thoilasan (pakaian untuk menutup kepala sebelum memakai sorban) diwaktu shalat atau diluar shalat, kecuali diwaktu tidur dan sebagainya akan tetapi thoilasan itu khusus bagi orang-orang yang mulia dari ulama dan pemimpin.

Memakai Sorban



وَقَالَ فِي الدِّعَامَةِ ص: ٨-٩ مَا نـَصُّه وَ اَخْرَجَ الدَّيْلَمِيُّ فِيْ مُسْنَدِ الْفِرْدَوْسِ عَنْ جَابِرٍ رَفَعَه – رَكْعَةٌ بِعِمَامَةٍ خَيْرٌ مِنْ سَبْعِيْنَ رَكْعَةً بِلاَ عِمَامَةٍ . قَالَ اَلْمُـنَاوِيْ فِى التَّيْسِيْرِ : ِلأَنَّ الصَّلاَةَ حَضْرَةُ الْمَلِكِ وَ الدُّخُوْلُ اِلى حَضْرَةِ الْمَلِكِ بِغَيْرِ تَجَمُّلٍ خِلاَفُ اْلأَدَبِ . وَجُمْعَةٌ بِعِمَامَةٍ تَعْدِلُ سَبْعِيْنَ جُمْعَةً بِلاَ عِمَامَةٍ .

Dan telah berkata dalam kitab DI’AMAH halaman 8-9 ; terdapat keterangan bahwa Imam Ad-Dailamy telah menerangkan dalam kitab Musnadil Firdaus dari Jabir , Hadits marfu’ : shalat satu raka’at dengan memakai sorban itu lebih baik dari pada 70 roka’at dengan tidak memakai sorban. Dan Imam Munawi telah memberi keterangan dalam kitab Taisir : sesungguhnya shalat itu menghadap raja (Allah) adapun menghadap raja tidak memakai pakaian yang baik adalah tidak beradab. Dan shalat jum’at sekali dengan memakai sorban adalah berlipat 70 kali lipat (pahala) jum’atan dengan tidak memakai sorban.


س : لِمَاذَا نــَتَوَسَّلُ بِاْلأَنْبِيَاءِ وَاْلأَوْلِيَاءِ وَالصَّالِحِيْنَ ؟

ج : ِلأَنَّ نــَعْمَلُ بِقَوْلِهِ تَعَالى اَلــَّذِيْ فِيْ سُوْرَةِ الْمَائِدَةِ اْلأَيَةْ ٣٥ : يَآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْ ا اتَّقُوا اللهَ وَابْتَغُوْا اِلَيْهِ الْوَسِيْلَةَ وَجَاهِدُوْا فِيْ سَبِيْلِه لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ – كَذَا فِيْ فَــتَاوِيْ الْخَلِيْلِيْ :

Soal : Mengapa kita bertawassul kepada para Nabi para wali dan para sholihin ?
Jawab : Karena kita beramal atas dasar firman Allah yang ada dalam surat al-Maidah ayat 35 : “Hai oang-orang yang beriman, bertaqwalah kamu kepada Allah, dan carilah jalan yang mendekatan diri kepada-Nya, dan berjihadlah kepadanya, supaya kamu mendapat keberuntungan (surga). Sebagaimana tersebut dalam kitab FATAWI ALKHALILI Halaman 258.

وَقَالَ إِبْنُ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ : إِنَّ الْوَسِيْلَةَ كُلُّ مَا يُـتَقَرَّبُ بـــِه اِلى اللهِ .

Dan telah berkata IBNU ABBAS r.a. : Sesungguhnyawasilah itu adalah sesuatu yang bisa mendekatkan diri kepada Allah.

وَمِنْ جُمْلَةِ ذلِكَ مَحَبَّةُ اَنْبِيَاءِ اللهِ وَاَوْلِيَائِه وَالصَّدَقَاتِ وَزِيَارَةِ اَحْبَابِ اللهِ وَكَثْرَةِ الدُّعَاءِ وَغَيْرِ ذلِكَ : فَالْمَعْنَى كُلُّ مَا يُقَرِّ بــُكُمْ اِلى اللهِ فَالْزَمُوْهُ وَاتْرُكُوْا كُلَّ مَا يُـبْعِدُكُمْ عَنْهُ – إِذَا عَلِمْتَ ذلِكَ فَمِنَ الضَّلاَلِ الْبَيِّنِ وَالْخُسْرَانِ الظَّاهِرِ تَكْفِيْرُ الْمُسْلِمِيْنَ بــِزِ يَارَةِ اَوْلِيَاءِ اللهِ زَاعِمِيْنَ أَنَّ زِيَارَ تــَـهُمْ مِنْ عِبَادَةِ غَيْرِ اللهِ كَلَّ بَلْ هِيَ مِنْ جُمْلَةِ الْمَحَبَّةِ اللهِ اَلَّتِيْ قَالَ فِيْهَا رَسُوْلُ اللهِ اَلاَ لاَ إِيْمَانَ لِمَنْ لاَ مَحَبَّةَ لَه .

} تَفْسِيْرُ صَاوِيْ مِنَ الْجُزْءِ اْلأَوَّلِ ص : ٢٦٥{

Dan yang termasuk wasilah adalah cinta kepada para Nabi, kepada para wali , shodaqoh, ziyarah kepada para kekasih Allah, memperbanyak do’a dan lain-lain. Yang dimaksud, kerjakanlah sesuatu yang mendekatkan diri kepada Allah, dan tinggalkanlah sesuatu yang menjauhkan diri kepada Allah. Karena itu kita diharapkan tahu, maka termasuk kekeliruan dan merugi orang yang mengatakan kafir kepada orang yang berziyarah kepada waliyullah dengan bersyakwa sangka bahwa ziyarahnya itu beribadah selain kepada Allah. Janganlah demikian, justeru yang demikian itu termasuk cinta kepada Allah. Rasulullah SAW., bersabda : “Ingatlah tidak sempurna iman seseorang yang tidak mahabbah (mencintai) kepadanya”. (TAFSIR SHOWI Juz awal halaman 265).

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اَلْمَرْءُ مَعَ مَنْ اَحَبَّ . وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : كُنْ مَعَ اللهِ وَاِنْ لَمْ تَكُنْ كُنْ مَعَ مَنْ كَانَ مَعَ اللهِ . وَقـِيْلَ الْفَنَاءُ فِى الشَّيْخِ مُقَدِّمَةُ الْفَنَاءِ فِى اللهِ . كَذَا فِيْ تَنْوِيْرُ الْقُلُوْبِ ص: ٥٧

Dan telah bersabda Nabi SAW. : “Manusia itu bersama orang yang dicintai” Dan Nabi SAW. telah bersabda pula : “Ingatlah ! (wahai ummatku) kepada Allah jika ia tidak bisa mengingat, maka berkumpullah bersama orang yang ingat kepada Allah”. Dan diterangkan oleh sebagian ulama bahwa cinta kepada guru, itu sebagian permulaan cinta kepada Allah. Sebagaimana tersbut dalam kitab TANWIRUL QULUB halaman 57.

وَقَالَ فِى الْبَاجُوْرِيْ مِنَ الْجُزْءِ الثَّانِيْ ص : ٧٠٠ وَقَالَ فِيْ نــَهْجِ السَّعَادَةِ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : تَوَسَّلُوْا بـــِيْ وَبِأَهْلِ بــَيْتـِيْ اِلى اللهِ فَإِ نــَّه لاَ يُرَدُّ مُـتَوَسِّلٌ بـــِنَا } رَوَاهُ إِبْنُ حِبَّانَ فِيْ صَحِيْحِه {

Dan telah berkata dalam kitab BAJURI dari juz kedua halaman 700 ; Dan telah berkata dalam Nahjissa’adah Rasulullah SAW., telahbersabda : “Bertawassullah kamu dengan ku dan degan ahli bait ku, sesungguhnya orang yang bertawassul kepada ku tidak akan ditolak” (H.R. IBNU HIBBAN dalam Hadits Shahihnya).

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : تَوَسَّلُوْا بِجَاهِيْ , فَإِنَّ جَاهِيْ عِنْدَ اللهِ عَظيْمٌ , كَذَا فِيْ بُغْيَةِ الْعَوَامِ .

Dan Nabi SAW telah bersabda : “Bertawassullah kamu dengan kebesaranku, sesungguhnya sifat kehormatanku bagi Allah adalah suatu perkara yang berfaidah” (sebagaimana tersebut dalam kitab BUGHYATUL AWAM).

وَقَالَ فِى اْلإِحْيَاءِ مِنَ الْجُزْءِ اْلأَوَّلِ ص ٢٣٣ : عَلَّمَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَبَا بَكْرٍ نِ الصِّدِّ يْقِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ , اَللّهُمَّ إِ نِّيْ أَسْـئـــَلُكَ بِمُحَمَّدٍ نــَبِيِّكَ وَاِبْرَاهِيْمَ خَلِيْلِكَ وَمُوْسى كَلِمَتِكَ وَرُوْحِكَ وَبِتَوْرَاةِ مُوْسى َاِنْجِيْلِ عِيْسى وَزَبُوْرِ دَاودَ وَفُرْقَانِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَيْهِمْ اَجْمَعِيْنَ .

Dan tersebut dalam kitab IHYA Juz awal halaman 233; Rasulullah SAW telah mengajar Abu Bakar Ash-shiddiq r.a. supaya membaca doa :

اَللّهُمَّ إِ نِّيْ أَسْـئـــَلُكَ بِمُحَمَّدٍ .... الخ

وَقَالَ فيِِ بُغْيَةُ الْمُسْتَرْ شِدِيْنَ ص ٣٥٨ : وَاَمَّا التَّوَسُّلُ بِاْلأَنـــْبِيَاءِ وَ الصَّالِِحِيْنَ فَهُوَ أَمْرٌ مَحْبُوْبٌ ثـــَابـــِتٌ بــِا اْلأَحَادِيْثِ الصَّحِيْحَةِ وَقَدْ أَطْبَقُوْا عَلى طَلَبِه بَلْ ثَبَتَ التَّوَسُّلُ بِاْلأَعْمَالِ الصَّالِحَةِ وَهِيَ اَعْرَضٌ فَبِاالذَّوَاتِ اَوْلى.اَلتَّوَسُّلُ بِاْلأَنـــْبِيَاءِ وَاْلأَوْلِيَاءِ فيِ ْ حَيَاتِهِمْ وَبَعْدَ وَفَاتِهِمْ مُبَاحٌ شَرْعًا كَمَا وَرَدَتْ السُّنَّةٌ الصَّحِيْحَةُ .

Dan telah diterangkan dalam kitab BUGHYATUL MUSTARSYIDIIN halaman 358 : “adapun bertwassul dengan para Nabi dan para sholihin adalah sesuatu yang dicintai syara’ dan sudah ditetapkan dengan hadits yang shohih. Dan para ulama telah sepakat dengan menjalankan tawassul bahkan sudah tetap (diperbolehkan) tawassul dengan amal shaleh padahal amal shaleh itu suatu sifat, maka dari itu lbih utama tawassul dengan dzat, adapun tawassul dengan para Nabi dan para wali dimasa hidupnya dan sesudah wafatnya itu diperbolehkan secara hukum syara’, seperti yang telah berlaku dalam hadits yang shohih.

وَقَالَ فيِ اْلأَذ ْكَارِ فيِ ْ بَابِ اْلأَذ ْكَارِ فيِ اْلإِسْتِسْقَاءِ ص ١٣٤ وَيُسْتَحَبُّ إِذَا كَانَ فِيْهِمْ رَجُلٌ مَشْهُوْرٌ بِالصَّلاَحِ اَنْ يَسْتَسْقُوْا بــِه فَيَقُوْلُوْا اَللّهُمَّ إِنــَّا نَسْتَسْقِيْ وَ نــَتَشَفَّعْ اِلَيْكَ بِعَبْدِكَ فُلاَنٍ .

Dan telah berkata dalam kitab Adzkar pada bab Dzikir dalam shalat Istisqa’, halaman 134 : Dan disunnatkan bertawassul dengan orang-orang yang masyhur kebaikannya seperti berdo’a dengan membaca : اَللّهُمَّ إِنــَّا نَسْتَسْقِيْ.... الخ

س : هَلْ يَجُوْزُ اِسْتِغَاثَةُ النَّاسِ بِالنَّبِيِّ اَوِ الْوَلِيِّ اَوِ الشَّيْخِ بَعْدَ وَفَاتِهِمْ فيِ قُبُوْرِهِمْ عِنْدَ الشَّدَائِدِ ؟

ج : نــَعَمْ يَجُوْزُ , مَكْتُوْبٌ فيِ هَامِشِ الْفَتَاوِى الْكُبْرى ص ٣٨٢ جُوزْ ٤ : هَكَذَا } سُئِلَ { عَمَّا يَقَعُ مِنَ الْعَامَّةِ مِنْ قَوْلِهِمْ عِنْدَ الشَّدَائِدِ يَاشَيْخُ فُلاَنُ , يَارَسُوْلَ اللهِ , وَ نــَحْوَ ذلِكَ مِنَ اْلإِسْتِغَاثَةِ بِاْلأَنــْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَاْلأَوْلِيَاءِ وَالْعُلَمَاءِ وَ الصَّالِحِيْنَ فَهَلْ ذلِكَ جَائِزٌ اَمْ لاَ ؟ وَهَلْ لِلرُّسُلِ وَاْلأَنـــْبِيَاءِ وَاْلأَوْلِيَاءِ وَ الصَّالِحِيْنَ وَالْمَشَايـــِخِ إِغَاثَةٌ بَعْدَ مَوْتِهِمْ ؟ وَمَاذَا يُرَجِّحُ ذلِكَ ؟

} فَأَجَبَ { بِأَنَّ اْلإِسْتِغَاثَةَ بِاْلأَنـــْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَ اْلأَوْلِيَاءِ وَالْعُلَمَاءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَالْمَشَايـــِـــــخِ جَائِزَةٌ , وَلِلرُّسُلِ وَ اْلأَنـــْبِيَاءِ وَ اْلأَوْلِيَاءِ وَالْمَشَايـــِــــخِ إِغَاثَةٌ بَعْدَ مَوْتِهِمْ – ِلأَنَّ مُعْجِزَةَ اْلأَنـــْبِيَاءِ وَكَرَامَاتِ اْلأَوْلِيَاءِ لاَ تَـنْقَطِعُ بِمَوْتِهِمْ – اَمَّا اْلأَنـــْبِيَاءُ فَِلأَ نــَّهُمْ اَحْيَاءٌ فِيْ قُبُوْرِهِمْ يُصَلُّوْنَ وَ يــَحِجُّوْنَ كَمَا وَرَدَتْ بـــِهِ اْلأَخْبَارُ وَ تــَكُوْنُ اْلإِغَاثَةُ مِنْهُمْ مُعْجِزَةً لَّهُمْ – وَ الشُّهَدَاءُ اَيْضًا اَحْيَاءٌ شُوْهِدُوْا نَهَارًاجِهَارًا يُقَاتِلُوْنَ الْكُفَّارَ – وَاَمَّا اْلأَوْلِيَاءُ فَهِيَ كَرَامَةٌ لــَهُمْ- فَإِنَّ اَهْلَ الْحَقِّ عَلى اَنــَّه يَقَعُ مِنَ اْلأَوْلِيَاءِ بِقَصْدٍ اَوْ بِغَيْرِ قَصْدٍ اُمُوْرٌ خَارِقَةٌ لِلْعَادَةِ يـُجْرِ يــْهَااللهُ تََعَالى بِسَبَبِهِمْ وَالدَّلِيْلُ عَلى جَوَازِهَا اَنــَّهَا اُمُوْرٌ مُمْكِنَةٌ لاَ يَلْزَمُ مِنْ جَوَازِ وُقُوْعِهَا مُحَالٌ , وَكُلُّ مَا هذَا شَأْنُه فَهُوَ جَائِزُ الْوُقُوْعِ , وَعَلى الْوُقُوْعِ قِصَّةُ مَرْ يَمَ وَرِزْقِهَا اْلأتِيْ مِنْ عِنْدِ اللهِ عَلى مَا نــَطَقَ بـــِهِ التَّــنْزِ يــْلُ.

Soal : Boleh atau tidak memanggil-manggil para Nabi, para Wali, atau guru dipinggir quburan pada waktu ada kesulitan dan apakan para Nabi, para Wali dan Guru itu bisa memberi pertologan kepada orang yang minta tolong ?
Jawa : Boleh dan para Nabi, Wali atau guru itu masih bisa memberi pertolongan pada orang yang minta tolong sesuai dengan keterangan dari Hamis-nya (penjelasan pinggir) kitab FATAWY AL-KUBRA halaman 382 juz 4 yang artinya : “bagaimana orang awam yang mengucapkan : “Ya Rasulullah, ya syaikh fulan ….” dan yang semacam dengan itu, dipinggir Quburan dengan tujuan meminta pertolongan kepada mereka, apakah mereka masih bisa memberi pertolongan ? (Jawabannya) boleh dan masih bisa memberi pertolongan , karena mukjizat para Nabi dan karomat para Wali tidak putus karena kematiannya. Nama para Nabi dan para Wali hidup di alam quburnya, masih menjalankan shalat dan haji, seperti dalam Hadits : Para Nabi masih bisa memberi pertolongan kepada yang meminta tolong sebagai mukjizatnya. Dan para syuhadapun masih hidup dan bisamembantu orang-orang yang perang dijalan Allah (sabilillah). Para Wali, Guru juga masih bisa memberi pertolongan kepada orang yang meminta tolong sebagai karomahnya, sesungguhnya para ulama ahli haq sekeyakinan dalam hal karomah, syafa’at, mu’jizat, sesungguhnya beberapa perkara yang tidak seperti biasanya (mustahil menurut akal) seperti yang sering terjadi di kalangan para Wali, baik sengaja ataupun tidak, itu sesuatu yang aneh (yang diluar kebiasaan) yang dijalankan Allah. Dalil adanya karomah, bahwa karomah itu suatu perkara yang mungkin, tidak termasuk sesuatu yang mustahil dan semua keadaan ini sesuatu yang mungkin, masalah tersebut sama dengan kisah Siti Maryam pada waktu mash kecil, ditemptkan di loteng kamar masjid baitul muqaddas dan pintunya dikunci rapat oleh Nabi Zakaria, setiap pagi Nabi Zakaria membuka pintunya dengan maksud memberi makanan pada Siti Maryam, akan tetapi didepan Siti Maryam sudah terhidang buah-buahan, pada musim hujan terhidang buah-buahan musim kemarau dan pada musim kemarau terhidang buah-buahan musim hujan. Ini sudah di Nash dalam al-Qur’an.

فَكَرَمَاتُ اْلأَوْلِيَاءِ مُشَاهَدَةٌ لاَ يُمْكِنُ اِنْكَارُهَا : سِرَاجُ الْبَيَانِ ص ١٥ وَفِى السِّيَرَةِ الشَّامِيَةِ وَغَيْرِهَا مَا نــَصُّه ذَهَبَ اَهْلُ لسُّنَّةِ وَالْجَمَاعَةِ اِلى جَوَازِ الْكَرَامَاتِ ِلْلأَوْلِيَاءِ اَحْيَاءً وَاَمْوَاتًا .

Karomah para wali jelas dan nyata tidak bisa diingkari, keterangan dari kitab SIROJUL BAYAN halaman 15 : Dan dalam kitab SIROTUSYSYAMIYAH ada keterangan bahwa Ahli sunnah wal jama’ah berpendapat tentang adanya karomah para wali baik semasa hidupnya maupun setelah wafatnya.

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إِذَا تَخَيَّرْتُمْ فِي اْلأُمُوْرِ فَاسْتَعِيْنُوْا مِنْ اَهْلِ اْلقُبُوْرِ . كَذَا فيِ ْ بَهْجَةِ السَّنِيَّةِ ص ١٤ .

Rasulullah SAW telah bersabda : Apabila kamu mempunyai kesulitan dalam suatu masalah maka mintalah pertolongan pada ahli qubur (Dari Kitab Bahjatussaniyyah halaman 14)

س : بـــِأَيِّ شَيْئٍ اَفْضَلُ مِنْ يَدْعُوْا اللهَ بِالــتَّوَسُّلِ اِلى الــنَّبِيِّ اَوِ الْوَلِيِّ اَوِ الشَّيْخِ اَوْ بـــِغَيْرِهِ ؟

ج : فِـيْهِ تــَفْصِيْلٌ إِنْ كَانَ الدَّاعِيْ اِلى اللهِ فِيْ مَقَامِ الْعَوَامِ كَمِثْلِيْ بـــِوُجُوْدِ اْلإِحْسَاسِ بـــِاْلأَ ثـــَارِ ( اَوْ بـــِرُؤْيَةِ الْخـَالِقِ مَعَ الْخـَلْقِ ) فَاْلأَفْضَلُ مُـتَوَسِّلٌ بــِالنَّّبِيِّ اَوِ الْوَلِيِّ اَوِ الشَّيْخِ – فَإِنْ كَانَ الدَّاعِيْ اِلى اللهِ فِيْ مَقَامِ الْجَذ ْبِ وَالسَّكَرِ (عَدَمِ اْلإِحْسَاسِ بــِاْلأَثــَارِ) (اَوْ رُؤْيَةِ الْخَالِقِ وَحْدَه ) فَاْلأَفْضَلُ بــِغَيْرِ الـتَّوَسُّلِ اِلى شَيْئٍ كَإِبْرَاهِيْمَ حِيْنَ يُرْمى فِى الـنَّارِ وَ كَعَائِشَةَ حِيْنَ تُقْذَفُ بِالْفَاحِشَةِ مَعَ صَفْوَانِ اِبْنِ مُعَطَّلٍ السُّلَمِيْ وَهِيَ فِيْ مَقَامِ الْغَيْبَةِ وَالْفَنَا – وَ بـَعْدَ الصَّحْوِ هِيَ تَرَجِعُ اِلى مَقَامِ اْلإِحْسَاسِ وَهِيَ تَوَسَّلَتْ اِلى الـنَّبِيِّ شُكْرًا لَه كَمَا قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : لاَ يَشْكُر ُاللهَ مَنْ لاَ يَشْكُرُ الـنَّاسَ (حِكَمْ ج ٢ ص ٨٧)

Soal : Dengan cara apakah berdo’a kepada Allah yang lebih utama ? apakah dengan tawassul kepada Nabi, Wali, atau Guru ? atau secara langsung tidak dengan cara tawassul ?
Jawab : Masalah tersebut bersifat tafsil artinya tergantung keadaan, bagi orang awam seperti kita, apabila berdo’a atau beribadah kepada Allah belum bisa wusul (rukhaninya kepada Allah), sehingga tidak mempunyai rasa adanya panca indra atau badan yang wujud ini, maka berdo’a itu lebih utama dengan cara tawassul, bagi orang yang bisa wusul, maa berdo’a itu lebih utama langsung seperti : Nabi Ibrohim pada waktu dilemparkan kedalam bara api, juga seperti Siti Aisyah pada waktu dituduh zina dengan sahabat Sofwan Bin Muaththal Assulami, setelah Siti Aisyah mempunyai perasaan bahwa wujud dirinya itu terasa wusunya (konsentrasi wusulnya kepada Allah) terasa kurang, maka Siti Aisyah dengan segera tawassul kepada Nabi SAW, karena syukuran kepadanya. Sebagaimana Rasulullah SAW telah bersabda : “Tidak bersyukur kepada Allah, barang siapa yang tidak bersyukur kepada manusia” (HIKAM Juz 2 halaman 87).

س : هَلْ جَازَتْ اِسْتِغَاثَةُ الْمُرِ يْدِ لِشَيْخِهِ الْمُرْشِدِ بـــِيَاهَادِيْ , يَاعَلِيْمُ , يَاخَبِيْر ُ , يَامُبِيْنُ , يَاوَلِيُّ , يَاحَمِيْدُ , يَاقَوِيْمُ , يَاحَفِيْظُ – اَلْمَقْصُوْدُ بـــِهَا وَمَرْجِعُـهَا اِلىَ الْحِبِيْبِ عُمَرُ ظَاهِرًا اَمَّا فِى الْحَقِيْقَةِ فَهِيَ اِلى اللهِ ؟

ج : جَازَتْ ِلأَنَّ الْحَبِيْبَ عُمَرُ مُـنْدَرِجٌ فِيْ اَهْلِ بَيْتِ رَسُوْلِ اللهِ وَهُوَ وَلِيُ اللهِ عِنْدَنــَا حَقًّا لاَ شَكَّ فِـيْهِ – كَمَا قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ : تَوَسَّلُوْا بــــِيْ وَبِأَهْلِ بَـيْـتِيْ فَإِنَّه لاَ يُرَدُّ مُـتَوَسِّلٌ بـــِنَا (رَوَاهُ اِبْنُ حِبَّانَ فِيْ صَحِيْحِهِ )مَثَلُ اَهْلِ بَـيــْتِيْ فِيْكُمْ مِثْلُ سَفِيْنَةِ نُوْحٍ فِيْ قَوْمِه مَنْ رَكِبَ نــَجَاوَمَنْ تَخـَلَّفَ عَنْهَا غَرِقَ .

Soal : Bolehkah memanggil gurunya dengan ucapan Yaa hadii, yaa ‘aliim, yaa khobiir, yaa mubiin, yaa waliy, yaa hamiid, yaa qowiim, yaa hafiidz ? yag dimaksud guru disini adalah Habib Umar, dalam ucapannya, adapun hakekatnya adalah memohon kepada Allah SWT ?
Jawab : Boleh, karena Habib Umar termasuk ahli bait Rasulullah SAW da waliyullah (pendapat kami), sebagaimana Rasulullah SAW telah bersabda : “bertawassullah kamu sekalian dengan ku dan dengan keluargaku, sesungguhnya tidak akan ditolak orang yang bertawasssul dengan kami. (H.R. IBNU HIBBAN dalam shohihnya). Begitu pula IMAM HAKIM meriwayatkan dari Sahabat Abu Dzarrin, bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Ahli Baitku bagimu laksana kapalnya Nabi Nuh AS. bagi kaumnya, orang yang mengikuti kebaikan akan selamat dan oang yang tida mengikuti dalam kebaikan akan tenggelam”.

قَالَ الْمُـنَاوِيْ وَلـِهَذَا ذَهَبَ جَمْعٌ اِلى اَنَّ قُطْبَ اْلأَوْلِيَاءِ فِيْ كُلِّ زَمَانٍ لاَ يَكُوْنُ اِلاَّ مِنْهُمْ – وَمُرِ يــْدُ الْحَبِيْبُ عُمَرُ يَشْهَدُوْنَ اَ نــَّه قُطْبُ اْلأَوْلِيَاءِ فِيْ زَمَانِنَا هذَا لاَ شَكَّ فِـيْهِ - وَهذَا الْحَدِ يــْثُ دَالٌّ عَلى اِبَاحَةِ اْلإِسْتِغَاثَةِ الْمُرِ يْدِ لِشَيْخِهِ الْمُرْشِدِ تُسَمّى رَابـــِطَةً . وَ الْحَبِيْبُ عُمَرُ مِنْ بَعْدِ اَهْلِ الْكِرَامِ وَارَثــُوْهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَوْلاً وَفِعْلاً وَحَالاً – وَالْوِرَاثَةُ الـتَّامَّةُ بِمَجْمُوْعٍ ذلِكَ الـثَّلاَثِ كَمَا قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : الشَّرِ يْعَةُ اَقْوَالِيْ وَالطَّارِيْقَةُ اَفْعَالِيْ وَالْحَقِيْقَةِ اَحْوَالِيْ وَ الْمَحَبَّةُ ِلأَهْلِ اللهِ وَاجِبٌ لاَ مَحَالَةَ ِلأَ نــَّهُمْ اَهْلُ الصَّفَا وَ الْوَفَابَلْ لِمَنْ اِتَّبَعَ اثَارَهُمْ .

IMAM MUNAWY berkata : karena ini berpendapatlah para ulama : sesungguhnya kutubul auliya, dalam setiap masa itu terdiri dari mereka ahli bait Nabi, dan murid-murid Al-Habib Umar, termasukkutubul auliya dizaman kita, dan hadits-hadits ini menunjukkan tentang bolehnya seseorang murid minta tolong kepada seorang guru dan hal itu dinamakan robithoh artinya ikatan hati murid dengan gurunya. Dan Habib Umar adalah orang yang mulia, lagi pula dzurriyat Rasulullah SAW, dan ahli warisnya dalam ucapan, perbuatan, dan keadaannya. Dan warisan yang paling sempurna adalah tiga : ucapan, perbuatan (kelakuan), dan i’tikad (kata hati) sebagaimana Rasulullah SAW telah bersabda : “Syari’at adalah ucapanku, Thoriqot adalah perbuatanku, Hakekat adalah keadaanku. Dan mencintai Ahlullah adalah wajib, sebab merekalah orang yang tergolong ahlushshafa wal wafaa (orang yang bersih dan mengabdikan diri kepada Allah) bahkan bagi orang yang mengikuti jejak langkah mereka (ahlushshafaa wal wafaa).

وَقَالَ سُفْيَانُ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ مَنْ اَحَبَّ مَنْ يُحِبُّ اللهَ فَإِنــَّمَا اَحَبَّ اللهَ – وَمَنْ اَكْرَمَ مَنْ يُكْرِمُ اللهَ فَإِنــَّمَا يُكْرِمُ اللهَ - وَ الْحَبِيْبُ عُمَرُ مِنْ جُمْلَةِ اَهْلِ الصَّفَا وَالْوَفَا – وَفِيْ حَدِ يْثٍ طَوِيْلٍ عَنْ سَيِّدِنــَا عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قِـيْلَ لِرَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ الُ مُحَمَّدٍ اَلَّذِ يْنَ اُمِرْنـَا بـــِحُـبِّـهِمْ وَاِكْرَامِهِمْ وَ الْبُرُوْرِ بــِــهِمْ فَقَالَ اَهْلُ الصَّفَا وَ الْوَفَا مَنْ امَنَ بِيْ وَاَخْلَصَ : يَا اِخْوَانِيْ اِسْتَفْهِمُوْا بــِالْقَاعِدَةِ لِلأَوْلِيَاءِ لِــئـــَلاَّ تَكُوْنُوْا مُـنْدَرِجًا فِى الْحَدِ يْثِ الْقُدْسِيِّ مَنْ عَادى لِيْ وَلِيًّا فَقَدْ اذَ نــْتُه بِالْحَرْبِ .

IMAM SUFYAN berkata : Sesungguhnya orang yang cinta kepada orang yang mencintai Allah, berarti orang tersebut mencintai Allah, dan orang yang memuliakan erhadap orang yang memuliakan Allah, berarti orang tersebut memuliakan Allah. Dan sebuah Hadits yang panjang dari Sayyidina Umar r.a. Bahwa Rasulullah SAW ditanya : Siapakah aalu (Keluarga) Muhammad yang harus kami cintai dan harus kami muliakan ? dan kami diperintah untuk berbuat baik kepada mereka ?. Maka berkata ahlush shafaa wal wafaa : yang beriman kepadaku dan ikhlas. Hai saudara-saudaraku fahamilah hadits-hadits auliya, agar kalian tidak termasuk golongan yang dikecam oleh Allah. Dialam hadits Qudsi diterangkan : Barang siapa memusuhi kekasihku, maka kami memberitahu kepadanya dengan perang.

س : هَلْ يَجُوْزُ لِلْمُرِ يْدِ اَنْ يَدْعُوْا شَيْخَه خَلِيْفَةَ رَسُوْلِ اللهِ ؟

ج : نــَعَمْ يَجُوْزُ , كَمَا قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِى اْلأَذ ْكِيَاءِ ص ٨٣ : عَلى خُلُفَائِيْ رَحْمَةُ اللهِ وَ يُـعَلِّمُـهَا , قِـيْلَ وَمَنْ خُلَفَاءُكَ ؟ قَالَ : اَلَّذِ يْنَ يُحْيُوْنَ سُـنَّتِيْ وَ يُعَلِّمُوْنــَهَا عِبَادَ اللهِ , وَ سَيِّدِيْ شَيْخُـنَا الْمُكَرَّمْ مِمَّنْ يُحْيِيْ سُنَّةَ الرَّسُوْلِ وَ يُعَلِّمُـهَا عِبَادَ اللهِ صَرْحًا فِيْ هذَا الزَّمـَانِ - لاَ سِيَمَا هُوَ يُعَلِّمُ الشَّـهَادَ تــَيْنِ لِمَنْ شَاءَ .

Soal : Bolehkah murid berdo’a (Tawassul) kepada gurunya dengan mengucapkan ucapan khalifatu Rasulillah ?
Jawab : Ya boleh, seperti Sabda Rasulullah SAW yang tertera dalam Syarah Azkiya halaman 83 : “Rakhmat Allah mudah-mudahan tetap atas khalifahku”. Sebagian sahabat bertanya : “Siapakah khalifah-khalifahmu ya Rasulullah ?”. Nabi SAW menjawab : “Khalifah-khalifahku dalah orang-orang yang menghidupkan dan mengamalkan sunnah-sunnahku dan mengajarkan kepada hamba-hamba Allah”. Sedangkan guru kita yang mulia (Al-Habib Umar Bin Isma’il Bin Yahya) sebagian dari orang yang menghidupkan, mengamalkan dan mengajarkan kepada hamba Allah akan sunnah-sunnah Rasul yang tidak diamalkan oleh umat Islam masa sekarang ini terutama mengajarkan dua kalimat syahadat.

س : هَلْ يَجُوْزُ اِسِْعْمَالُ اِسْمٍ مِنْ اَسْمَائِه تَعَالى اَلْحُسْنى ِلأَحَدٍ ؟

ج : نــَعَمْ يَجُوْزُ كَمَا هُوَ مَكْتُوْبٌ فِيْ سُلَمِ الـتَّوْفِيْقِ ص ٤ : إِنَّ اللهَ اَعْطى الْعَبْدَ اَوْ صَفً

Sumber :
https://www.facebook.com/PISS.KTB/posts/671757862877630:0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar