Minggu, 02 November 2014

Niat Puasa Tasu'a dan Puasa Asyuro

Bulan ini merupakan bulan yang penuh barokah bagi umat muslim di seluruh dunia karena pada bulan ini kita semua sedang merayakan tahun baru islam. Menurut beberapa orang bahkan bulan Muharram ini adalah bulannya anak yatim karen akita ketahui bersama bahwa pada bulan ini banyak sekali santunan untuk anak yatim dimana-mana.

Ada beberapa yang masih bingung atau belum tahu sama sekali bagaimana doa niat puasa Tasu'a. Hal ini sangat rawan karena bagaimanapun juga niat adalah yang paling utama seperti dalil Innamal A'mallu biniaat.

Bulan Muharram merupakan salah satu dari empat bulan haram yang telah Allah muliakan. Secara khusus Allah melarangan berbuat zalim (maksiat) pada bulan ini untuk menunjukkan kehormatannya. Allah Ta’ala berfirman,

فَلا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ

“Maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu.” (QS. Al-Taubah: 36)

Bacaan Niat Puasa Tasu'a

Yuukk bagi yang belum tahu bacaan doa atau niat Puasa Tasu'a kita niatkan hari ini untuk berpuasa keesokan harinya dengan mengucapkan lafadz niat seperti dibawah berikut ini:
Bacaan Niat Puasa Tasu'a (puasa 9 Muharram)

نَوَيْتُ صَوْم تَاسُعَاء سُنَّة لله تَعَالى

NAWAITU SAUMA TASU'A SUNNATALILLAHI TA'ALA
Artinya :
"Saya niat puasa hari Tasu'a, sunnah karena Allah ta'ala."

Ingat: Setiap setelah membaca lafadz maka kita wajib untuk melafalkannya melalui ucapan dengan menggunakan bahasa sesuai dengan arti yang terkandung didalamnya. Lantas apa saja anjuran puasa Tasu'a ini?
ada 3 anjuran bagi umat muslim untuk melaksanakan puasa ini yaitu
Anjuran Puasa di Bulan Muharram
Pertama, tujuan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melaksanakan puasa Tasu’a adalah untuk menunjukkan sikap yang berbeda dengan orang Yahudi. Karena beliau sangat antusias untuk memboikot semua perilaku mereka.

Kedua, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam belum sempat melaksanakan puasa itu. Namun sudah beliau rencanakan. Sebagian ulama menyebut ibadah semacam ini dengan istilah sunah hammiyah (sunah yang baru dicita-citakan, namun belum terealisasikan sampai beliau meninggal).

Ketiga, fungsi puasa tasu’a adalah mengiringi puasa asyura. Sehingga tidak tepat jika ada seorang muslim yang hanya berpuasa tasu’a saja. Tapi harus digabung dengan asyura di tanggal 10 besoknya.

Baiklah mungkin sekian dulu informasi mengenai Doa Niat Puasa Hari Tasu'a 9 Muharram kali ini, apakah kalian besok mau puasa? yang besok puasa komentar dan like di bawah ya, mimin juga Insya Allah pasti puasa kok.^_^ Bagi yang besok mau puasa Asyuro silahkan baca niatnya disini ya => Bacaan Niat Puasa Asyuro 10 Muharram Klik aja :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar