Sabtu, 08 November 2014

Do'a Nabi Khidir untuk kesembuhan kuda Ibnul Mubarok

                                         

dinukil dari kitab Al Mustaghitsin Billah Ibnu Basykual.

قال عبد الله بن المبارك: غزونا من طرسوس، فخرجت في سرية ومعي دابة أثق بها ما معي جنيبة، حتى إذا صرنا في بعض الطريق انصرع الفرس

قال: فجلست حذاءه فمر بي رجل حسن الوجه، طيب الرائحة، وقد مضى الناس، فقال لي: ما يجلسك، يا ابن المبارك؟ فقلت: أنتظر قضاء الله في فرسي

قال: وتحب أن تركب فرسك؟ قلت:

ومن لي بذلك

Abdulloh bin al mubarok berkata :
" kami telah berperang dari daerah tarsus , aku keluar bersama pasukan dan bersamaku ada kuda yg penurut yg membawa barang2ku hingga kami sampai di tengah jalanan , kuda tsb pingsan.
kemudian aku duduk di hadapan kuda tsb, lewatlah seorang lelaki yg bagus wajahnya dan baunya harum sedangkan orang2 telah lewat.
lelaki tsb berkata kpdku : " wahai ibnu mubarok, apa yg membuatmu duduk disini ?"
aku berkata : " aku menunggu keputusan Allah terhadap kudaku."
dia berkata : " apakah kau suka utk mengendarai kudamu ?"
aku berkata : " aku bisa apa dengan hal tsb ?"

قال: فتقدم إلى الفرس، فوضع يده على جبهته، حتى انتهى إلى مؤخره وقال: (أقسمت عليك أيتها العلة، بعزة عزة الله وعظمة عظمة الله، وبجلال جلال الله، وبقدرة قدرة الله، وبسلطان سلطان الله، وبلا إله إلا الله، وبما جرى به القلم من عند الله، وبلا حول ولا قوة إلا بالله، إلا انصرفت)

kemudia lelaki itu mendatangi kudaku dan meletakkan tangannya di dahi kuda hingga sampai ke bagian belakangnya kuda, dan dia berkata :
" aqsamtu alaika ayyuhal illat, bi 'izzati 'izzatillah, wa'udzmati 'udzmatillah, wabijalali jalalillah, wabiqudroti qudrotillah, wabi sultoni sultonillah, wabilaa ilaaha illalloh, wabima jaro bihil qolam min 'indillah, wabilaa haula walaa quwwata illa billah, illan shorofta."
(aku bersumpah kepadamu wahai penyakit, demi luhurnya keluhuran Allah, demi agungnya keagungan Allah, demi besarnya kebesaran Allah, demi kuasanya kekuasaan Allah, demi kuatnya kekuatan Allah, demi tiada tuhan selain Allah, demi apa2 yg qalam menulisnya atas izin Allah, dan demi tiada daya dan tiada kekuatan kecuali atas izin Allah kecuali engkau pergi .)

قال: فوثب الفرس فانتفض فأخذ بركابي وقال: اركب

فركبت ولحقت بأصحابي فقلت: ما هذه نصفة أخلي رجلا في بلد العدو إلا أردفته ورائي

ثم قلت: إن الذي أراني من بركته قادر أن يسلمه

kemudian kuda tsb melompat dan bergoyang goyang, dia mengambil sanggurdiku dan berkata " naiklah "
kemudian aku menaikinya dan menyusul teman2ku.
aku berkata (pd diri sendiri)' balasan apa ini, aku membiarkan seorang sendirian dinegara musuh seharusnya dia ku boncengkan di belakangku'
kemudian aku berkata ' seungguhnya Dzat yg telah memperlihatkanku dari berkahnya itu mampu utk menyelamatkannya.'

فلما كان في غداة غد ظفرنا بالعدو، فإذا هو بين أيدينا يدلنا على الذخائر، ويحذرنا من العدو، ويسهل علينا الصعائب

فقلت: ألست صاحبي بالأمس؟ فقال: بلى

قال: فقلت: سألتك بالله من أنت؟ قال: فوثب قائما، فاهتزت الأرض تحته خضراء، فإذا هو الخضر صلى الله عليه وسلم

قال ابن المبارك: فما قلت هذه الكلمات على عليل إلا شفي إلا أن يحضر أجله

keesokan harinya kami mendapatka musuh , tiba2 dia (lelaki yg menyembuhkan kuda) berada di depan kami sambil memberi petunjuk kpd pasukan dan memperingatkan kami dari musuh serta mempermudah kepada kami dari kesulitan2.
aku berkata : " bukankan engkau temanku yg kemaren itu ?"
dia menjawab : " iya "
aku berkata " " aku bertanya kepadamu atas nama Allah, sipakah dirimu ?"
kemudia dia melompat sambil berdiri maka bergetarlah bumi yg di bawahnya berubah berwarna hijau, ternyata dia adalah khidir shollallohu alaihi wasallam .
ibnu mubarok berkata : " maka tiadalah aku mengucapkan kalimat ini terhadap orang yg sakit kecuali menjadi sembuh, kecuali jika sdh datang ajalnya .

wallohu a'lam.

المستغيثين بالله تعالى

عند المهمات والحاجات

ابن بشكوال


Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar