Minggu, 02 November 2014

Bacaan Niat Puasa Asyura

Setelah sebelumnya telah dibahas mengenai doa niat puasa Tasu'a beserta anjurannya, pada tulisan yang kedua ini akan dibahas mengenai Doa niat puasa sunnah pada tanggal 10 Muharram apalagi kalau bukan puasa Asyura (orang jawa biasa menyebut Asyuro). Menurut sebagian orang bahwa bulan suro identik dengan hal-hal seram dan sial sehingga hajatan-hajatan tidak boleh dilaksanakan pada bulan tersebut.

Terlepas dari itu semua, kita sebagaiu umat islam dianjurkan untuk berpuasa di bulan Muharram ini, ada dua puasa di bulan muharram yaitu puasa Tasu'a dan puasa Asyura. Puasa Tasu'a telah kita bahas sebelumnya, dan bagi yang belum sempat membacanya silahkan baca artikel berjudul keutamaan dan niat puasa Tasu'a disini.

Anjuran untuk puasa sunnah pada bulann Muharram ini pernah diserukan oleh baginda besar  Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam mendorong kita melakukan puasa pada bulan Muharram sebagaimana sabdanya,

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

“Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah - Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam.” (HR. Muslim no. 1163, dari Abu Hurairah).
Nah bagi yang belum mengetahui bagaimana bacaan niat dari puasa Asyuro ini mari kita sama-sama mebaca lafadzhnya di bawah ini ya:

Bacaan Doa Niat Puasa Asyura 10 Muharram

Bacaan Niat Puasa Asyuro 10 Muharram

نويت صوم عشر سنة لله تعالى
NAWAITU SAUMA 'ASYURA LILLAHI TA'ALA
Artinya :
“ Saya niat puasa hari ’Asyura , sunnah karena Allah ta’ala.”

Keuntungan Menjalankan Puasa Asyuro
Puasa Asyura ini memiliki beberapa keutamaan  seperti yang dikutip dari firman Allah di Al-Quran di bawah ini:

كُلُوا وَاشْرَبُوا هَنِيئًا بِمَا أَسْلَفْتُمْ فِي الْأَيَّامِ الْخَالِيَةِ

“(Kepada mereka dikatakan): "Makan dan minumlah dengan sedap disebabkan amal yang telah kamu kerjakan pada hari-hari yang telah lalu".” (QS. Al Haqqah: 24)

Mujahid dan selainnya mengatakan, ”Ayat ini turun pada orang yang berpuasa. Barangsiapa meninggalkan makan, minum, dan syahwatnya karena Allah, maka Allah akan memberi ganti dengan makanan dan minuman yang lebih baik, serta akan mendapat ganti dengan pasangan di akhirat yang kekal (tidak mati).

Sahabat yang beragama muslim yuuk mari kita sama-sama besok dan lusa tepatnya pada tanggal 9 dan 10 Muharram untuk menjalankan ibadah puasa sunnah Tasu'a dan Asyuro dengan niat yang tulus karena Allah Ta'ala.  Semoga info Doa Niat Puasa Asyura 10 Muharram ini bermanfaat buat kita semua.Bagi yang puasa silahkan komentar di bawah ya, bagi yang tidak puasa tidak apa kok tapi kalau menurut mimin sih rugi besar (kecuali bagi cewek yang lagi mendapat jatah bulanan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar