mau tanya, pd tgl 10 muharram katanya dianjurkan puasa (yg ini udh masyhur), jg shodaqoh sirri,
menjenguk org sakit, dan mengelus kepala anak yatim, apakah tiga yg terhir ini
ada dalil otentikx?
JAWABAN :
Masaji Antoro
MENGUSAP KEPALA ANAK YATIM DI BULAN MUHARRAM
عن ابن عباس رضي الله عنهما قال قال رسول الله صلي الله عليه وسلم من صام يوم
عاشوراء من المحرم اعطاه الله تعالي ثواب عشرة الاف مللك ومن صام يوم عاشوراء من
المحرم اعطي ثواب عشر شهيد ومن مسح يده علي راس يتيم يوم عاشوراء رفع الله تعالي له
بكل شعرة درجة
Diriwayatk an dari Ibn
Abbas ra. Ia berkata : Rosulullah shallallaa hu ‘alaihi wa sallam bersabda :
“Barang siapa puasa pada hari ‘asyura( tanggal10) muharram, Allah memberikan 10.000 pahala malaikat
Barang siapa puasa pada hari ‘asyura( tanggal10) muharram, Allah memberikan pahala 10.000 para syuhada’
Dan barang siapa mengusap kepala anak yatim pad tgl 10 muharram, Allah
mengangkat
derajatnya dengan setiap rambut yg
diusap”
Manaahiij al-Imdaad I/521
وورد في فضل مسح رأس اليتيم حديث أخرجه احمد والطبراني عن أبي امامة بلفظ من مسح
رأس يتيم لا يمسحه الا لله كان له بكل شعرة تمر يده عليها حسنة وسنده ضعيف ولأحمد
من حديث أبي هريرة ان رجلا شكى إلى النبي صلى الله عليه و سلم قسوة قلبه فقال اطعم
المسكين وامسح رأس اليتيم وسنده حسن
Dan telah datang penjelasan hadits-had its mengenai keutamaan mengusap kepala anak yatim
yang diriwayatk an oleh Imam
Ahmad dan At-Thabraa ny dari
riwayat Abu Umamah dengan pernyataan “Barangsia pa mengusap kepala anak yatim yang
semata-mat a karena Allah disetiap
rambut yang ia usap, Allah berikan kebaikan” (sanadnya dho’if)
Juga hadits dari riwayat Abu Hurairah “Sesungguh nya seorang lelaki mengadu pada Nabi
shallallaa hu alaihi wasallam tentang
kerasnya hatinya, Nabi bersabda ‘Berikan makanan orang miskin dan usaplah kepala
anak yatim” (HR. Ahmad, sanadnya Hasan)
Fath al-Baari XI/151
PENGERTIAN MENGUSAP KEPALA
ANAK YATIM
Menurut Ibn Hajar al-Haytamy maksud mashu ro’si yatiim (mengusap kepala anak
yatim) diatas adalah makna hakiki (arti sebenarnya )
والمراد من المسح في الحديث الثاني حقيقته كما بينه آخر الحديث وهو ( من مسح رأس
يتيم لم يمسحه إلا لله كان له بكل شعرة تمر عليها يده عشر حسنات ومن أحسن إلى يتيمة
أو يتيم عنده كنت أنا وهو في الجنة كهاتين وقرن بين أصبعيه ) .
وخص الرأس بذلك لأن في المسح عليه تعظيماً لصاحبه وشفقة عليه ومحبة له وجبراً
لخاطره ، وهذه كلها مع اليتيم تقتضي هذا الثوب الجزيل ، وأما جعل ذلك كناية عن
الإحسان فهو غير محتاج إليه لأن ثواب الإحسان الذي هو أعلى وأجلّ قد ذكر بعده وأين
القرب منه ( صلى الله عليه وسلم ) في الجنة حتى يكونا كالأصبعين من إعطاء حسنات
بعدد شعر الرأس ، فشتان ما بينهما إذ الأول أكمل وأعظم وعلى التنزل وأنه أريد بذلك
الكناية المذكورة فيكون قوله ( كان له ) إلخ كناية عن عظيم الجزاء ، وأنه لعظمته لو
وجد في الخارج لكان أكثر من عدد شعر الرأس بكثير ، فيكون التجوّز والكناية في
الطرفين طرف الفعل وطرف الجزاء عليه والكناية وإن كانت أبلغ من الحقيقة إلا أن محل
الحمل عليها حيث لم يمنع منها مانع ، وقد علمت أن آخر الحديث يعين الحمل على
الحقيقة لإفادته أن ما بعده يكون تأسيساً ، وهو خير من التأكيد اللازم للحمل على
الكناية فافهم ذلك وتأمله . ثم رأيت أحاديث صريحة بأن المراد بالمسح حقيقته .
Yang dimaksud dengan mengusap dalam hadits kedua diatas adalah arti
sebenarnya seperti
dijelaskan pada hadits lain
“Barangsia pa mengusap kepala
anak yatim yang semata-mat a
karena Allah disetiap rambut yang ia usap, Allah berikan sepuluh kebaikan, dan
barangsiap a
memperbaik i anak yatim perempuan
atau laki-laki yang ada didekatnya niscaya aku dan dia disurga
bersanding seperti ini (Dan Nabi
mengganden gkan antara
jemarinya) ”
Kepala menjadi hal yang istimewa untuk disebutkan dalam hadits-had its diatas karena mengusap kepala
mengandung
pengertian adanya kasih saying,
rasa cinta dan mengayomi akan kebutuhan yang diusap, dan
kesemuanya bila dilakukan pada
anak yatim berhak mendapatka n pahala
yang agung.
Sedang mengartika n
‘mengusap’ dalam hadits diatas
dengan arti kinayah (sindiran- bukan sebenarnya ) dalam pengertian ‘berbuat baik’ tidaklah
dibutuhkan …. dst
Al-Fataawa a
al-Haditsi yyah Li Ibni Hajar I/43
الملا علي القاري
Namun menurut imam at toyyi dalam kitab Marqaah
al-Mafaati ih Imam al-Malaa Ali
al-Qaariy al-Hanafy yang dimaksud kata ‘mengusap’ pada hadits diatas adalah arti kinayah dari
memberikan kasih sayang serta
berbuat penuh kelembutan dan cinta
kasih pada mereka .
وعن أبي أمامة أي الباهلي قال قال رسول الله من مسح رأس يتيم وكذا حكم اليتيمة
بل هي الأولى بالحنية لضعفها ثم التنكير يفيد العموم فيشمل القريب والأجنبي يكون
عنده أو عند غيره لم يمسحه حال من فاعل مسح أي والحال أنه لم يمسح رأس اليتيم إلا
لله أي لا لغرض سواه كان له أي للماسح بكل شعرة بسكون العين ويفتح أي بكل واحدة من
شعر رأسه يمر بالتذكير ويؤنث من المرور أي يأتي عليها وكذا حكم محاذيها يده وفي
نسخة من الإمرار ففاعله ضمير الماسح ويده مفعوله حسنات بالرفع على اسم كان والظاهر
أن الحسنات مختلفة كمية وكيفية باعتبار تحسين النيات قال الطيبي مسح رأس اليتيم
كناية عن الشفقة والتلطف إليه ولما لم تكن الكناية منافية لإرادة الحقيقة لإمكان
الجمع بينهما كما تقول فلان طويل النجاد وتريد طول قامته مع طول علاقة سيفه رتب
عليه قوله بكل شعرة يمر عليه يده ومن أحسن إلى يتيمة أو يتيم قيل أو للتنويع وقدم
اليتيمة لأنها أحوج والظاهر أنه شك من أحد الرواة وقع في غير محله لأن حكم اليتيم
قد علم مما سبق ففي هذه الفقرة جير اليتيمة باللطف اللهم إلا أن يخص الإحسان
بالأنعام والإنفاق ونحوهما مما يغاير معنى مطلق الإحسان الشامل للمسح
Marqaah al-Mafaati ih
Syarh Misykaah al-Mashaab iih
XIV/263
Wallaahu A’lamu Bis Showaab
Tidak ada komentar:
Posting Komentar