Rabu, 25 Desember 2013

Hukum mengumumkan kematian melalui speker

Mengumumkan Kematian Melalui Microphone

هل يجوز النعي بمكبرات الصوت

Bolehkan Mengumumkan Kematian dengan Pengeras Suara?


السؤال:عندنا في الغرب الجزائري يعلن عن موت أحدنا من خلال تعليق مكبر الصوت على سيارة والتجوال ما بين طرق المنطقة،معلنين عن الشخص الذي توفاه الله ومكان الاجتماع للصلاة عليه ومكان دفنه وحسب،فهل هذا يدخل في النعي المنهي عنه علما أنه لا تذكر محاسنه عند الإعلان؟

Pertanyaan:

“Kami di sisi barat Aljazair memiliki kebiasaan mengumumkan kematian dengan menggunakan pengeras suara yang diletakkan di mobil lalu mobil berputar-putar di berbagai jalan di daerah kami sambil mengumumkan nama orang yang meninggal dunia, tempat pelaksanaan shalat jenazah untuk orang tersebut dan tempat pemakamannya. Itu saja yang diumumkan. Apakah perbuatan ini termasuk mengumumkan kematian yang terlarang? Perlu diketahui bahwa pada saat itu tidak ada pujian-pujian untuk mayit”

الجواب: النعي هو الإخبار بموت شخص، وقد ثبت عن حذيفة بن اليمان رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم نهى عن النعي» رواه أحمد (23270)، والترمذي (986) وحسّنه، ووافقه الألباني

Jawaban Syaikh Abu Said al Jazairi:

“An Na’yu adalah mengumumkan kematian seseorang. Terdapat hadits sahih dari Hudzaifah bin al Yaman bahwa Nabi melarang anna’yu. HR Ahmad dan Tirmidzi, dinilai hasan oleh Tirmidzi.

وما يفعله أهل بلدك هو موجود في كثير من البلاد، وهُو النّعي الذي يكون على رؤوس المنابر وفي الأسواق والتجمّعات، كما كان يفعل أهل الجاهلية

Perbuatan penduduk negerimu itu ada di banyak daerah. Itulah mengumumkan kematian di menara masjid, di tengah-tengah pasar dan perkumpulan banyak orang. Ini sama persis dengan kelakuan orang-orang jahiliah.

أما النعيُ من أجل مقصد شرعي ليسمع أصحابه وأقرباؤه وكل من سيأتي للصلاة وحضور جنازته فهو أمر جائز، وهذا لا يُتوسّع فيه

Sedangkan mengumumkan kematian dengan tujuan yang dilegalkan oleh syariat semisal memberitahukan berita kematian kepada kawan dan kerabat mayit serta semua orang yang akan mendatangi rumah duka untuk melakukan shalat jenazah dan menghadiri jenazahnya itu dibolehkan. Pengumuman kematian semacam ini seharusnya bersifat terbatas.

وثبت في صحيح البخاري (1328) وصحيح مسلم (951) أن النبي صلى الله عليه وسلم نعي للناس النجاشي في اليوم الذي مات فيه فخرج بهم إلى المصلى، وكبّر أربع تكبيرات

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengumumkan kepada para sahabat kematian Najasyi pada hari kematian. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersama para sahabat melakukan shalat jenazah di tanah lapang. Ketika itu beliau bertakbir sebanyak empat kali.

قال النووي رحمه الله تعالى: فيه استحباب الإعلام بالميت لا على صورة نعي الجاهلية، بل مجرّد إعلام للصلاة عليه وتشييعه وقضاء حقّه في ذلك، والذي جاء من النهي عن النعي ليس المراد به هذا، وإنما المراد نعي الجاهلية المشتمل على ذِكر لمفاخر وغيرها»  اهـ

An Nawawi mengomentari hadits di atas dengan mengatakan, “Hadits di atas adalah dalil dibolehkannya mengumumkan kematian asalkan tidak menyerupai orang-orang jahiliah dalam mengumumkan kematian. Itulah mengumumkan kematian semata-mata ajakan untuk mensholati jenazahnya, mengantarkannya ke pemakaman dan menunaikan hak mayit dengan melakukan hal-hal di atas. Sedangkan pengumuman kematian yang terlarang tidaklah pengumuman kematian sebagaimana di atas. Yang terlarang adalah mengumumkan kematian ala jahiliah. Itulah pengumuman kematian diiringi dengan memuji-muji mayit”.

وقال ابن العربي المالكي رحمه الله: يؤخذ من مجموع الأحاديث ثلاث حالات: الأولى: إعلام الأهل والأصحاب وأهل الصلاح، فهذا سنّة. الثانية: دعوة الحفل للمفاخرة، فهذه تكره. والثالثة: الإعلام بنوع آخر كالنياحة ونحو ذلك، فهذا يحرم» اهـ

Ibnul ‘Arabi al Maliki mengatakan, “Kesimpulan dari berbagai hadits mengenai hal ini adalah perlu ada tiga rincian.

Pertama, menyampaikan berita kematian seseorang kepada keluarga, kawan dan orang-orang shalih. Hal ini hukumnya dianjurkan.

Kedua, mengumumkan kematian kepada kumpulan orang dengan tujuan menyebut-nyebut kelebihan mayit. Hukum hal ini adalah makruh.

Ketiga, pengumuman kematian jenis lain semisal dalam bentuk meratapi kematian dan semisalnya. Hukum poin ketiga ini adalah haram”.

BERITA / PENGUMUMAN KEMATIAN YANG TERLARANG
PERTANYAAN :

Hakam Ahmed ElChudrie
Assalamu'alakum... Langsung saja tanpa banyak gembar gembor..
Na'yu atau yang biasa dikenal dengan berita kematian atau pengumuman kematian yang bagaimanakah yang dilarang oleh agama...? wassalamu'alaikum..

JAWABAN :
Wa'alaikumussalam,

ﺷﺮﺡ ﻣﺴﻠﻢ - ﺍﻟﻨﻮﻭﻱ - ﺝ - ٧ ﺍﻟﺼﻔﺤﺔ ٢١ :
ﻗﻮﻟﻪ: ﺍﻥ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻧﻌﻰ ﻟﻠﻨﺎﺱ ﺍﻟﻨﺠﺎﺷﻲ ﻓﻲ ﺍﻟﻴﻮﻡ ﺍﻟﺬﻱ ﻣﺎﺕ ﻓﻴﻪ ﻓﺨﺮﺝ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻤﺼﻠﻰ ﻭﻛﺒﺮ ﺃﺭﺑﻊ ﺗﻜﺒﻴﺮﺍﺕ __ ﻭﻓﻴﻪ ﺍﺳﺘﺤﺒﺎﺏ ﺍﻻﻋﻼﻡ ﺑﺎﻟﻤﻴﺖ ﻻ ﻋﻠﻰ ﺻﻮﺭﺓ ﻧﻌﻲ ﺍﻟﺠﺎﻫﻠﻴﺔ ﺑﻞ ﻣﺠﺮﺩ ﺍﻋﻼﻡ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺗﺸﻴﻴﻌﻪ ﻭﻗﻀﺎﺀ ﺣﻘﻪ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻭﺍﻟﺬﻱ ﺟﺎﺀ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﻬﻲ ﻋﻦ ﺍﻟﻨﻌﻲ ﻟﻴﺲ ﺍﻟﻤﺮﺍﺩ ﺑﻪ ﻫﺬﺍ ﻭﺇﻧﻤﺎ ﺍﻟﻤﺮﺍﺩ ﻧﻌﻲ ﺍﻟﺠﺎﻫﻠﻴﺔ ﺍﻟﻤﺸﺘﻤﻞ ﻋﻠﻰ ﺫﻛﺮ ﺍﻟﻤﻔﺎﺧﺮ ﻭﻏﻴﺮﻫﺎ.

Sungguh Rasulullah saw. pernah mengumumkan kepada para sahabat mengenai kematian Najasyi pada hari kematiannya. Lalu Nabi saw. pergi ke tempat shalat dan beliau bertakbir sebanyak empat kali __ Hadits di atas adalah dalil dianjurkannya mengumumkan kematian tapi tidak menyerupai orang-orang jahiliyah dalam mengumumkan kematian. Itulah mengumumkan kematian semata-mata ajakan untuk menshalati janazahnya, mengantarkannya ke pemakaman dan menunaikan hak mayit dg melakukan hal-hal di atas. Sedangkan pengumuman kematian yg terlarang tidaklah pengumuman kematian sebagaimana di atas. Yg terlarang adalah mengumumkan kematian ala jahiliyah. Itulah pengumuman kematian yg mencakup penyebutanmembangga-banggakan mayit dan selainnya.

Tambahan referensi :

ﻓﺘﺢ ﺍﻟﺒﺎﺭﻱ - ﺍﺑﻦ ﺣﺠﺮ - ﺝ - ٣ ﺍﻟﺼﻔﺤﺔ ٩٣ :
ﻭﻓﺎﺋﺪﺓ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺘﺮﺟﻤﺔ ﺍﻹﺷﺎﺭﺓ ﺇﻟﻰ ﺃﻥ ﺍﻟﻨﻌﻲ ﻟﻴﺲ ﻣﻤﻨﻮﻋﺎ ﻛﻠﻪ ﻭ ﺇﻧﻤﺎ ﻧﻬﻰ ﻋﻤﺎ ﻛﺎﻥ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺠﺎﻫﻠﻴﺔ ﻳﺼﻨﻌﻮﻧﻪ ﻓﻜﺎﻧﻮﺍ ﻳﺮﺳﻠﻮﻥ ﻣﻦ ﻳﻌﻠﻦ ﺑﺨﺒﺮ ﻣﻮﺕ ﺍﻟﻤﻴﺖ ﻋﻠﻰ ﺃﺑﻮﺍﺏ ﺍﻟﺪﻭﺭ ﻭ ﺍﻷﺳﻮﺍﻕ. ﻭﻗﺎﻝ ﺍﺑﻦ ﺍﻟﻤﺮﺍﺑﻂ ﻣﺮﺍﺩﻩ ﺃﻥ ﺍﻟﻨﻌﻲ ﺍﻟﺬﻱ ﻫﻮ ﺃﻋﻼﻡ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﺑﻤﻮﺕ ﻗﺮﻳﺒﻬﻢ ﻣﺒﺎﺡ ﻭ ﺃﻥ ﻛﺎﻥ ﻓﻴﻪ ﺇﺩﺧﺎﻝ ﺍﻟﻜﺮﺏ ﻭ ﺍﻟﻤﺼﺎﺋﺐ ﻋﻠﻰ ﺃﻫﻠﻪ ﻟﻜﻦ ﻓﻲ ﺗﻠﻚ ﺍﻟﻤﻔﺴﺪﺓ ﻣﺼﺎﻟﺢ ﺟﻤﺔ ﻟﻤﺎ ﻳﺘﺮﺗﺐ ﻋﻠﻰ ﻣﻌﺮﻓﺔ ﺫﻟﻚ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﺒﺎﺩﺭﺓ ﻟﺸﻬﻮﺩ ﺟﻨﺎﺯﺗﻪ ﻭ ﺗﻬﻴﺌﺔ ﺃﻣﺮﻩ ﻭ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻋﻠﻴﻪ ﻭ ﺍﻟﺪﻋﺎﺀ ﻟﻪ ﻭ ﺍﻻﺳﺘﻐﻔﺎﺭ ﻭ ﺗﻨﻔﻴﺬ ﻭﺻﺎﻳﺎﻩ ﻭ ﻣﺎ ﻳﺘﺮﺗﺐ ﻋﻠﻰ ﺫﻟﻚ ﻣﻦ ﺍﻷﺣﻜﺎﻡ.

ﻭﺃﻣﺎ ﻧﻌﻲ ﺍﻟﺠﺎﻫﻠﻴﺔ ﻓﻘﺎﻝ ﺳﻌﻴﺪ ﺑﻦ ﻣﻨﺼﻮﺭ ﺃﺧﺒﺮﻧﺎ ﺍﺑﻦ ﻋﻠﻴﺔ ﻋﻦ ﺍﺑﻦ ﻋﻮﻑ ﻗﺎﻝ ﻗﻠﺖ ﻹﺑﺮﺍﻫﻴﻢ ﺃﻛﺎﻧﻮﺍ ﻳﻜﺮﻫﻮﻥ ﺍﻟﻨﻌﻲ ﻗﺎﻝ ﻧﻌﻢ ﻗﺎﻝ ﺍﺑﻦ ﻋﻮﻑ ﻛﺎﻧﻮﺍ ﺇﺫﺍ ﺗﻮﻓﻲ ﺍﻟﺮﺟﻞ ﺭﻛﺐ ﺭﺟﻞ ﺩﺍﺑﺔ ﺛﻢ ﺻﺎﺡ ﻓﻲ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﺃﻧﻌﻰ ﻓﻼﻧﺎ ﻭ ﺑﻪ ﺇﻟﻰ ﺍﺑﻦ ﻋﻮﻥ ﻗﺎﻝ ﻗﺎﻝ ﺍﺑﻦ ﺳﻴﺮﻳﻦ ﻻ ﺃﻋﻠﻢ ﺑﺄﺳﺎ ﺃﻥ ﻳﺆﺫﻥ ﻟﺮﺟﻞ ﺻﺪﻳﻘﻪ ﻭ ﺣﻤﻴﻤﻪ.

ﻭﺣﺎﺻﻠﻪ ﺃﻥ ﻣﺤﺾ ﺍﻹﻋﻼﻡ ﺑﺬﻟﻚ ﻻ ﻳﻜﺮﻩ ﻓﺈﻥ ﺯﺍﺩ ﻋﻠﻰ ﺫﻟﻚ ﻓﻼ ﻭ ﻗﺪ ﻛﺎﻥ ﺑﻌﺾ ﺍﻟﺴﻠﻒ ﻳﺸﺪﺩ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﺣﺘﻰ ﻛﺎﻥ ﺣﺬﻳﻔﺔ ﺇﺫﺍ ﻣﺎﺕ ﻟﻪ ﺍﻟﻤﻴﺖ ﻳﻘﻮﻝ ﻻ ﺗﺆﺫﻧﻮﺍ ﺑﻪ ﺃﺣﺪﺍ ﺇﻧﻲ ﺃﺧﺎﻑ ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﻧﻌﻴﺎ ﺇﻧﻲ ﺳﻤﻌﺖ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭ ﺳﻠﻢ ﺑﺄﺫﻧﻲ ﻫﺎﺗﻴﻦ ﻳﻨﻬﻰ ﻋﻦ ﺍﻟﻨﻌﻲ ﺃﺧﺮﺟﻪ ﺍﻟﺘﺮﻣﺬﻱ ﻭ ﺍﺑﻦ ﻣﺎﺟﺔ ﺑﺈﺳﻨﺎﺩ ﺣﺴﻦ.

ﻗﺎﻝ ﺍﺑﻦ ﺍﻟﻌﺮﺑﻲ ﻳﺆﺧﺬ ﻣﻦ ﻣﺠﻤﻮﻉ ﺍﻷﺣﺎﺩﻳﺚ ﺛﻼﺙ ﺣﺎﻻﺕ ﺍﻷﻭﻟﻰ ﺃﻋﻼﻡ ﺍﻷﻫﻞ ﻭ ﺍﻷﺻﺤﺎﺏ ﻭ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺼﻼﺡ ﻓﻬﺬﺍ ﺳﻨﺔ ﺍﻟﺜﺎﻧﻴﺔ ﺩﻋﻮﺓ ﺍﻟﺤﻔﻞ ﻟﻠﻤﻔﺎﺧﺮﺓ ﻓﻬﺬﻩ ﺗﻜﺮﻩ ﺍﻟﺜﺎﻟﺜﺔ ﺍﻻﻋﻼﻡ ﺑﻨﻮﻉ ﺁﺧﺮ ﻛﺎﻟﻨﻴﺎﺣﺔ ﻭ ﻧﺤﻮ ﺫﻟﻚ ﻓﻬﺬﺍ ﻳﺤﺮﻡ.

Saya tambahi lagi :
Yang dilarang itu pengumuman acara kematian ala Jahiliyah seperti kebiasaan mereka jika ada orang yg terpandang meninggal, mereka mengirim seorang penunggang untuk pergi ke qabilah2 dan dia memberitahukan pada mereka : FULAN TELAH MENINGGAL, FULAN TELAH TIADA; HANCURLAH BANGSA ARAB DG KEMATIAN SI FULAN. Dan pengumuman itu disertai dg jerit tangis.

ﺍﻷﺫﻛﺎﺭ ﺍﻟﻨﻮﻭﻳﺔ - ﻳﺤﻴﻰ ﺑﻦ ﺷﺮﻑ ﺍﻟﻨﻮﻭﻱ - ﺍﻟﺼﻔﺤﺔ ١٥٤ :

ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻌﻠﻤﺎﺀ ﺍﻟﻤﺤﻘﻘﻮﻥ ﻭﺍﻷﻛﺜﺮﻭﻥ ﻣﻦ ﺃﺻﺤﺎﺑﻨﺎ ﻭﻏﻴﺮﻫﻢ: ﻳﺴﺘﺤﺐ ﺇﻋﻼﻡ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﻤﻴﺖ ﻭﻗﺮﺍﺑﺘﻪ ﻭﺃﺻﺪﻗﺎﺋﻪ ﻟﻬﺬﻳﻦ ﺍﻟﺤﺪﻳﺜﻴﻦ ﻗﺎﻟﻮﺍ: ﺍﻟﻨﻌﻲ ﺍﻟﻤﻨﻬﻲ ﻋﻨﻪ ﺇﻧﻤﺎ ﻫﻮ ﻧﻌﻲ ﺍﻟﺠﺎﻫﻠﻴﺔ، ﻭﻛﺎﻥ ﻣﻦ ﻋﺎﺩﺗﻬﻢ ﺇﺫﺍ ﻣﺎﺕ ﻣﻨﻬﻢ ﺷﺮﻳﻒ ﺑﻌﺜﻮﺍ ﺭﺍﻛﺒﺎ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻘﺒﺎﺋﻞ ﻳﻘﻮﻝ: ﻧﻌﺎﻳﺎ ﻓﻼﻥ، ﺃﻭ ﻳﺎ ﻧﻌﺎﻳﺎ ﺍﻟﻌﺮﺏ: ﺃﻱ: ﻫﻠﻜﺖ ﺍﻟﻌﺮﺏ ﺑﻤﻬﻠﻚ ﻓﻼﻥ، ﻭﻳﻜﻮﻥ ﻣﻊ ﺍﻟﻨﻌﻲ ﺿﺠﻴﺞ ﻭﺑﻜﺎﺀ.

ﻭﺫﻛﺮ ﺻﺎﺣﺐ " ﺍﻟﺤﺎﻭﻱ " ﻭﺟﻬﻴﻦ ﻷﺻﺤﺎﺑﻨﺎ ﻓﻲ ﺍﺳﺘﺤﺒﺎﺏ ﺍﻹﻳﺬﺍﻥ ﺑﺎﻟﻤﻴﺖ ﻭﺇﺷﺎﻋﺔ ﻣﻮﺗﻪ ﺑﺎﻟﻨﺪﺍﺀ ﻭﺍﻹﻋﻼﻡ، ﻓﺎﺳﺘﺤﺐ ﺫﻟﻚ ﺑﻌﻀﻬﻢ ﻟﻠﻤﻴﺖ ﺍﻟﻐﺮﻳﺐ ﻭﺍﻟﻘﺮﻳﺐ، ﻟﻤﺎ ﻓﻴﻪ ﻣﻦ ﻛﺜﺮﺓ ﺍﻟﻤﺼﻠﻴﻦ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺍﻟﺪﺍﻋﻴﻦ ﻟﻪ. ﻭﻗﺎﻝ ﺑﻌﻀﻬﻢ: ﻳﺴﺘﺤﺐ ﺫﻟﻚ ﻟﻠﻐﺮﻳﺐ، ﻭﻻ ﻳﺴﺘﺤﺐ ﻟﻐﻴﺮﻩ. ﻗﻠﺖ: ﻭﺍﻟﻤﺨﺘﺎﺭ ﺍﺳﺘﺤﺒﺎﺑﻪ ﻣﻄﻠﻘﺎ ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﻣﺠﺮﺩ ﺇﻋﻼﻡ.

Terlalu banyak untuk saya artikan, itu saya tampilkan sebagai referensi dan rujukan atas jawaban yg berupa teks Indo itu, agar saya tidak dikata si lidah tak bertulang,terlebih orang sekarang tidak banyak yg pintar, kalau sok pintar buuaaanyak...

> Ghufron Bkl
Hengumumkan kematian seseorang hukumnya sunah klo murni untuk memberi tau kematian tsb / bukan meratapi

> Hakam Ahmed ElChudrie
Sekarang, bisa kash contoh na'yu yg diperbolehkan spt dlm hadits diatas...
1. Pada saat ada seorang tokoh meninggal, di tv kan tertulis indonesia berduka dsb, ini trmasuk na'yu yg apa?
2. Apabila ada pjbat yg mningal, pd saat dimakamk, dibacakan jasa, dan pangkatnya, apa jg termasuk na'yu ? Bila ya, masuk ktegoi yg mana?

> Brojol Gemblung
1. Ya termasuk Na'yu yang diperbolehkan.
2. Tidak termasuk Na'yu, tapi itu bagian dari Istisyhad atau yg biasa disebut dg Dzikru al-Mahasin, boleh namun makruh.

> Ghufron Bkl
1. Termasuk na'yu yg sunah bila bertujuan unt melakukan shalat ghaib, di do'akan dan disayangi.
2. Termasuk na'yu yang dimakruhkan

.ولا بأس بالإعلام بموته للصلاة عليه و غيرها ذكره في الروضة و صححه في شرح المهذب أنه مستحب بخلاف نعي الجاهلية فإنه يكره كما قاله في الروضة وشرح المهذب وهو النداء بموت الشخص وذكر مآثره ومفاخره___وروى الترمذي عن حذيفة قال سمعت رسول الله عليه وسلم " ينهى عن النعي" وقال حديث حسن ومراده نعي الجاهلية لا مجرد الإعلام بالموت__قوله وغيرها كاستغفارهم له وبرأة الذمة والترحم عليه قوله مستحب أى إن كان لكثرة المصلين. حاشيتا قليوبي وعميرة ١/٤٠٣

1. Focus :
وغيرها كاستغفارهم له وبرأة الذمة والترحم عليه قوله مستحب أى إن كان لكثرة المصلين.

2. Focus :
.وهو النداء بموت الشخص وذكر مآثره ومفاخره

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar