Jumat, 29 Mei 2015

Santri niku sing kathah le tilem, sing kathah le maem, sing sekedhik le ngaos

Dhawuh Almaghfurlah Mbah KH Habib Dimyati At Turmusie
Tiba tiba teringat dhawuh Almarhum Almaghfurlah Mbah KH Habib Dimyati At Turmusie, ketika pertama sowan Beliau mau nderek ngaji, Beliau berpesan:

"Santri niku sing kathah le tilem, sing kathah le maem, sing sekedhik le ngaos".


Waktu itu saya sempat kebingungan, batin saya ngomong "lho kok", tapi setelah Beliau menerangkan maksud dhawuh Beliau, saya jadi merasa lega, tetapi juga merasa bahwa dhawuh Beliau sangatlah berat bagi saya.

Beliau menerangkan bahwa maksud dhawuh Beliau adalah:

Santri niku sing kathah le tilem, maksudnya: Seorang Santri nantinya akan dihadapkan kepada kesibukan yang banyak sehingga hanya tersisa sedikit waktu untuk tidur, tetapi bagi santri, sesedikit apapun waktu tidur tersebut anggaplah itu banyak (kathah).

Sing kathah le maem, maksudnya karena banyaknya kesibukan santri, terkadang santri tidak sempat makan, maka terpaksa hanya makan sedikit, tetapi sesedikit apapun makannya santri, santri harus menganggap itu sudah banyak (kathah).

Sing sekedhik le ngaos, maknanya kesibukan yang paling menghabiskan waktu dari seorang santri adalah mengaji, bisa dikatakan tiada waktu tanpa mengaji, tetapi sebanyak apapun santri mengaji,dan sebanyak apapun Ilmu yang didapat oleh santri dari banyaknya mengaji, seorang santri harus merasa hal itu masihlah sedikit (sekedhik).

Subhaanalloh , sinaoso kulo dereng saget nglampahi dhawuh Simbah Kyai ngantos sakmeniko, nanging mugi kulo tetep kalebet golonganipun santri.
Lahu Al fatihah.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar