Minggu, 17 Mei 2015

Membaca Al-qur'an selain dengan Qiro'ah sab'ah.




ﺍﻗْﺮَﺅُﻭﺍ ﺍﻟﻘُﺮْﺁﻥَ ﺑِﻠُﺤُﻮﻥِ ﺍﻟﻌَﺮَﺏِ ﻭﺃﺻْﻮﺍﺗِﻬﺎ ﻭﺇﻳَّﺎﻛُﻢْ ﻭﻟُﺤُﻮﻥَ ﺃﻫْﻞِ ﺍﻟﻜِﺘﺎﺑَﻴْﻦِ ﻭﺃﻫْﻞِ ﺍﻟﻔِﺴﻖِ ﻓﺈﻧّﻪُ ﺳَﻴَﺠِﻲﺀُ ﺑَﻌْﺪِﻱ ﻗَﻮْﻡٌ ﻳُﺮﺟِّﻌُﻮﻥَ ﺑﺎﻟﻘُﺮْﺁﻥِ ﺗَﺮْﺟِﻴﻊَ ﺍﻟﻐِﻨﺎﺀِ ﻭﺍﻟﺮَّﻫْﺒﺎﻧِﻴَﺔِ ﻭﺍﻟﻨَّﻮْﺡِ ﻻ ﻳُﺠﺎﻭِﺯُ ﺣَﻨﺎﺟِﺮَﻫُﻢْ ﻣَﻔْﺘُﻮﻧَﺔً ﻗُﻠُﻮﺑُﻬُﻢْ ﻭﻗُﻠﻮﺏُ ﻣَﻦْ ﻳُﻌْﺠِﺒُﻬُﻢْ ﺷَﺄْﻧُﻬُﻢ


Sumber hadis tersebut tidak akan pernah ditemui di dalam kitab Sunan al-Tirmidzi, Muwaththa’ Malik dan Sunan al-Nasa’i, kecuali jika terjadi kesalahan dalam penerbitan. Mungkin beberapa pendakwah pernah ditanya mengenai sumber hadis ini, lalu supaya terkesan sebagai “ahli hadis” atau “orang alim” maka lidahnya langsung menjawab “ini hadis riwayat Tarmidzi”. Sikap tersebut, sejak zaman dahulu memang menjadi salah satu penyebab pemalsuan hadis di kalangan para pendakwah, karena ingin terlihat meyakinkan dan menarik. Lalu, dimanakah hadis ini dapat ditemukan? Hadis ini dapat ditemukan dalam riwayat Imam al-Thabrani dalam al-Mu’jam al-Awsath (no. 7223) dan Imam al-Baihaqi dalam Syu’ab al-Iman (no. 2649). Imam al-Thabrani meriwayatkan dari Muhammad bin Jaban dari Muhammad bin Mihran dari Baqiyyah bin al-Walid dari Hushain bin Muhammad al-Fazari dari Abu Muhammad (?) dari Hudzaifah. Adapun Imam al-Baihaqi meriwayatkan dari Husain bin Fadhl dari Abdullah bin Ja’far dari Ya’qub bin Sufyan dari Baqiyyah bin al-Walid dengan jalur yang sama. Permasalahan dalam periwayatan ini terdapat minimal pada dua rawi, pertama Baqiyyah bin al-Walid yang dikenal sebagai periwayat yang lemah. Ini ditambah dengan sikapnya yang suka memanipulasi sanad, sehingga disebut sebagai mudallis . Hadis mudallis dicurigai ada keterputusan geneologi periwayatan hadis. Oleh karena itu, Imam Ibn ‘Adi memasukkan Baqiyyah bin al-Walid ke dalam daftar perawi yang lemah di dalam kitab al-Kamil fi al-Dhu’afa . Begitu juga, Imam al-Dzahabi menilai Baqiyyah juga tidak dikuatkan oleh periwayatn lain, sehingga hadisnya tergolong munkar. Kedua, rawi yang bernama Abu Muhammad. Ia tidak dikenal sama sekali di kalangan ahli hadis. Apabila seorang rawi tidak dikenal maka ulama hadis biasa menyebutnya dengan majhul. Oleh karena itu, Imam Ibn al-Jauzi menilai hadis ini sangat lemah di dalam kitab al-‘Ilal al-Mutanahiyah. Penjelasan ini diperkuat oleh Imam al-Haitsami dalam Majma’ al-Zawa’id . Barangkali kepalsuan riwayat ini bersumber dari Abu Muhammad si majhul . Kesimpulan Pertama, Pengharaman tilawah dengan hadis di atas tidaklah tepat, karena Imam al-Tirmidzi, Malik dan al-Nasa’i tidak pernah meriwayatkannya dalam kitab-kitab mereka. Hadis tersebut adalah riwayat al-Thabrani dan al-Baihaqi dengan sanad yang sangat lemah (dha’if jiddan). Kedua, sebenarnya kemakruhan atau keharaman membaca dengan irama lokal sudah jelas bagi ahli fiqih dan tajwid Alquran meskipun tidak ada hadis di atas. Ini dikarenakan irama lokal sering mengakibatkan takalluf (pemaksaan) dan bahayanya lagi jika keluar dari kaidah tajwid. Minimal tilawah tersebut berhukum makruh karena takalluf , dan dapat menjadi haram jika melanggar kaidah tajwid. Ketiga, pengharaman dan pengharaman sesuatu harus berdasarkan dalil yang sahih. Wallahu a’lam bi al-shawab


ROSUL SAW pd saat menerima wahyu dari ALLOH SWT melalui JiBRIL AS.itu artinya ROSUL SAW BERTALAQI(Bertatap muka langsung) kepada JIBRIL as...nah itu merupakan iBAROT/pengertian buat kita untuk BERMUSAFAKHAH(secara langsung dari bibir kebibir dlm mempelajari alqur'an,hususny MACHORIJ,Dari ulama2/guru2 alqur'an yg sanad gurunya jlas dalam arti bacaanya bisa dipertanggung jawabkan.karena kalo bukan dari ulama/guru alqur an yg jlas sanadnya,maka hawatirnya tidak mengetahui maksud dari arah bacaan tersebut...apa lagi masalah makhorij...contoh kecil kesalahan baca yg sampe saat ini masih memasakat dilingkungan PENGAJAR/PENDIDIK alqur an ialah ketika mengajarkan kalimat BISMILLAAHIRROKHMAANIRROKHIIM...harusnya kan dibaca semestinya BISMILLAAHIRROKHMAANIRROKHIIM...tapi kenyataanya bnyak para pendidik alqur an yg masih mengajarkan dengan kalimat BIISMIILAHIIROKHMAANIIROKHIIM...ahirnya FATKHAKH timbul ALIF,..KASROH TIMBUL YA' SUKUN,..DHUMMAH TIMBUL WAWU SUKUN..itu yg dihawatirkan juga oleh AL IMAM SYAFI'I DAN IMAM NAWAWI dlm KITAB FATHULMANAN DLL...mungkin maksudny krn TOLERANSI,TOLERANSInya bagus tapi terlalu MENTOLELIR juga gak bagus.

Ada bedanya Qiro'at dan nagham :


Istilah qiroat, 

 
Yang biasa digunakan adalah dialek atau cara pengucapan.
Contoh yang paling sering adalah imaalah.
Sebagian orang Arab mengucapkan vocal 'e' sebagai ganti dari 'a, pada beberapa lafadz Al-Quran.

Misalnya ucapan 'wadh-dhuhee wallaili idza sajee. Maa wadda'aka rabuka wa maa qolee ...."

Sedangkan masalah perbedaan melagukan bacaan Al-Quran,
Tidak ada kaitannya dengan ilmu qiraat ini. Khusus untuk masalah melagukan Al-Quran, biasanya dijelaskan dalam nagham, yaitu seni melantunkan Al-Quran.

Nagham ini sendiri sebenarnya merupakan seni, bukan disiplin ilmu. Tepatnya seni melantunkan bacaan Al-Quran. Rupanya, dari berbagai wilayah negeri Islam berkembang seni membaca Al-Quran. Dalam pelajaran nagham, kita mengenal ada jenis-jenisnya, seperti :

 
√ Nahawand,
√ Bayati,
√ Hijjaz,
√ Shaba,
√ Rast,
√ aharkah,
√ Sika.
 

Semua jenis lagu atau irama itu tidak ada kaitannya dengan ilmu qiraat sab'ah. Semata-mata hanya seni melantunkan, tidak ada kaitannya dengan bagaimana melafadzkan ayat Al-Quran.

وتجوز قراءة القرآن بالقراءات السبع المجمع عليها ولا يجوز بغير السبع ولا بالروايات الشاذة المنقولة عن القراء السبعة ( التبيان ص.٧٥)

Boleh membaca Al-qur'an dengan qiro'ah sab'ah yg telah di sepakati para ulama'. dan tidak di perbolehkan dengan selain qiro'ah sab'ah, demikian juga dengan riwayat-riwayat yg menyimpang meskipun di kutip dari quro' sab'ah.
(At-tibyan hal.75)


Saya sudah Taslim dengan yang di "jlentrehkan" diatas .. saya nitip juga sedikit yg ini :

وقال الإمام النووي رحمه الله في التبيان: فيستحب تحسين الصوت بالقراءة وترتيبها، ما لم يخرج عن حد القراءة بالتمطيط فإن أفرط حتى زاد حرفا

= أو أخفاه فهو حرام. وأما القراءة بالألحان فقد قال الشافعي رحمه الله في مواضع: أكرهها. وقال في مواضع: لا أكرهها. قال أصحابنا: ليست على قولين بل فيه تفصيل إن أفرط في التمطيط فجاوز الحد فهو الذي كرهه، وإن لم يجاوز فهو الذي لم يكرهه.
وقال قاضي القضاة الماوردي في كتابه الحاوي: القراءة بالألحان الموضوعة إن أخرجت لفظ القرآن عن صيغته بإدخال حركات فيه أو إخراج حركات منه أو قصر ممدود أو مد مقصور أو تمطيط يخل به بعض اللفظ ويلتبس المعنى فهو حرام يفسق به القاريء ويأثم به المستمع لأنه عدل به عن نهجه القويم إلى الاعوجاج والله تعالى يقول: {قرآنا عربيا غير ذي عوج}، قال: وإن لم يخرجه اللحن عن لفظه وقراءته على ترتيله كان مباحا لأنه زاد بألحانه في تحسينه. هذا كلام أقضى القضاة



 

Bacaan al-Qur'an dengan gaya Jawa baru-baru ini membuat heboh sosial media. Bacaan yang dinilai masih asing itu mengundang banyak komentar.

KH. Dzulhimi Ghozali, Ahli Qira'ah Sab'ah yang juga Juri nasional Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ketika ditanya mengenai qari' yang membaca al-Qur'an dengan lagu wayang atau langgam jawa, mengatakan bahwa hal itu tidak apa-apa asalkan tidak keluar dari aturan Tajwid.


"Asal tidak keluar dari aturan tajwid, tapi disunnahkan pakai luhunul 'arab (nagham arab)", jawab Imam Besar Ampel melalui salah satu aplikasi messenger. (17/5/2015)


Klo sampai merubah ma'na hukumnya harom,bila tdk merubah ma'na hukumnya boleh :

مسألة : يسن تحسين الصوت بالقراءة وتزيينها : لحديث ابن حبان وغيره : زينوا القرآن بأصواتكم .


[ ص: 351 ] وفي لفظ عند الدارمي : حسنوا القرآن بأصواتكم ، فإن الصوت الحسن يزيد القرآن حسنا .

وأخرج البزار وغيره حديث : حسن الصوت زينة القرآن .

وفي أحاديث صحيحة كثيرة .

فإن لم يكن حسن الصوت حسنه ما استطاع ، بحيث لا يخرج إلى حد التمطيط . 

 
وأما القراءة بالألحان : فنص الشافعي في المختصر أنه لا بأس بها ، وعن رواية الربيع الجيزي : أنها مكروهة .


قال الرافعي : قال الجمهور : ليست على قولين ، بل المكروه أن يفرط في المد ، وفي إشباع الحركات حتى يتولد من الفتحة ألف ، ومن الضمة واو ، ومن الكسرة ياء ، أو يدغم في غير موضع الإدغام ، فإن لم ينته إلى هذا الحد فلا كراهة .

قال في زوائد الروضة : والصحيح أن الإفراط على الوجه المذكور حرام يفسق به القارئ ويأثم المستمع ; لأنه عدل به عن نهجه القويم . قال وهذا مراد الشافعي بالكراهة .

قلت : وفيه حديث : اقرءوا القرآن بلحون العرب وأصواتها ، وإياكم ولحون أهل الكتابين وأهل الفسق ، فإنه سيجيء أقوام يرجعون بالقرآن ترجيع الغناء والرهبانية ، لا يجاوز حناجرهم مفتونة قلوبهم وقلوب من يعجبهم شأنهم . أخرجه الطبراني والبيهقي .

library.islamweb.net/newlibrary/display_book.php?flag=1...


library.islamweb.net

8. الأذكار للنووي ص 91
فصل : ويستحب تحسين الصوت بالقراءة وتزيينها ما لم يخرج عن حد القراءة بالتمطيط فان أفرط حتى زاد حرفا او اخفى حرفا فهو حرام. قال ابن علان في شرح الأذكار قال المصنف في التبيان قال اقضى القضاة الماوردي في كتابه الحاوي القراءة بالألحان
الموضوعة ان أخرجت لفظ القرءان عن صفته بإدخال حركات فيه أو قصر ممدود أو مد مقصور او تمطيط يخفى فيه اللفظ فيلتبس به المعنى فهو حرام يفسق به القارئ ويأثم به المستمع وان لم يخرجه الألحان عن لفظه وقرأ به على ترتيله كان مباحا لانه زاد بألحانه في تحسينه.

9. التنبيهات الواجبات ص 49-50
قال العلماء رحمه الله تعالى فيستحب تحسين الصوت بالقراءة وترتيبها مالم يخرج عن حد القراءة بالتمطيط) وقال اقضى القضاة الماوردي في كتابه الحاوى القراءة بالالحان الموضوعة ان اخرجت لفظ القرآن عن صيغته فهو حرام يفسق به القارئ ويأثم به المستمع لانه بدل به عن نهجة القويم الى الاعوجاج والله تعالى يقول قرأنا عربيا غير ذي عوج وان لم يخرجه اللحن عن لفظه وقراءته على ترتيله كان مباحا لانه زاد على الحانه في تحسينه.


Ada 2 kategori kesalahan membaca Al-quran.
1. Khata' Khafiy
2. Khata' Jaliy


selama tidak merubah Makna Al-Quran, dan tidak bermaksud melecehkan Al-quran menurut saya boleh-boleh saja.
malah bagus demi menambah kecintaan terhadap Negara.
Karena DALAM NIHAYATULQOULILMUFID HAL 18,menurut IMAM SYAFI'I..bacaan yg dilagukan boleh2 saja.asalkan tdk keluar dari batas bacaan alqur an.kalo sampe kluar terhukum harom.terhukum makruh jika terlalu panjang bacaan MADnya.dan harokatnya sehingga Fathah timbul alif, dhummah timbul wawu sukun, kasroh timbul ya sukun.atau mengidzghomkan bukan pd tempatnya.dan msh bnyak contohnya.
menyamakan Alquran dgn Macapat, atau syair, atau langgem itu sendiri. gtu maksdnya, nah ini yang tidak boleh
Saat alquran turun tidak pakai langgam, jadi mulai kapan membaca al quran dilanggamkan(qiroah)
Dlm Nihayavlqoulilmufid hal 18,,Bila hanya Salah baca efeknya tidak ke ma'na Menurut pendapat imam syafi'i makruh

Kronologi qiro'ah berasal dari PARA SHOKHABAT yg diajarkan oleh BAGINDA NABI SAW,kemudian turun ke TABI'IN..diantara nama nama dari imam imam bacaan ALQUR AN yg (7)Atau qiro atussab'ah beserta negaranya dan para perawi penerusnya ialah...(1)IMAM NAFI'..imam qori negara madinah,rowi penerusnya ialah imam qolun dan imam warsy,(2)IMAM IBNU KATSIR..imam qori negara makah,rowi penerusnya ialah imam al bazziy dan imam qonbul..(3)IMAM ABU 'AMAR,imam qori negara bashroh,rowi penerusnya ialah imam adduriy dan imam asy syusiy..(4)IMAM IBNU 'AMIR,imam qori negara syam,rowi penerusnya imam hisyam dan imam ibnu dzakwan..(5)IMAM 'ASHIM,imam qori negara kufah,rowi penerusnya imam syu'bah dan imam imam hafsh..(6)IMAM HAMZAH,imam qori negara kufah,rowi penerusnya imam cholaf dan imam chollad..(7)IMAM 'ALI AL KISA IY,imam qori negara kufah,rowi penerusnya imam abul kharits dan imam ad duriy..
      
Berarti banyak lagam cara membaca al Qur'an di indonesia " ada lagam jawa , sunda , batak , madura " perkiraan tahun 2035 atau 2040 , masing2 daerah memiliki lagam membaca al Qur'an dan tiap daerah membagakan lagam bacaanya "

waktu kholifah sayidina
Ustman bin Afan ra " beragam qiro'at , shohabat Hudaifah bin Yaman ra merasa khawatir , ada perpecahan karna membagakan qira'at masing2 " kemudian mengusulkan kepada kholifah Ustman bin Afan ra agar satu qiroat "

ini hanya sekedar masukan


membaca al qur'an dengan langgam jawa, kalau hanya lagunya menerut saya bagus2 saja yang pengting tidak meinggalkan tajwidnya....
malah menurut MH Ainun najib dengan memebaca Al qur'an menggunaka langgam jawa menunjukkan kedaulatan kita sebagai orang jawa, tambah lagi menurut KH. A. Mustofa Bisri kita ini bukan orang islam yang kebetulan ada di Indonesia (jawa) tetapi orang indonesia (jawa) yang beragama islam...


Rektor IIQ: Tak Ada Dalil Larangan Baca Qur'an dengan Langgam Budaya


Muslimedianews.com ~ Cara membaca Alquran merupakan hasil karya seni manusia yang dirangkum dalam kallamullah. Hal tersebut tidak bertentangan dengan ajaran Islam melainkan lahir da
ri seni budaya masyarakat tertentu.

"Ini adalah perpaduan yang baik antara seperti langit kallamullah yang menyatu dengan bumi yakni budaya manusia. Itu sah diperbolehkan,"kata Rektor Institut Ilmu Alquran, Ahsin Sakho, Ahad (17/5/2015).

Hanya saja, Ahsin melanjutkan, bacaan pada langgam budaya harus telap berpacu seperti yang diajarkan Rasul dan para sahabatnya. Dalam hal ini, tajwid dalam hukum bacaannya. "Panjang pendeknya, mahrojnya," kata dia.

Ahsin mengungkapkan, saat ini masyarakat Indonesia hanya mengenal satu pintu dalam mendengarkan cara melantunkan Alquran. Seluruhnya terangkum dalam tujuh seni dalam membaca Al-Quran yakni Bayyati, Shoba, Nahawand, Hijaz, Rost, Sika, dan Jiharka.

Dalam Ketujuh jenis itu terdapat tingkatan dan variasi nada yang berbeda. "Sejarah cara melantunkan Alquran ini berasal dari Iran. Banyak orang Arab yang banyak belajar ke Parsi, Iran. Mekipun ada 40 jenis cara membaca tapi yang dinilai layak hanya tujuh ini,"ungkapnya.

Ahsin mengkisahkan, langgam bacaan Alquran berasal dari Iran ketika itu orang Makkah dan Madinah sedang membersihkan Kabah. Di sana ada orang Farsi yang sedang melantunkan bacaan langgam nada lagu asal negerinya tu.

"Ketika itu orang Makkah menerapkannya ke dalam bacaan Alquran dan ternyata merdu didengar. Sejak saat itu pun lahirlah lagu sarqi yang bernuansa ketimuran," kata dia.

Dalam melantunkan Alquran, kata Ahsin, ada yang bernada sedih dan bernada gembira dalam membaca setiap surah di dalamnya. "Itu akan lebih bermakna dan bagus. Misalkan saat menjelaskan Neraka ataupun surga,"ujar Ahsin.

Ahsin kembali menjelaskan, cara membaca Alquran yang mengacu pada langgam budaya Indonesia sangat diperbolehkan dan tidak ada dallil shohih yang melarang hal demikian. Hanya saja, dia melanjutkan, dirinya belum pernah mendengar Jawabul Jawab di dalam langgam Cina, atau pun di Indonesia.

"Tetapi jika hanya sekedar langgam Jawa, Sumatra, Sunda, melayu dan lainnya itu sah saja selama memperhatikan hukum bacaan semestnya. Itu kratifitas budaya nya," kata dia.


علوم القرآن

الإتقان في علوم القرآن

جلال الدين عبد الرحمن بن أبي بكر السيوطي

دار الكتاب العربي
سنة النشر: 1419هـ / 1999م
رقم الطبعة: ---
عدد الأجزاء: جزءان



مسألة: الجزء الأول
مسألة : يسن تحسين الصوت بالقراءة وتزيينها : لحديث ابن حبان وغيره : زينوا القرآن بأصواتكم .

[ ص: 351 ] وفي لفظ عند الدارمي : حسنوا القرآن بأصواتكم ، فإن الصوت الحسن يزيد القرآن حسنا .

وأخرج البزار وغيره حديث : حسن الصوت زينة القرآن .

وفي أحاديث صحيحة كثيرة .

فإن لم يكن حسن الصوت حسنه ما استطاع ، بحيث لا يخرج إلى حد التمطيط .

وأما القراءة بالألحان : فنص الشافعي في المختصر أنه لا بأس بها ، وعن رواية الربيع الجيزي : أنها مكروهة .

قال الرافعي : قال الجمهور : ليست على قولين ، بل المكروه أن يفرط في المد ، وفي إشباع الحركات حتى يتولد من الفتحة ألف ، ومن الضمة واو ، ومن الكسرة ياء ، أو يدغم في غير موضع الإدغام ، فإن لم ينته إلى هذا الحد فلا كراهة .

قال في زوائد الروضة : والصحيح أن الإفراط على الوجه المذكور حرام يفسق به القارئ ويأثم المستمع ; لأنه عدل به عن نهجه القويم . قال وهذا مراد الشافعي بالكراهة .

قلت : وفيه حديث : اقرءوا القرآن بلحون العرب وأصواتها ، وإياكم ولحون أهل الكتابين وأهل الفسق ، فإنه سيجيء أقوام يرجعون بالقرآن ترجيع الغناء والرهبانية ، لا يجاوز حناجرهم مفتونة قلوبهم وقلوب من يعجبهم شأنهم . أخرجه الطبراني والبيهقي .

[ ص: 352 ] قال النووي : ويستحب طلب القراءة من حسن الصوت والإصغاء إليها للحديث الصحيح ، ولا بأس باجتماع الجماعة في القراءة ولا بإدارتها ، وهي أن يقرأ بعض الجماعة قطعة ثم البعض قطعة بعدها .
 
Saya kira sudah cukup, meskipun saya sendiri kurang nyaman dengan Taghonni bil Langgam, tambahkan keterangan ttg :

- Lahn = ?
- Tamthith = ?
- Tarannum = ?

dan istilah lain yg berkaitan, supaya tidak terlalu berbeda persepsinya, kalo persepsinya beda, jadi melebar .. tambah selese2 urusannya.

 
Semoga bermanfaat. 

Catatan :
Tambahan: hadits diatas para ulama menghukuminya dlaif
Bahkan Syekh Al-Albani juga menghukumi dhoif:

إقرؤا القرآن بلحون العرب وأصواتها وإياكم ولحون أهل الكتابين وأهل الفسق فإنه
سيجيء بعدي قوم يرجعون بالقرآن ترجيع الغناء والرهبانية والنوح لا يجاوز حناجرهم مفتونة قلوبهم وقلوب من يعجبهم شأنهم 

(طس هب) عن حذيفة. [حكم الألباني] (ضعيف)


1. Di #sebelah = keterangan: Hadits diatas banyak Ulama Ahlusunnah walljamaah menghukumi dlaif bahkan Syekh Albani dari kalangan Ulama Wahabiyah juga mengatakan dlaif.Maksud hadits diatas dalam kitab المنح الفكريةditerangkan sebagai berikut
 
:المنح الفكرية
ص: 22.وفى الموطأ سنن النسائى عن حذيفة رضى الله عن النبى صلى الله عليه وسلم: "اقرؤوا القرآن بلحون العرب إياكم ولحون أهل الفسق والكتابيين - إلى أن قال- والمراد بألحان العرب القراءة بالطبائع والأصوات السليقة وبألحان أهل الفسق الأنغام المستفاد عن القواعد الموسيقية والأمر محمول على الكراهة إن حصل له معه المحافظة على صحة ألفاظ الحروف وإلا فمحمول علىالتحريم. اه
Yang dimaksud dengan ‘’lagu orang arab ialah bacaan yang alami dan suara yang asli, dan yang dimaksud dengan irama orang-orang fasiq ialah lagu-lagu yang dipelajari dari aturan-aturan music, dan bacaan-bacaanini(dengan tanpa menggunakan lagu orang arab) hukumnya makruh jika tetap menjaga tajwidper hurufnya, jika tidak maka dapat mengarah ke haram.Jadi hadits diatas mengarah ke hukum makruh jika tetap menjagakaidah tajwid, .
 


2.  Kemudian hukum yang disampaikan ulama lainnya dalamkitab Raudlatu Atthalibin ialah
:روضة الطالبين الجزء الحادى عشر ص: 227وأما تحسين الصوت بقراءة القرآن فمسنون وأما القراءة بالألحان فقال فى المختصر لا بأس بها وعن رواية الربيع بن سليمان الجيزى أنها مكروه
ة قالجمهور الأصحاب ليست على قولين بل المكروه أن يفرط فى المد وفى إشباع الحركات حتى تتولد من الفتحة ألف ومن الضم واو ومن الكسرة ياء أو يدغم موضع الإدغام فإن لم ينته إلى هذا الحد فلا كراهة وفى أمالى السرخسى وجه أنه لا يكره وإن أفرط قلتالصحيح أنه إذا أفرط على الوجه المذكور فهو حرام صرح به صاحب الحاوى فقال هو حرام يفسق به القارىء ويأثم المستمع لأنه عدل به عن لهجة التقويم وهذا مراد الشافعى بالكراهة. اهـ
Artinya: Memperindah bacaan alqur’an itu disunnahkan, sedangkan jika membaca dengan memakai irama/lagu maka dalam kitab Almukhtashar dijawab tidak apa-apa, dan dari riwayat Arrabi’ bin saliman aljaizi bahwasanya hal tersebut hukumnya makruh. Pernyataan makruh ini dibantah oleh mayoritas ulama syafii dan mereka berpendapat bahwa tidak ada 2 hukum(makruh dan jawaz/tidak apa-apa) akan tetapi bisa makruh jika terlalu memanjangkan mad dan memanjangkan harakat (satu harakat dibaca 2 harakat atau lebih) dan seterusnya…..


3. dari kitab Ihya
:العاشر تحسين القرأة وترتيلها بترديد الصوت من غير تمطيط مفرط يغير النظم فذلك سنة قال صلى الله عليه وسلم "زينوا القرأن بأصواتكم"__وقال صلى الله عليه وسلم "ليس منا من لم يتغن بالقرأن" فقيل أراد به الإستغناء وقيل أراد به الترنم وترديد الأل
جان به وهو أقرب عند أهل اللغة.إحياء علوم الدين ١/٢٨٠
Artinya: memperindah Qiraah dantartil dengan suara yang menggema(lagu) tanpa memanjang yang berlebihan yang dapat merubah aturan bacaan maka hal ini hukumnya sunnah , dan seterusnya….Dengan melihat dalil dali diatas maka Hukum asli membaca al-qur’an dengan lagu-lagu(langgam) ialah Sunnah menurut satu qaul dan jawaz menurut qaul yang lain, kecuali jika sampai merubah kaidah tajwid dan makna maka bisa makruh bahkan bisa haram.


4. ==== 《《《《
المجموع شرح المهذب (20/231)(فصل)ويستحب تحسين الصوت بالقرآن لما روى الشافعي رحمه الله بإسناده عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال: ما أذن الله لشئ كإذنه لنبى حسن الترنم بالقرآن، وروى حسن الصوت بالقرآن، وروى البراء بن عازب رضىالله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: حسنوا القرآن بأصواتكم، وقال عليه الصلاة والسلام (ليس منا من لم يتغن بالقرآن) وحمله الشافعي على تحسين الصوت وقال: لو كان المراد به الاستغناء بالقرآن لقال من لم يتغان بالقرآن.وأما القراءة بالالحان فقد قال في موضع أكرهه، وقال في موضع آخر لا أكرهه وليست على قولين وإنما هي على اختلاف حالين، فالذي قال أكرهه أراد أذا جاوز الحد في التطويل وادغام بعضه في بعض، والذى قاللا أكرهه إذا لم يجاوز الحد.

silahkan disimak dawuh Ulama, semoga mencerahkan..

الحكم الثاني: هل تجوز قراءة القرآن بالتلحين؟

أمر الله جلّ ثناؤه بترتيل القرآن {وَرَتِّلِ القرآن تَرْتِيلاً} أي اقرأه على تؤده وتمهل وتبين حروف، بحيث يتمكن السامع من استيعابه وتدبر معانيه. ولا خلاف بين العلماء أن قراءة القرآن بالترتيل بمعنى التجويد، وهو تبيين الحروف، وتحسين المخارج، وإظهار المقاطع حسن مطلوب، إنما الكلام في التغنّي به وتلحينه هل هو جائز أم ممنوع؟
وقد اختلفت فيه آراء الأئمة الفقهاء، تبعاً لاختلاف الصحابة والتابعين، ونحن نذكر مذاهبهم مع أدلة كلّ فريق بشيء من التفصيل، فنقول ومن الله نستمدّ العون:

مذاهب الفقهاء في القراءة بالتلحين:
أولاً: مذهب (المالكية والحنابلة) : كراهة القراءة بالتلحين، وهو منقول عن (أنس بن مالك) و (سعيد بن المسيّب) و (سعيد بن جبير) و (القاسم بن محمد) و (الحسن البصري) و (إبراهيم النخعي) و (ابن سيرين) .
ثانياً: مذهب (الحنفيّة والشافعية) : جواز القراءة بالتلحين، وهو منقول عن: (عمر بن الخطاب) و (ابن عباس) و (ابن مسعود) و (عبد الرحمن بن الأسود بن زيد) وقد ذهب إليه من المفسرين (أبو جعفر الطبري) و (أبو بكر بن العربي) . 628

أدلة المذهب الأول:
أ - حديث: «أقرءوا القرآن بلحون العرب وأصواتهم، وإيّاكم ولحونَ أهل الكتاب والفسق، فإنه يجيءُ من بعدي أقوام يرجّعُون بالقرآن ترجّع الغناء والنوح، لا يجاوز حناجرهُمْ، مفتونةٌ قلوبُهم وقلوبُ الذين يعجبهم شأنُهم» .
فقد نعى عليه السلام على من يرجّع بالقرآن ترجيع الغناء والنوح على نحو ما يفعله أكثر قرّاء هذا العصر.
ب - حديث: «يتخذون القرآن مزامير، يقدّمون أحدهم ليس بأقرئهم ولا أفضلهم ليغنّيَهم غناءً» .
ج - حديث: «إنّ الأذانَ سهلٌ سمحٌ، فإن كان أذانُك سهلاً سمحاً وإلاَّ فلا تؤذّن» قالوا: فقد كره النبي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم َ أن يطرب المؤذن في أذانه، فدلّ ذلك على أنه يكره التطريب في القراءة بطريق الأولى.
د - وقالوا أيضاً: إن التغنّي والتطريب يؤدي إلى أن يزاد على القرآن ما ليس منه، وذلك لأنه يقتضي مدّ ما ليس بممدود، وهمز ما ليس بمهموز، وجعل الحرف الواحد حروفاً كثيرة وهو لا يجوز، هذا إلى أن التلحين من شأنه أن يلهي النفوس بنغمات الصوت، ويصرفها عن الاعتبار والتدبر لمعاني القرآن الكريم.
وقد سئل (مالك) عن الألحان في الصلاة فقال: لا تعجبني، وقال: إنما هو غناء يتغنّون به ليأخذوا عليه الدراهم.
وروي عن الإمام (أحمد) أنه كان يقول: قراءة الألحان ما تعجبني، والقراءة بها بدعة لا تسمع. 629 وسئل: ما تقول في القراءة بالألحان؟ فقال للسائل: ما اسمك؟ قال: محمد، قال له: أيسرّك أن يقال لك: يا موحامد ممدوداً؟

أدلة المذهب الثاني:
واستدل المجيزون للقراءة بالتلحين وهم (الحنفية والشافعية) بأدلة نوجزها فيما يلي:
أ - حديث:
«زينوا القرآن بأصواتكم» .
ب - حديث: «ليس منّا من لم يتغنّ بالقرآن» .
ج - حديث عبد الله بن مغفّل قال: (لقد أعطيتَ مزماراً من مزامير آل داود) فقال له أبو موسى: (لو علمت أنك تسمع لحبّرته لك تحبيراً) .
هـ - حديث: «ما أذِنَ الله لشيء أذنَه لنبي حسن الصوت يتغنى بالقرآن» .
ووقالوا أيضاً: إنّ الترنّم بالقرآن والتطريب بقراءته من شأنه أن يبعث على الاستماع والإصغاء، وهو أوقع في النفس، وأنفذ في القلب وأبلغ في التأثير. 630
وقد روى الطبري: عن عمر بن الخطاب أنه كان يقول لأبي موسى الأشعري: ذكّرنا ربنا، فيقرأ أبو موسى ويتلاحن فيقول عمر: من استطاع أن يتغنى بالقرآن غناء أبي موسى فليفعل.
وكان ابن مسعود: تعجبه قراءة (علقمة الأسود) - وكان حسن الصوت - فكان يقرأ له علقمة، فإذا فرغ قال له: زدني فداك أبي وأمي.
هذه خلاصة موجزة لأدلة الفريقين، وأنت إذا أمعنت النظر وجدت أن الخلاف بينهم يكان يكون (شكلياً) لا (جوهرياً) فالفقهاء جميعاً متفقون على حرمة قراءة القرآن بالأنغام، التي لا تراعى فيها أحكام التجويد، كمدّ المقصور، وقصر الممدود، وترقيق المفخّم، وتفخيم المرقق، وإظهار ما ينبغي إدغامه، وإخفاء ما ينبغي إظهاره ... إلخ، والتي يكون الغرض منها (التطريب) وإظهار جمال الصوت فحسب دون تقيّد بالأحكام وآداب التلاوة، كما يفعله بعض الجهلة من قراء هذا العصر، فإن هذا لا يشك أحد في تحريمه.
أما إذا كان المراد ب (التلحين) هو تحسين الصوت بالقراءة وإخراج الحروف سليمة من مخارجها، دون تعقر أو تمطيط، مع تطبيق أحكام التجويد ومراعاة الوقوف والمدود فإن هذا لا يقول أحد بتحريمه، لأن الصوت الحسن يزيد في جمال القرآن، وله أثر في نفس الإنسان، وقد استمع النبي عَلَيْهِ الصَّلَاة وَالسَّلَام ُ إلى قراءة بعض أصحابه، فأعجب بحسن صوته حتى قال لأبي موسى الأشعري: «لقد أعطيتَ مزماراً من مزامير آل داود» والله الموفق والهادي إلى سواء السبيل.

Sumangga dipun rahapi.


Terimakasih.


Hukum Sunnah Baca AlQuran Dengan Langgam Jawa Dan Dilagukan Yang Indah


Bacaan ayat-ayat suci Al Quran dalam peringatan Isra Mi’raj di Istana Negara menimbulkan pro dan kontra. Dalam pembacaan Al Quran yang dibacakan oleh qari Muhammad Yasser Arafat tersebut, ia membaca dengan menggunakan lagu langgam khas macapat Jawa yang dinamakan ‘Langgam Nusantara.’ Seperti biasa yang membuat kontra dan membesar-besarkan justru media-media yang mengaku islami namun sama sekali tidak mencerminkan sikap keislaman.

Mari kita kaji dengan kepala dingin dan tentu melalui kajian Ulama yang ahli dalam menggali hukum AlQuran dan Hadits yang terbukukan  dalam ‘’Kitab Kuning’’, namun sebelum kitab kuning mari kita baca hadits berikut:

فقد روى الترمذي أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: «اقرءوا القرآن بلحون العرب وأصواتها، وإياكم ولحون أهل الكتاب والفسق، فإنه سيجيء بعدي أقوام يرجعون بالقرآن ترجيع الغناء والنوح لا يجاوز حناجرهم، مفتونة قلوبهم وقلوب الذين يعجبهم شأنهم».


Bacalah Al Quran dengan lagu dan suara orang arab. Jauhilah lagu/irama Ahli Kitab dan orang orang fasiq. Nanti akan ada orang datang setelahku membaca Al Quran seperti menyanyi dan melenguh, tidak melampau tenggorokan mereka. Hati mereka tertimpa fitnah, juga hati orang yang mengaguminya. (HR. Tarmidzi)
-Keterangan: Hadits diatas banyak Ulama Ahlusunnah walljamaah menghukumi dlaif bahkan Syekh Albani dari kalangan Ulama Wahabiyah juga mengatakan dlaif.

Maksud hadits diatas dalam kitab المنح الفكرية diterangkan sebagai berikut:

المنح الفكرية ص: 22.


وفى الموطأ سنن النسائى عن حذيفة رضى الله عن النبى صلى الله عليه وسلم: "اقرؤوا القرآن بلحون العرب إياكم ولحون أهل الفسق والكتابيين - إلى أن قال - والمراد بألحان العرب القراءة بالطبائع والأصوات السليقة وبألحان أهل الفسق الأنغام المستفاد عن القواعد الموسيقية والأمر محمول على الكراهة إن حصل له معه المحافظة على صحة ألفاظ الحروف وإلا فمحمول على التحريم. اه


Yang dimaksud dengan ‘’lagu orang arab ialah bacaan yang alami dan suara yang asli, dan yang dimaksud dengan irama orang-orang fasiq ialah lagu-lagu yang dipelajari dari aturan-aturan music, dan bacaan-bacaan ini(dengan  tanpa menggunakan lagu orang arab) hukumnya makruh jika tetap menjaga tajwid per hurufnya, jika tidak maka dapat mengarah ke haram.

Jadi hadits diatas mengarah ke hukum makruh jika tetap menjaga kaidah tajwid, tidak haram sebagaimana yang diberitakan media-media lain.

Kemudian hukum yang disampaikan ulama lainnya dalam kitab Raudlatu Atthalibin ialah:

روضة الطالبين الجزء الحادى عشر ص: 227


وأما تحسين الصوت بقراءة القرآن فمسنون وأما القراءة بالألحان فقال فى المختصر لا بأس بها وعن رواية الربيع بن سليمان الجيزى أنها مكروهة قال جمهور الأصحاب ليست على قولين بل المكروه أن يفرط فى المد وفى إشباع الحركات حتى تتولد من الفتحة ألف ومن الضم واو ومن الكسرة ياء أو يدغم موضع الإدغام فإن لم ينته إلى هذا الحد فلا كراهة وفى أمالى السرخسى وجه أنه لا يكره وإن أفرط قلت الصحيح أنه إذا أفرط على الوجه المذكور فهو حرام صرح به صاحب الحاوى فقال هو حرام يفسق به القارىء ويأثم المستمع لأنه عدل به عن لهجة التقويم وهذا مراد الشافعى بالكراهة. اهـ


 Artinya: Memperindah bacaan alqur’an itu disunnahkan, sedangkan jika membaca dengan memakai irama/lagu maka dalam kitab Almukhtashar dijawab tidak apa-apa, dan dari riwayat Arrabi’ bin saliman  aljaizi bahwasanya hal tersebut hukumnya makruh. Pernyataan makruh ini dibantah oleh mayoritas ulama syafii dan mereka berpendapat bahwa tidak ada 2 hukum(makruh dan jawaz/tidak apa-apa) akan tetapi bisa makruh jika terlalu memanjangkan mad dan memanjangkan harakat (satu harakat dibaca 2 harakat atau lebih) dan seterusnya…..

Dan juga dari kitab Ihya:

العاشر تحسين القرأة وترتيلها بترديد الصوت من غير تمطيط مفرط يغير النظم فذلك سنة قال صلى الله عليه وسلم "زينوا القرأن بأصواتكم"__وقال صلى الله عليه وسلم "ليس منا من لم يتغن بالقرأن" فقيل أراد به الإستغناء وقيل أراد به الترنم وترديد الألجان به وهو أقرب عند أهل اللغة.إحياء علوم الدين ١/٢٨٠


Artinya: memperindah Qiraah dan tartil dengan suara yang menggema(lagu) tanpa memanjang yang berlebihan yang dapat merubah aturan bacaan maka hal ini hukumnya sunnah , dan seterusnya….
membaguskan bacaan alqur'an dgn memperindah suara dan pake lagu hukumnya sunah dgn syarat tdk memanjangkan bacaan yg menyebabkan berubahnya dan susunan ayat. :

.العاشر تحسين القرأة وترتيلها بترديد الصوت من غير تمطيط مفرط يغير النظم فذلك سنة قال صلى الله عليه وسلم "زينوا القرأن بأصواتكم"__وقال صلى الله عليه وسلم "ليس منا من لم يتغن بالقرأن" فقيل أراد به الإستغناء وقيل أراد به الترنم وترديد الألجان به وهو أقرب عند أهل اللغة.إحياء علوم الدين ١/٢٨٠
Rosululloh SAW bersabda; Laisa minnaa man lam yataghonna bil qur an. bukan dari golongan kami, org yg tidak mmbaguskan alqur an dgn suaranya.. dgn catatan tdk berlebihan palagi sampai merusak makhoorijul huruf nya.. Alloh berfiman : WAROTTIL ALQUR A~NA TARTIILAA

ورتل القرآن ترتيلا
Tartil = baca dengan bagus dengan lagu dengan ketentuan-ketentuan tajwid..

Tartiilaa = dengan sebagus2 nya..

Sebenarnya Membaca alqur'an itu ada 3 cara :

1. QIRO'at BIT TAGHONNI.. Seperti qiro'at muammar..

2. QIRO'AT BIT TARTIL..seperti bacaannya syeh muhammad..

3. QIRO'at HADZR.. Seperti bacaan cepat ketika khataman (muqoddaman)

Dan semua itu d perboleh kan dagn syarat harus mengikuti ketentuan-ketentuan tajwid nya
Dengan melihat dalil dali diatas maka Hukum asli membaca al-qur’an dengan lagu-lagu(langgam) ialah Sunnah menurut satu qaul dan jawaz menurut qaul yang lain, kecuali jika sampai merubah kaidah tajwid dan makna maka bisa makruh bahkan bisa haram.

Wallahu a’lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar