Minggu, 29 Juni 2014

Qunut (Komplet)

http://pustaka.islamnet.web.id/Bahtsul_Masaail/pissktb/index.html#1214__sikap_makmum_dalam_bacaa 

Membalikkan tangan saat Qunut.
Aldy Maula
assalamu alaikum wr wb,...
Bgmn hukumnya membalikan telapak tangan ketika do'a qunut nazilah,...?
Bukankah itu suatu gerakan,...?

JAWABAN
Masaji Antoro 
Walaikumsalam wr wb
وَالسُّنَّةُ أَنْ يُشِيرَ بِظَهْرِ كَفَّيْهِ إلَى السَّمَاءِ في كل دُعَاءٍ لِرَفْعِ بَلَاءٍ وَبِبَطْنِهِمَا إنْ سَأَلَ شيئا أَيْ تَحْصِيلَهُ لِأَنَّهُ صلى اللَّهُ عليه وسلم اسْتَسْقَى وَأَشَارَ بِظَهْرِ كَفَّيْهِ إلَى السَّمَاءِ رَوَاهُ مُسْلِمٌ وَقِيسَ بِالِاسْتِسْقَاءِ ما في مَعْنَاهُ 
“Yang disunahkan menjadikan punggung kedua telapak tangannya kelangit dalam setiap doa yang mengandung ‘menghilangkan musibah’ dan sunah menjadikan perut kedua telapak tangan saat berdoa ‘mendapatkan sesuatu’ “karena rosulullah Shollallaahu alai wa sallaama memohon siraman (saat sholat istisqo) dan menjadikan punggung kedua telapak tangannya kelangit” (HR Muslim) dan di analogkan terhadap sholat istisqo setiap doa yang mengandung ‘menghilangkan musibah’’.
Asnaa Almathoolib I/293
Apa tidak membatalkan sholat ?
Selama gerakan tersebut di ajarkan oleh nabi maka tidak membatalkan sholat, gerakan yang dapat membatalkan sholat adalah gerakan yang tidak berhubungan dengan sholat dan diajarkan Nabi Muhammad Shollaalahu alai wa sallaama
وقضيته أنه يجعل ظهرهما إلى السماء عند قوله وقنا شر ما قضيت 
وهو كذلك عند الجمال الرملي وأفتى والده بأنه لا يسن ذلك لأن الحركة في الصلاة ليست مطلوبة 
ورد بأن محله فيما لم يرد وقد ورد ما ذكر 
والحكمة في جعل ظهرهما إليها عند ذلك أن القاصد دفع شيء يدفعه بظهور يديه بخلاف القاصد حصول شيء فإنه يحصله ببطونهما
I’aanah atthoolibiin I/159
 http://www.piss-ktb.com/2012/03/115-sholat-membalikkan-tangan-saat.html


2446. MENGERASKAN DAN MELIRIHKAN BACAAN DOA QUNUT

PERTANYAAN :
Skak Gax Mat
Assalamu'alaikum... mau nanya. doa qunut itu membacanya apakah dikeraskan semua atau sampe mana saja yang dikeraskan. (posisi imam)..??
JAWABAN :
Timur Lenk
Wa'alaikumussalam. Dalam berdo'a qunut di sunatkan bagi Imam dengan suara keras baik pada sholat jahriyyah maupun sirriyyah akan tetapi kerasnya kurang dari kerasnya bacaan fatihah dan surat pada sholat jahriyyah.
Bagi orang yang sholat sendirian berdo'a qunut dengan sirri (tidak keras) secara muthlak
Bagi makmum yang mendengar qunutnya imam cukup dengan meng-amin-i do'a qunutnya imam (meng-amin-inya dengan suara keras) , adapun pada tsana' (yaitu lafadz fa innaka taqdli walaa yuqdlo 'alaik dan seterusnya) makmum tidak mengamini tsana'nya imam tetapi ikut membacanya dengan suara lirih (tidak keras) atau membenarkannya dengan membaca Asyhadu atau Balaa wa ana 'alaa dzaalka minasy-syahidin atau dengan mendengarkannya saja (namun ikut membacanya lebih utama) kemudian setelah sampai pada bacaan sholawat makmum mengamini sholawatnya imam.
Bagi makmum yang tidak mendengar do'a qunutnya imam maka membaca do'a qunut sendiri dengan suara lirih (tidak keras)
Baca Minhaj al-qowim ibnu hajar a-Haitami (faslun fii sunan al-i'tidal)
"والجهر به للإمام" في الجهرية والسرية للاتباع ولكن الجهر به دون الجهر بالقراءة، وأما المنفرد فيسر به مطلقًا. "وتأمين المأموم" جهرًا إذا سمع قنوت إمامه "للدعاء" منه ومن الدعاء الصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم فيؤمن لها. "ويشاركه في الثناء" سرًا وهو: فإنك تقضي ولا يقضى عليك ... إلخ, فيقوله سرًا أو يقول: أشهد أو بلى وأنا على ذلك من الشاهدين أو نحو ذلك أو يستمع والأول أولى. "و" يسن "قنوته" سرًا "إن لم يسمع قنوت إمامه" كبقية الأذكار والدعوات التي لا يسمعها "ويقنت" ندبًا "في" اعتدال الركعة الأخيرة من "سائر" أي باقي "المكتوبات للنازلة" إذا نزلت بالمسلمين أو بعضهم إن عاد نفعه عليهم كالعالم والشجاع1 والخوف من نحو عدو ولو من المسلمين والقحط والجراد والوباء والطاعون ونحوها لما صح أنه صلى الله عليه وسلم فعل ذلك شهرًا2 لدفع ضرر عدوه عن المسلمين، وخرج بالمكتوبة النفل والمنذورة وصلاة الجنازة فلا يسن فيها
LINK ASAL :
https://www.facebook.com/groups/piss.ktb/permalink/609986599024152/?refid=18

1214. SIKAP MAKMUM DALAM BACAAN TSANA DI DOA QUNUT IMAM

PERTANYAAN :
Ayda Az-zahra
Mbak ni ada orang nitip pertanyaannya knp dlm shalat subuh imam kok membaca qunut sebagian aja hanya trs si makmum membaca aamiin dan melanjutkan kl ada tlg sundulin mbak makasih.
JAWABAN :
> EL-FaqiEr Fuady
‎2.قال البيجوری الاولی الجمع وهو ان يؤمن و يشارک فيها و يقول المأموم الثناء سرا وهو إنک لا يقضی الخ او يستمع لإمامه والأول اولی
کاشفة السجا ص : ٧٣
IMAM BAYJURI BERPENDPAT : yg lbih utam dlam qunut adlah mengumpulkan,mksudnya Si Makmum berkata : amiiin,dan berbarengan dgn ucapan imam dan makmum membaca tsna' (pujian) dngan pelan yaitu mulai lafad INNAKA TAQDHI WAL YUQDO .......sampai akhir. atau makmum cma mendengarkan imamnya saja. Dan yg lebih utama adalah yang pertama.
> Hadlro Maut
Bacaan amin oleh mamun krn yg dibaca imam adl doa. adpn mulai dr FAINNAKA... itu adl pujian kpd alloh dan dbaca sndiri2.
> Masaji Antoro
1. Dalam DOA QUNUT terdapat dua macam kandungan, doa dan tsanaa’ (puji-pujian).Saat imam membaca doa yang terdapat dalam doa qunut, sikap yang terbaik yang dilakukan makmum adalah mengamini doanya dengan suara keras, bila memang ia bisa mendengarkan bacaan qunut imamnya, bila tidak, ia disunahkan untu membaca doa qunut sendiri.
Saat imam membaca TSANAA’ yang terdapat dalam doa qunut, sikap yang dilakukan makmum adalah :
• Membaca doa TSANAA’ bersama imamnya secara pelan-pelan (ini sikap yang terbaik)
• Mendengarkan bacaan TSANAA’ imamnya
• Berkata ASYHADU – saya bersaksi (seperti keterangan al-Mutawally)
• Berkata SHODAQTA WA BARARTA – anda benar dan tepat (seperti keterangan al-Ghozaly)
Keterangan diambil dari :
( و ) أن ( يؤمن مأموم ) جهرا ( للدعاء ويقول الثناء ) سرا أو يستمع لإمامه كما في الروضة كأصلها أو يقول أشهد كما قاله المتولي والأول أولى ودليله الاتباع رواه الحاكم وأول الثناء إنك تقضي هذا
Dan hendaknya makmun mengamini dengan keras bacaan doa qunut imam, dan membaca doa tsana dengan pelan-pelan atau mendengarkan bacaan tsana imamnya (seperti dalam keterangan dikitab ar-Raudhah) atau makmum berkata “Asyhadu – Aku bersaksi” seperti pernyataan al-Mutawalli, sedang untuk yang pertama (membaca doa tsana dengan pelan-pelan) lebih baik (untuk dikerjakan) karena itbaa’ pada Nabi berdasarkan atas hadits yang diriwayatkan oleh al-Haakim.Permulaan doa tsana ialah “INNAKA TAQDHI........ dst”. [ Fath al-Wahhaab I/78 ].
( ويقول الثناء ) سرا وهو فإنك تقضي إلى آخره لأنه ثناء وذكر فكانت الموافقة فيه أليق وفي الروضة وأصلها أنه يقول الثناء أو يسكت وقال المتولي أو يقول أشهد وقال الغزالي أو صدقت وبررت
Dan bacalah doa TSANAA’ (puji-pujian) dengan pelan-pelan yakni mulai “INNAKA TAQDHI........ dst” karena yang sesuai keadaan adalah yang lebih layak, sedang dalam ar-Raudhah sebaiknya ia membaca doa TSANAA’ tersebut atau diam, alMutawally berkata “atau ia membaca ASYHADU”, al-Ghozali berkata “atau membaca SHODAQTA WA BARARTA”. [ Mughni al-Muhtaaj I/167 ].
http://www.facebook.com/groups/piss.ktb/permalink/360282127327935/
> Oigabus Preman Insaff
Asalamualaikom . .aq nanya ni om. . Mengapa imam kl wktu qunut berhenti d tngah2 lalu dlanjutin d akhir qunut? . .makasih
> Abdurrahman As-syafi'i
Wa'alaikum salam. Kalimat dalam qunut dibagi menjadi 3 :
1. Do'a yaitu kalimah Allahunahdini sampai waqinii syarro maa qodhoit
2. Tsana yaitu lafad fainnaka taqdhi
3. Sholawat yaitu lafad washola
Bagi imam dalam membaca qunut disunnahkan dgn suara keras meski dalam tsana sekalipun
و يسن الجهر به اى بما مر من القنوت ولو الثناء والصلاة والسلام للامام
بشرى الكريم ١/٨٠
"Dan disunahkan bagi imam untuk mengeraskan bacaan qunut walau dalam lafadz tsana,sholawa,dan salam sekalipun". [ Busyrol kariim juz 1 hal 80 ].
و يقول الماموم الثناء سرا و هو انك تقضى الخ او يستمع لامامه و الول اولى ...........اما الماموم الذى لم يسمع قنوت امامه لصممه او بعده عنه او عدم جهره به او سمغ صوتا لا يفهم فيقنت سرا
كاسغة السجا ٧٣
Dan makmum mengucapkan kalimat tsana dengan pelan atau mendengarkan bacaan tsana dari imam dan pendapat yg pertama yakni makmum membaca pelan adalah yg utama.Bagi makmum yg tidak bisa mendengarkan bacaan qunut imam karena tuli,atau imam tidak membaca dgn suara keras,atau dia mendengar tapi tidak begitu jelas maka hendaknya ia membaca qunut dgn sendiri dgn suara pelan.
Dengan demikian dalam literatur madzhab syafi'i bagi imam sunah membaca semua bagian qunut dgn suara keras,adapun yg disunahkan membaca pelan dalam hal tsana adalah makmum.
> Nur Hasyim S. Anam
وجَهْر به) أي القنوت، نَدْباً ، (إمامٌ) ولو في السِّرِّية، لا مأمومٌ لم يَسْمَعْهُ ومُنْفَرِدٌ فيُسِرّان به مُطْلقاً، (وأمَّنَ) جَهْراً (مأمومٌ) سَمِعَ قنوتَ إمامِهِ للدعاءِ منه. ومن الدُّعاءِ: الصلاةُ على النبي فيُؤمِّن لها على الأوْجَه. أما الثناءُ وهو: فإنَّكَ تَقْضِي ــــ إلى آخرِهِ ــــ فيقوله سِرّاً. أما مأمومٌ لم يَسْمَعْهُ أو سَمِعَ صَوْتاً لا يَفْهَمْهُ فيَقْنُت سِرّاًوجَهْر به) أي القنوت، نَدْباً ، (إمامٌ) ولو في السِّرِّية، لا مأمومٌ لم يَسْمَعْهُ ومُنْفَرِدٌ فيُسِرّان به مُطْلقاً، (وأمَّنَ) جَهْراً (مأمومٌ) سَمِعَ قنوتَ إمامِهِ للدعاءِ منه. ومن الدُّعاءِ: الصلاةُ على النبي فيُؤمِّن لها على الأوْجَه. أما الثناءُ وهو: فإنَّكَ تَقْضِي ــــ إلى آخرِهِ ــــ فيقوله سِرّاً. أما مأمومٌ لم يَسْمَعْهُ أو سَمِعَ صَوْتاً لا يَفْهَمْهُ فيَقْنُت سِرّاً
[ fathul muin ].
> Raden Mas NegeriAntahberantah
والإمام يجهر بالقنوت ، اتباعا للسنة ، ويؤمن المأموم للدعاء إلى قوله ; وقني شرما قضيت ، ويجهر به كما فى تأمين القراءة ، و يقول الثناء سرا بدءا من قوله ; فإنك تقضى .. الخ ; لأنه ثناء وذكر فكانت الموافقة فيه أليق ، أو يقول ; أشهد ، و الأول أولى ، وقال بعضهم ; الثانى أولى . فإن لم يسمع الإمام قنت ندبا معه سرا كسائر الدعوات و الأذكار التى لايسمعها.
[ Fiqhul Islami Wa adillatuh 1/814 ].
> Mbah Ceméng
السادسة إذا قنت الإمام فى الصبح هل يجهر بالقنوت فيه وجهان مشهوران عند الخراسانين وحكاهما جماعة من العراقيين ومنهم صاحب الحاوي أحدهما لا يجهر كالتشهد وكسائر الدعوات وأصحهما يستحب الجهر وبه قطع أكثر العراقيين يحتج له بالحديث الذي سنذكره إن شاء الله تعالى قريبا عن صحيح البخاري قى قنوت النازلة وبالقياس على ما لو سأل الرحمة أو إستعاذ من العذاب فى أثناء القرأة فإن المأموم يوافقه فى السؤال ولا يؤمن وبهذا استدل المتولي وأما المنفرد فيسر به بلا خلاف صرح به الماوردي والبغوي وغيرهما وأما المؤموم فإن قلنا لا يجهر الإمام قنت وأسر وان قلنا يجهر الإمام فان كان يسمع الإمام فوجهان مشهوران للخراسانين أصحهما يؤمن على دعاء الإما م ولا يقنت وبهذا قطع المصنف والاكثرون والثاني يتخير بين التأمين والقنوت فان قلنا يؤمن فوجهان أحدهما يؤمن فى الجميع وأصحهما وبه قطع الأكثرون يؤمن فى الكلمات الخمس التي هي دعاء وأما الثناء وهو قوله فإنك تقضي ولا يقضى عليك الى اخره فيشاركه فى قوله أو يسكت والمشاركة أولى لأنه ثناء وذكر لا يليق فيه التأمين وإن كان لا يسمع الإمام لبعد او غيره وقلنا لو سمع لأمن فهنا وجهان أصحهما يقنت والثاني يؤمن وهما كالوجهين فى إستحباب قرأة السورة إذا لم يسمع قرأة الإمام هذا كله فى الصبح ( المجموع شرح المهذب ج : 3 ص : 502 )
http://www.facebook.com/groups/piss.ktb/423175917705222/

http://pustaka.islamnet.web.id/Bahtsul_Masaail/pissktb/index.html#1214__sikap_makmum_dalam_bacaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar