BACAAN DI HARI IED
Dalam Kitab Tuhfatul Ikhwan fi Qira`atil Mi’ad fi Rajab wa Sya’ban wa Ramadhan karya Syeikh Ahmad bin Hijazi al Fasyani, halaman 117:
Menghidupkan Malam Hari Raya.
Dalam Kitab Tuhfatul Ikhwan fi Qira`atil Mi’ad fi Rajab wa Sya’ban wa Ramadhan karya Syeikh Ahmad bin Hijazi al Fasyani, halaman 117:
وَعَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ قَالَ سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ يَوْمَ الْعِيْدِ ثَلَثَمِائَةِ مَرَّةٍ وَأَهْدَاهَا لِأَمْوَات الْمُسْلمِيْنَ دَخَلَ فِيْ كُلِّ قَبْرٍ أَلْفُ نُوْرٍ، وَيَجْعَلُ اللهُ تَعَالَى فِيْ قَبْرِهِ إِذَا مَاتَ أَلْفَ نُوْرٍ
Dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam: “Barang siapa pada hari Ied membaca:
dan dia hadiahkan bacaan tersebut untuk orang-orang Islam yang telah meninggal maka masuklah didalam setiap qubur 1000 cahaya, dan ketika dia meninggal, Allah SWT menjadikan 1000 cahaya untuk orang tersebut didalam quburnya”.(HR, Abu Dawud)
Wallaahu A’lam
Teryeta juga ada dlm Kitab Tanbohul ghofilin imam abu laits asdamarqan ra,dan ihya ulumiddin,imam hujjatul islam alghozaly ra.
Silakan dicek dlm tanbihul ghofilin dan ihya..
سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ
SUBHAANALLAAHI WA BIHAMDIHII 300 Xdan dia hadiahkan bacaan tersebut untuk orang-orang Islam yang telah meninggal maka masuklah didalam setiap qubur 1000 cahaya, dan ketika dia meninggal, Allah SWT menjadikan 1000 cahaya untuk orang tersebut didalam quburnya”.(HR, Abu Dawud)
Wallaahu A’lam
Teryeta juga ada dlm Kitab Tanbohul ghofilin imam abu laits asdamarqan ra,dan ihya ulumiddin,imam hujjatul islam alghozaly ra.
Silakan dicek dlm tanbihul ghofilin dan ihya..
Menghidupkan Malam Hari Raya.
Sebenarnya malam hari raya bukanlah malam untuk bergembira dengan kembang api atau mercon atau sekadar jalan-jalan sebagaimana banyak dilakukan masyarakat saat ini. Malam hari raya sebenarnya juga merupakan malam yang baik untuk beribadah dan bermunajah kepada Allah. Malam dua hari raya (malam idul fitri dan malam idul adha) merupakan malam mustajabah doa.
Disunatkan menghidupkan dua malam hari raya (malam idul fitri dan malam idul adha)
Banyak hadits-hadits Rasulullah yang menganjurkan untuk menghidupkan kedua malam hari raya;Rasulullah SAW bersabda :
من أحيا ليلتي العيدين أحيا الله قلبه يوم تموت القلوب
Ungkapan Rasulullah SAW “dihidupkan hati” merupakan kiasan dari keselamatan di hari akhirat di mana pada hari akhirat banyak hati yang binasa yang diungkapkan oleh Rasulullah dengan matinya hati.
Dalam hadits yang lain Rasulullah bersabda:
من أحيا الليالي الأربع وجبت له الجنة؛ ليلة التروية، وليلة عرفة، وليلة النحر، وليلة الفطر
Imam al-Hifni mengatakan bahwa menghidupkan malam minimalnya adalah melaksanakan shalat Isya secara berjamaah dan bercita-cita shalat subuh juga secara berjamaah, tetapi yang dimaksudkan disni adalah menghidupkan sebagian besar malam dengan beribadah memperbanyak shalat atau berzikir untuk mendapatkan fadhilah tersebut (wajib surga baginya).
Khalifah ‘Umar bin Abdul Aziz pernah mengirim surat kepada pegawai beliau di Bashrah yang berisi:
عليك بأربع ليال من السنة فإن الله يفرغ فيهن الرحمة إفراغا أول ليلة من رجب وليلة النصف من شعبان وليلة الفطر وليلة الأضحى
Selain itu malam hari raya juga merupakan malam yang mustajabah doa. Imam Syafi'i juga meriwayatkan hadits Rasulullah :
بلغنا أنه كان يقال إن الدعاء يستجاب في خمس ليال في ليلة الجمعة وليلة الأضحى وليلة الفطر وأول ليلة من رجب وليلة النصف من شعبان
Amalan di Siang hari Raya.
Imam al-Wana`i dalam risalahnya mengatakan “bahwa siapa saja yang beristighfar pada hari raya setelah shalat shubuh seratus kali, maka tidak akan tinggal dalam buku catatannya sedikitpun dari dosa kecuali akan dihapus dari buku catatannya dan di hari kiamat kelak ia akan aman dari azab Allah. dan barang siapa membaca :سبحان الله وبحمده
Dalam satu hadits yang lain Rasulullah bersabda:
زيّنوا العيدين بالتهليل والتقديس، والتحميد والتكبير
Imam az-Zuhri berkata:
من قال في كل واحد من العيدين: لا إله إلا الله وحده لا شريك له، له الملك وله الحمد يُحيي ويُميت، وهو حيّ لا يموت، بيده الخير وهو على كل شيء قدير (أربعمائة مرة) قبل صلاة العيد زوّجه الله تعالى أربعمائة حوراء، وكأنما أعتق أربعمائة رقبة، ووكل الله تعالى به الملائكة يبنون له المدائن، ويغرسون له الأشجار إلى يوم القيامة
Siapa yang berkata pada setiap malam kedua hari raya;
لا إله إلا الله وحده لا شريك له، له الملك وله الحمد يُحيي ويُميت، وهو حيّ لا يموت، بيده الخير وهو على كل شيء قدير
Imam az-Zuhri berkata: tidak pernah saya meninggalkan mengamalkannya semenjak saya mendengarnya dari Saidina Anas bin Malik. Beliau berkata; tidak pernah saya meninggalkannya semenjak mendengarnya dari Rasulullah SAW.
Mengucapkan Selamat Hari Raya (Tahniah)
Salah satu amalan baik yang dianjurkan dalam hari raya adalah tahniah (mengucap selamat) hari raya. Imam al-Hafidh Ibnu Hajar al-Asqalani pernah ditanyakan tentang landasan hukum tahniah ini. Jawaban tersebut beliau tuangkan dalam sebuah risalah singkat tentang tahniah pada hari raya dan hari lainnya. Kitab tersebut bisa di download di SINI.
Kesimpulan dari jawaban Ibnu Hajar adalah hukum tahniah hari raya adalah sunat dan memang merupakan satu hal yang dianjurkan oleh syara’. Hal ini berdasarkan beberapa hadits Rasulullah SAW tentang anjuran mengucapkan taqabbalallahu minna wa minkum bagi sesama. Walaupun hadits-hadits ini dhaif namun al-Hafidh Ibnu Hajar mengatakan bahwa kumpulan hadits-hadits tersebut masih bisa dijadikan sebagai hujjah dalam hal-hal ini (fadhilah a’mal).
al-Hafidh Ibnu Hajar juga menjelaskan bahwa kesunnahan tahniah juga masuk dalam keumuman perintah sujud syukur dan sebagaimana kisah taubatnya Ka’ab bin Malik, salah satu shahabat Rasulullah SAW yang diceritakan dalam shahihain. Ketika mendengar berita dari Rasulullah SAW bahwa taubat Ka’ab telah Allah terima, shahabat Rasulullah, Thalhah bin Ubaidillah langsung berdiri dan mengucapkan selamat.
Kami segenap keluarga besar Prabu Agung Alfayed, mengucapkan ;
Tidak ada komentar:
Posting Komentar