Selasa, 17 Maret 2015

Hukum mengankat tangan dalam sholat

Dalil Yang Mewajibkan SholatAssalamu'alaikum,
akhi wa ukhti, teman anna ada yang mau tanya Mazhab Syafi'i
1. Pada rakaat 3 dari duduk ta'hiyat awal, apa saat mau berdiri takbiratul ihram (mengangkat tangan) lagi?
2. Pada duduk ta'hiyat, untuk mazhab syafi'i menggunakan lafaz sayyidina atau tidak?
3. Saat setelah salam apa harus tangan mengusap muka (seperti sesudah doa)?
Bisa tolong sertakan dalilnya.
Syukran, Jazakumullah atas perhatian, waktu dan jawaban

JAWABAN
Inilah dalil dalil ayat Al-qur’an yang mewajibkan sholat antara lain:

dalil
Artinya:
“Dan dirinkanlah sholat dan keluarkan zakat,dan tundukanlah rukuk bersama orang orang yang pada rukuk”

Wa'alaikum salam,
Takbir yang dimaksud bukan Takbirotul Ihrom, tapi Takbir Intiqol
Betul, mengucapkan takbir dan mengangkat dua tangan saat berdiri dari tasyahud awal hukumnya SUNAH

الفقه على المذاهب الأربعة - 1/224

الشافعية قالوا: الأكمل في السنة هو رفع اليدين عند تكبيرة الإحرام، والركوع والرفع منه، وعند القيام من التشهد الأول حتى تحاذي أطراف أصابعه أعلى أذنيه، وتحاذي إبهاماه شحمتي أذنيه؛ وتحاذي راحتاه منكبيه؛ للرجل والمرأة، أما أصل السنة فتحصل ببعض ذلك

Syafi'iyyah : Termasuk sunah hay-aat adalah Mengangkat kedua tangan ketika takbirotul ihrom,ketika hendak ruku',ketika berdiri dari ruku',dan ketika berdiri dari Tasyahud awal.

wallahu a'lam.

Ketika bangun dari tasyahud awal SUNAH mengangkat kedua tangan
Dalam kitab "At-Taqrirot As-Sadidah Fi Masa'ilil Mufidah" Kami dapat ta'bir seperti berikut

. ثانيا السنن التي في اثناء الصلاة كثرة.وقد تقدم أنها تنقسم إلى قسمين:هيىأت و أبعاض 1.رفع اليدين: ويسن في أربعة مواضع:عند تكبيرة الإحرام, عند الركوع, عند الإعتدال, عند القيام من التشهد الأول. و يفوت وقتها بانتهاء التكبير


Menambahi Sayyidina Dalam Sholawat Sholat


PERTANYAAN
Assalamualaikum,
ane mau nanya...bagaimana hukum menambah lafadz Sayyid dalam membaca shalawat kpd Rasulullah ?

JAWABAN
Waalaikumsalam wr wb

Menurut kalangan Madzhab Hanafi dan Syafi’i seperti Imam Romli, Imam Qolyubi, Imam Syarqowi, Imam Hadhkafi, ibnu ‘Abidin menyatakan sunah untuk menjaga etika terhadap nabi Muhammad Shollallaahu ‘alaihi wa sallaama

( أَوَّلاً )

التَّسْوِيدُ مِنَ السِّيَادَةِ

تَسْوِيدُ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :

اخْتَلَفَ الْفُقَهَاءُ فِي حُكْمِ تَسْوِيدِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الصَّلاَةِ ، وَحُكْمِ تَسْوِيدِهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي غَيْرِ الصَّلاَةِ .


أ - فِي الصَّلاَةِ :

7 - وَرَدَ لَفْظُ الصَّلَوَاتِ الإِْبْرَاهِيمِيَّةِ فِي كُتُبِ الْحَدِيثِ وَالْفِقْهِ مَأْثُورًا عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ غَيْرِ ذِكْرِ ( سَيِّدِنَا ) قَبْل اسْمِهِ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ . وَأَمَّا إِضَافَةُ لَفْظِ ( سَيِّدِنَا ) فَرَأَى مَنْ لَمْ يَقُل بِزِيَادَتِهَا الاِلْتِزَامَ بِمَا وَرَدَ عَنْهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لأَِنَّ فِيهِ امْتِثَالاً لِمَا وَرَدَ عَنْهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ غَيْرِ زِيَادَةٍ فِي الأَْذْكَارِ وَالأَْلْفَاظِ الْمَأْثُورَةِ عَنْهُ ، كَالأَْذَانِ وَالإِْقَامَةِ وَالتَّشَهُّدِ وَالصَّلاَةِ الإِْبْرَاهِيمِيَّةِ .

وَأَمَّا بِخُصُوصِ زِيَادَةِ ( سَيِّدِنَا ) فِي الصَّلاَةِ الإِْبْرَاهِيمِيَّةِ بَعْدَ التَّشَهُّدِ ، فَقَدْ ذَهَبَ إِلَى اسْتِحْبَابِ ذَلِكَ بَعْضُ الْفُقَهَاءِ الْمُتَأَخِّرِينَ كَالْعِزِّ بْنِ عَبْدِ السَّلاَمِ وَالرَّمْلِيِّ وَالْقَلْيُوبِيِّ وَالشَّرْقَاوِيِّ مِنَ الشَّافِعِيَّةِ ، وَالْحَصْكَفِيِّ وَابْنِ عَابِدِينَ مِنَ الْحَنَفِيَّةِ مُتَابَعَةً لِلرَّمْلِيِّ

الشَّافِعِيِّ ، كَمَا صَرَّحَ بِاسْتِحْبَابِهِ النَّفَرَاوِيُّ مِنَ الْمَالِكِيَّةِ .

وَقَالُوا : إِنَّ ذَلِكَ مِنْ قَبِيل الأَْدَبِ ، وَرِعَايَةُ الأَْدَبِ خَيْرٌ مِنَ الاِمْتِثَال ، كَمَا قَال الْعِزُّ بْنُ عَبْدِ السَّلاَمِ (1) .


ب - فِي غَيْرِ الصَّلاَةِ :

8 - أَجْمَعَ الْمُسْلِمُونَ عَلَى ثُبُوتِ السِّيَادَةِ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَى عَلَمِيَّتِهِ فِي السِّيَادَةِ . قَال الشَّرْقَاوِيُّ : فَلَفْظُ ( سَيِّدِنَا ) عَلَمٌ عَلَيْهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ . وَمَعَ ذَلِكَ خَالَفَ بَعْضُهُمْ وَقَالُوا : إِنَّ لَفْظَ السَّيِّدِ لاَ يُطْلَقُ إِلاَّ عَلَى اللَّهِ تَعَالَى ؛ لِمَا رُوِيَ عَنْ أَبِي نَضْرَةَ عَنْ مُطَرِّفٍ قَال : قَال أَبِي : انْطَلَقْتُ فِي وَفْدِ بَنِي عَامِرٍ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقُلْنَا : أَنْتَ سَيِّدُنَا ، فَقَال : السَّيِّدُ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى . قُلْنَا : وَأَفْضَلُنَا فَضْلاً وَأَعْظَمُنَا طَوْلاً ، قَال : قُولُوا بِقَوْلِكُمْ أَوْ بَعْضِ قَوْلِكُمْ ، وَلاَ يَسْخَرْ بِكُمُ الشَّيْطَانُ . (2) وَفِي حَدِيثٍ آخَرَ أَنَّهُ جَاءَهُ رَجُلٌ قَال : أَنْتَ سَيِّدُ قُرَيْشٍ ، فَقَال صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : السَّيِّدُ اللَّهُ . (3)

قَال ابْنُ الأَْثِيرِ فِي النِّهَايَةِ : أَيْ هُوَ الَّذِي يَحِقُّ لَهُ السِّيَادَةُ ، كَأَنَّهُ كَرِهَ أَنْ يُحْمَدَ فِي وَجْهِهِ ، وَأَحَبَّ التَّوَاضُعَ . وَمِنْهُ الْحَدِيثُ لَمَّا قَالُوا : أَنْتَ سَيِّدُنَا ، قَال : قُولُوا بِقَوْلِكُمْ أَيِ ادْعُونِي نَبِيًّا وَرَسُولاً كَمَا سَمَّانِي اللَّهُ ، وَلاَ تُسَمُّونِي سَيِّدًا كَمَا تُسَمُّونَ رُؤَسَاءَكُمْ ، فَإِنِّي لَسْتُ كَأَحَدِهِمْ مِمَّنْ يَسُودُكُمْ فِي أَسْبَابِ الدُّنْيَا .

وَأَضَافَ ابْنُ مُفْلِحٍ إِلَى مَا سَبَقَ : وَالسَّيِّدُ يُطْلَقُ عَلَى الرَّبِّ ، وَالْمَالِكِ ، وَالشَّرِيفِ ، وَالْفَاضِل ، وَالْحَكِيمِ ، وَمُتَحَمِّل أَذَى قَوْمِهِ ، وَالزَّوْجِ ، وَالرَّئِيسِ ، وَالْمُقَدَّمِ .

وَقَال أَبُو مَنْصُورٍ : كَرِهَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يُمْدَحَ فِي وَجْهِهِ وَأَحَبَّ التَّوَاضُعَ لِلَّهِ تَعَالَى ، وَجَعَل السِّيَادَةَ لِلَّذِي سَادَ الْخَلْقَ أَجْمَعِينَ . وَلَيْسَ هَذَا بِمُخَالِفٍ لِقَوْلِهِ لِسَعْدِ بْنِ مُعَاذٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ حِينَ قَال لِقَوْمِهِ الأَْنْصَارِ : قُومُوا إِلَى سَيِّدِكُمْ (4) أَرَادَ أَنَّهُ أَفْضَلُكُمْ رَجُلاً وَأَكْرَمُكُمْ . وَأَمَّا صِفَةُ اللَّهِ جَل

___________________


(1) رد المحتار على الدار المختار 11 / 345 ، والفواكه الدواني على رسالة القيرواني 2 / 464 ، والقليوبي 1 / 167 ، وشرح الروض 1 / 166 ، وحاشية الشرقاوي على تحفة الطلاب 1 / 21 ، 193 ، والمغني لابن قدامة 1 / 541 - 542 - 543 - ونيل الأوطار 2 / 326 ، والقول البديع في الصلاة على الحبيب الشفيع ص 101 ، وفتاوى ابن حجر العسقلاني نقلا عن " إصلاح المساجد من البدع والعوائد " للقاسمي 140 ط ( 5 ) والمكتب الإسلامي .

(2) حديث : " قولوا بقولكم أو بعض قولكم . . . " أخرجه أبو داود ( 5 / 155 - ط عزت عبيد دعاس ) . وقال ابن حجر في الفتح ( 5 / 179 - ط السلفية ) : رجاله ثقات .

(3) حديث : " السيد الله " أخرجه أحمد ( 4 / 24 - ط الميمنية ) . من حديث مطرف بن عبد الله بن الشخير وإسناده صحيح .

(4) حديث : " قوموا إلى سيدكم " أخرجه البخاري ( 6 / 165 - الفتح - ط السلفية ) .


Almausuu’ah Alfiqhiyyah alkuwaitiyyah XI/246247

****************************************************

السيادة لمحمد صلّى الله عليه وسلم : قال الحنفية والشافعية (1) : تندب السيادة لمحمد في الصلوات الإبراهيمة؛ لأن زيادة الإخبار بالواقع عين سلوك الأدب، فهو أفضل من تركه. وأما خبر «لا تسودوني في الصلاة» فكذب موضوع (2) . وعليه: أكمل الصلاة على النبي وآله: «اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد، كما صليت على سيدنا إبراهيم وعلى آل سيدنا إبراهيم، وبارك على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد، كما باركت على سيدنا إبراهيم، وعلى آل سيدنا إبراهيم في العالمين، إنك حميد مجيد» (3) .

__________

(1) الدر المختار:479/1، حاشية الباجوري:162/1، شرح الحضرمية: ص47.

(2) أسنى المطالب في أحاديث مختلفة المراتب للحوت البيروتي: ص253.

(3) خص إبراهيم بالذكر، لأن الرحمة والبركة لم يجتمعا في القرآن لنبي غيره، قال تعالى: {رحمة الله وبركاته عليكم أهل البيت}


Menambahkan lafadz sayyid untuk Muhammad Shallallaahu ‘alaihi wa sallama :
Kalangan Madzhab Hanafiyah dan syafi’iyyah menyunahkan menambah ‘’SAYYID” untuk Muhammad Shallallaahu ‘alaihi wa sallama dalam sholawat ibrohimiyyah demi menjaga adab kesopanan terhadap beliau, lebih utama ditambahkan ketimbang tidak (lihat adDur alMukhtaar I/479, Hasyiyah alBaajuri I/162 dan Syarh Alhadhromiyyah Hal 47) sedang hadits “janganlah menyebutkan kata sayyid untuk ku di dalam solat” adalah hadits bohong dan maudhu’ (Lihat Asna Almathoolib halaman 253)

Dengan demikian sholawat Ibrohimiyyah yang paling sempurna adalah :

” «اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد، كما صليت على سيدنا إبراهيم وعلى آل سيدنا إبراهيم، وبارك على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد، كما باركت على سيدنا إبراهيم، وعلى آل سيدنا إبراهيم في العالمين، إنك حميد مجيد”


Nabi Ibrahim khusus disebut dalam sholawat ini karena barokah dan rahmat tidak ditutur dalam alquran secara bersamaan kecuali hanya pada beliau (tidak pada nabi yang lain) seperti dalam Firman Allah Ta’aalaa
”Rahmat Allah dan berkat-Nya, dicurahkan atas kamu wahai ahlulbait”

Fiqh Al-Islaam Wa adillatuhu II/94

الصلاة على النبي صلّى الله عليه وسلم في غير الصلاة: أما الصلاة على النبي في غير الصلاة فهي مندوبة، لا واجبة، فقد حكى الطبري الإجماع على أن محمل الآية على الندب. وقال الحنفية (4) : هي فرض مرة واحدة في العمر، والمذهب أنه تستحب على التكرار كلما ذكر النبي صلّى الله عليه وسلم ، ولو اتحد المجلس في الأصح وعليه الفتوى.

__________

(4) الدر المختار:480/1، تبيين الحقائق وحاشية الشلبي:108/1


 Wallaahu A'lamu Bis Showaab


Mengusap Wajah Setelah Salam


Assalaamu'alaikum... Kesunnahan mengusap wajah usai salam, mohon diuraikan berikut referensinya.. trims

Wa'alaikum salam ... Usai mengucapkan salam disunnahkan membaca istighfar 3X kemudian mengusap sisi jidat dan wajahnya dengan tangan kanannya seraya mengucapkan " ASYHADU AN LAA ILAAHA ILLA HUWA ARROHMAANU ARROHIIMU.. ALLOHUMMA ADZHIB 'ANNII ALHAMMA WALCHAZANA"

ATTAQRIIROOTU ASSADIIDAH > HAL 252 > SAYYID HASAN ALKAFF

Waalaikumsalam wr wb

قال ابن السني : أخبرنا سلام بن معاذ ، حدثنا حماد بن الحسن بن عنبسة ، حدثنا أبو عمر الحوضي ، حدثنا سلام المدائني ، عن زيد العمي ، عن معاوية بن قرة ، عن أنس بن مالك رضي الله عنه قال : « كان رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا... قضى صلاته مسح جبهته بيده اليمنى ، ثم قال : : أشهد أن لا إله إلا الله الرحمن الرحيم ، اللهم أذهب عني الحزن »

Ibnu Sinny berkata : Bercerita kepadaku salam Bin Mu’adz, dari Hammad bin Hasan Bin ‘Anbasah dari Abu Umar al-Khoudhy dari Salam al-madaa-iny dari Zaid ‘Amy dari Mu’awiyah Bin Qurroh dari Sahabat Anas Bin Malik Ra dia berkata “Adalah Rosulullah shallallahu alaihi wa sallam saat usai sholatnya mengusap dahi dengan tangan kanan beliau seraya berdoa “Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah yang Pengasih dan Penyayang, Ya Allah hilangkan kesedihan dariku”
(Majallah albuhuus islaamiyyah 65/360}

 فائدة ) قال النووي في الأذكار وروينا في كتاب ابن السني عن أنس رضي الله عنه كان رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا قضى صلاته مسح وجهه بيده اليمنى ثم قال أشهد أن لا إله إلا هو الرحمن الرحيم اللهم أذهب عني الهم والحزن اه

FAEDAH
Imam Nawawy berkata dalam kitab Al-Adzkaar :
Aku melihat dalam kitab Imam Ibnu Sinny dari riwayat Sahabat Anas Bin Malik Ra dia berkata “Adalah Rosulullah shallallahu alaihi wa sallam saat usai sholatnya mengusap wajah dengan tangan kanan beliau seraya berdoa “Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah yang Pengasih dan Penyayang, Ya Allah hilangkan kesedihan dan kegelisahan dariku”
(Iaanah atThoolibin I/184)

فائدة : روى ابن منصور : أنه كان إذا قضى صلاته مسح جبهته بكفه اليمنى ثم أمرَّها على وجهه حتى يأتي بها على لحيته الشريفة وقال : "بسم الله الذي لا إله إلا هو عالم الغيب والشهادة الرحمن الرحيم ، اللهم أذهب عني الهم والحزن والغم ، اللهم بحمدك انصرفت ، وبذنبي اعترفت ، أعوذ بك من شرِّ ما اقترفت ، وأعوذ بك من جهد بلاء الدنيا وعذاب الآخرة"

FAEDAH
Ibnu Mansyur meriwayatkan bahwa beliau saat usai sholat mengusap dahi dengan telapak tangan kanan kemudian beliau gerakkan kearah wajah hingga sampai pada jenggotnya yang muia seraya berdoa “Dengan menyebut asma Allah yang tiada Tuhan selainNya, Yang Mengetahui yang Ghoib dan nyata Yang Pengasih dan Penyayang, Ya Allah hilangkan kesedihan, kegelisahan dan kesusahan dariku, Ya Allah dengan memujiMu aku berpaling (selesai dari sholat), dengan dosaku aku mengakui, aku berlindung kepadaMu dari kejelekan yang telah aku perbuat dan aku berlindung kepadaMu dari keadaan berat dunia dan siksa akhirat”
(Bughyah alMustarsyidiin I/99)

Wallaahu A'lamu Bis Showaab
---------------------------------------------------------------------------------------------------

Bacaan Ketika Rukuk I’tidal Sujud dan Duduk Antara Dua Sujud

Assalamualaikum Wr.Wb berjumpa lagi dengan kami, gimana kabar sahabat sahabat semua, mudah mudahan selalu berada lindungan Allah yah, dalam kesempatan ini kami akan memberikan ulasan informasi tentang Bacaan Ketika Rukuk I’tidal Sujud dan Duduk Antara Dua Sujud, untuk informasinya sendiri sudah kami rangkum dibawah ini

Rukuk

Setelah membaca surat lalu anda mengangkat kedua belah jempol tangan anda setinggi telinga anda seraya membaca”Allahu Akbar”, terus badannya membungkuk, lalu kedua tangannya memegang lutut dan ditekankan antara punggung dan kepala anda agar rata, setelah sempurna bacalah tasbih sebagi berikut:

bacaan tasbih rukuk
bacaan tasbih rukuk
Artinya:
“Maha Suci Tuhan Yang Maha Agung serta memujilah aku kepada-Nya”

I’tidal

Setelah rukuk,terus bangkitlah tegak dengan mengangkat kedua belah tangan setantang telinga,seraya membaca sebagai berikut

I'tidal
I'tidal
Artinya:
“Allah mendengar orang yang memuji-Nya”

Pada waktu berdiri tegak (I’tidal) terus membaca:

I'tidal 2

I'tidal 2
Artinya:
“Ya Allah Tuhan kami,Bagi-Mu segala puji,sepenuh langit dan bumi,dan sepenuh barang yang Kau hendaki sesudah itu”

Sujud

Setelah I’tidal terus sujud (tersumgkur ke bumi)dengan meletakkan dahi ke bumi dan ketika turun seraya membaca”Allahu akbar” dan setelah sujud membaca tasbih sebagi berikut

sujud
bacaan tasbih rukuk
Artinya:
 “Maha Suci Tuhan Yang Maha Tinggi serta memujilah aku kepada-Nya”

Duduk Antara Dua Sujud

Duduk Antara Dua Sujud
Artinya: 
“Ya Allah,ampunilah dosaku,belas kasihinilah aku dan cukuplah segala kekuranganku da angkatlah derajatku dan berilah rezeki kepadaku,dan berilah aku petunjuk dan berilah kesehatan padaku dan berilah ampunan kepadaku”

Demikianlah ulasan artikel Bacaan Ketika Rukuk I’tidal Sujud dan Duduk Antara Dua Sujud yang bisa kami kasih untuk sahabat semua,dan baca juga ulasan informasi seputar Cara Mengerjakan Sholat Yang Khusu yang kami posting sebelumnya,dan mudah mudahan informasi ini bisa menambah pengetahuan anda semua tentang tuntunan sholat,atas kunjungan kami ucapkan banyak terima kasih

Posisi tangan sewaktu I’tidal apakah sedakep atau di lepas?

Terjadi perbedaan pendapat tentang kesunnahan bersedekap atau tidaknya tangan sewaktu I’tidal.
dua hadits yang dipergunakan sebagian ulama untuk menunjukkan sunnahnya perbuatan ini.

كَانَ النَّاسُ يُؤْمَرُوْنَ أَنْ يَضَعَ الرَّجُلُ يَدَهُ الْيُمْنَى عَلَى ذِرَاعِهِ الْيُسْرَى فِيْ الصَّلاَةِ


"Orang-orang dahulu diperintahkan untuk meletakkan tangan kanannya di atas hasta tangan kirinya dalam shalat". [HR. Bukhari]. 

catatan : 

Hadis inilah yang menjadi bahan perbedaan dalam memahaminya, menurut Imam Syafi'i hadis ini untuk dalam sholat kecuali i'tidal, Nanun mazdhab lain hadis ini berlaku untuk i'tidal.


كَانَ إِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ اسْتَوَى حَتَّى يَعُوْدَ كُلُّ فَقَارٍ مَكَانَهُ


"Apabila mengangkat kepalanya (bangkit dari ruku'), maka beliau Saw meluruskan (badannya) hingga semua rangkaian tulang belakangnya kembali ke posisinya". [HR. Bukhari].

Kedua hadits di atas tidak secara jelas menunjukkan hukum perbuatan tersebut. Oleh karena itu, para ulama berbeda pendapat dalam mensikapi permasalahan sedekap, dan perbedaan pendapat ini sudah berlangsung sejak zaman Imam Ahmad bin Hambal.
Sedang memurut Imam Syafi'i dalam kitab Al-Umm dan dalam literatur kitab-kitab Fiqh Syafi'iyyah yang lain posisi tangan sewaktu i'tidal yang lebih utama dilepas (tidak bersedekap) kecuali bila dikhawatirkan terjadi 'abats (mengganggu konsentrasi dalam sholat). 
Wallahu A'lam

Terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar