Selasa, 15 Agustus 2017

Lagu Indonesia raya dan lagu perjuangan versi bahasa Arab



Assalaamu'alaikum....
Menyambut HUT RI ke 72 mari kita tanamkan semangat rasa cinta kepada bangsa dan negara dengan semboyan "NKRI HARGAMATI" dengan panduan "ISLAM NUSANTARA" yang penuh santun kepada seluruh alam.

Nikamat kemerdekaan wajib kita syukuri, Allah berfirman :

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ


Dan (ingatlah) ketika Rabbmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat. [Ibrâhîm/14:7]

Allâh Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

وَمَا بِكُمْ مِنْ نِعْمَةٍ فَمِنَ اللَّهِ ۖ ثُمَّ إِذَا مَسَّكُمُ الضُّرُّ فَإِلَيْهِ تَجْأَرُونَ


Dan segala nikmat yang ada padamu (datangnya) dari Allâh, kemudian apabila kamu ditimpa kesengsaraan, maka kepada-Nyalah kamu meminta pertolongan.” [An-Nahl/16:53]

Allâh Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ


Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku. [Al-Baqarah/2:152]

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu dia berkata, Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اُنْظُرُوْا إِلَى مَنْ أَسْفَلَ مِنْكُمْ، وَلاَ تَنْظُرُوْا إِلَى مَنْ فَوْقَكُمْ، فَهُوَ أَجْدَرُ أَنْ لاَ تَزْدَرُوْا نِعْمَةَ اللهِ عَلَيْكُمْ.


Lihatlah kepada orang-orang yang lebih rendah daripada kalian, dan janganlah kalian melihat kepada orang-orang yang berada di atas kalian, karena yang demikian itu lebih patut bagi kalian, supaya kalian tidak meremehkan nikmat Allâh yang telah dianugerahkan kepada kalian.” 
(Hadits Shahih, diriwayatkan oleh al-Bukhâri (no. 6490); Muslim (no. 2963 (9)), dan ini lafazhnya; At-Tirmidzi (no. 2513); Dan Ibnu Majah (no. 4142)).

Perlu kita ketahui bahwa, Naskah pada koran Sin Po (1928) Lagu Indonesia Raya diciptakan oleh WR Supratman dan dikumandangkan pertama kali di muka umum pada Kongres Pemuda 28 Oktober 1928 di Jakarta (pada usia 25 tahun), dan disebarluaskan oleh koran Sin Po pada edisi bulan November 1928.
Sejak diumumkan rakyat Indonesia menyanyikan lagu "Indonesia Raya", Namun malang setiap kali rakyat menyanyikan lagi perjuangan tersebut Belanda selalu membahk dan membunuh. Sehingga para kyai berpikir keras bagaimana cara untuk menanggulangi hal tersebut.

Inilalh merupakan bukti betapa para Kyai dan Santri NU berjuang mengusir penjajah dan meraih kemerdekaan serta mempertahankan kemerdekaan.
Dimasa penjajahan rakyat Indonesia tidak mudah untuk menyayikan lagu Indonesia Raya atau lagu perjuangan lainya untuk membangkitkan rasa cinta tanah air. Pasalnya kalau ada rakyat yang menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan bahasa Indonesia maka akan ditembak mati oleh Belanda. Karena Belanda tahu artinya kalau lagu "Indonesia raya" dan lagu perjuangan lainnya dinyanyikan masih dengan bahasa Indonesia.
Untuk mensiasati itu para kyai menerjemahkan kedalam bahasa arab dan menyanyikan disetiap pasantren disaat mau pembukaan pengajian, sehingga Belanda tidak tahu kelau itu lagu "Indonesia Raya" untuk membangkitkan semangat perjuangan mengusir dan mempertahankan kemerdekaan.

Dengan menyenyikan lagu "Indonesia raya" dan lagu "perjuangan lainya" menggunakan bahasa arab, Belanda mengira para kyai dan santri sedang melantungkan sholawatan keagamaan bukan lagu perjuangan. Sehingga lagu "Indonesia Raya" versi arab menyebar kerakyat pada waktu itu.

Berikut ini lagu Indonesia raya versi arab dan terjemahnya :

اندونسيا العُظمَى

Indonesia Raya

اندونسيا هى بِلادي

Indonesia tanah airku

أرضَى مَسقَطُ رأسي

Tanah tumpah darahku

ها هناك أنا قائمٌ

Di sanalah aku berdiri

بِحِفظِ الوَطَنِ الأُم

Jadi pandu ibuku

اندونسيا هي لَشَعبي

Indonesia kebangsaanku

هي وطنِ بلادي

Bangsa dan tanah airku

هَيَا دَومًا في النِداءِ

Marilah kita berseru

اندونسيا في الوَحدِ

Indonesia bersatu

أحيا الله الوَطَنِي أحي الله بلدي

Hiduplah tanahku hiduplah negriku

شَعبِ رَعِيَةِ بالجَميعِ

Bangsaku rakyatku semuanya

فَلتَعِش روحها مَليَعِش جِسمُها

Bangunlah jiwanya bangunlah badannya

نَحوَى اندونسيا العُظمَى

Untuk indonesia raya

اندونسيا العظمَى حرِيا...حريا...

Indonesia raya merdeka...merdeka...

وطني بلدي المحبوب

Tanahku negriku yang ku cinta

اندونسيا اعظمى حريا...حريا...

Indonesia raya merdeka...merdeka...

احيَ الله اندونسيا العُظمَى

Hiduplah Indonesia raya.


Sangat Cinta Tanah Air, 2 Ulama NU ini Ciptakan Lagu Kemerdekaan


Dunia pesantren mengenal rabithah (hubungan guru-murid) yang sangat kuat. Guru selalu menjadi inspirasi para santri-santrinya yang pernah mengaji. Demikian pula guru, selalu senang jika melihat para santrinya sukses berkhidmah di tengah masyarakat luas. Tugas sebagai guru seakan tuntas memiliki generasi penerus. Santri juga merasa gembira karena dapat meneruskan manfaat ilmu dari para guru-gurunya.

Demikian pula tampaknya yang dirasakan oleh guru-murid yang sama-sama berjuang meraih kemerdekaan Republik Indonesia dan mendirikan Jam’iyyah Nahdlatul Ulama (NU). Siapakah dia? KHR Asnawi Kudus (1861-1959 M) dan KH Abdul Wahab Chasbullah (1888-1971). Dua tokoh pesantren ini dikenal sebagai sosok guru dan murid yang saling mendukung satu dan lainnya dalam segala hal perjuangan menegakkan Islam Ahlussunnah wal Jama’ah.

KHR Asnawi adalah salah seorang guru dari KH Abdul Wahab Chasbullah ketika mencari ilmu di Makkah bersama KH Bisri Sjansuri Jombang, KH Dahlan Pekalongan, KH Kamal Hambali Kudus, KH Mufid Kudus dan KH Ahmad Muchid Sidoarjo (Minan Zuhri: 1983). KHR Asnawi sangat lama bermukim di Makkah menjadi guru di Masjidil Haram dan mengajar ilmu agam di rumah pondokannya.

Demikian pula KH Abdul Wahab Chasbullah disebutkan mulai belajar di Makkah sejak usia 27 tahun dan mukim selama lima tahun (Ubaidillah Sadewa: 2014). Di antara guru Mbah Wahab selain KHR Asnawi selama belajar di Makkah adalah Syaikh Mahfudz Termas (tasawwuf dan ushul fiqih), Syaikh Mukhtaram Banyumas (Fathul Wahab), Syaikh Ahmad Khatib Minangkabau (fiqih), Syaikh Baqir Yogyakarta (manthiq), Syaikh Asy’ari Bawean (ilmu hisab), Syaikh Sa’id Al Yamani (nahwu), Syaikh Sa’id Ahmad Bakry Syatha (nahwu), Syaikh Abdul Karim Al Daghestany (Kitab Tuhfah), Syaikh Abdul Hamid Kudus (ilmu ‘arudl dan ma’ani) dan Syaikh Umar Bajened (fiqih).

Dari sisi nasab, kedua Kiai ini sama-sama keturunan dari Walisongo. KHR Asnawi keturunan dari Sunan Kudus Sayyid Ja’far Shodiq dan KH Abdul Wahab Chasbullah adalah keturuan dari Maulana Ishaq (ayahanda Sunan Giri). Sehingga sangat wajar, dalam bidang perjuangan dan keilmuan antara keduanya sangat memiliki kemiripan. Semangat dalam mencari ilmu dan ketegasan dalam menjalankan hukum agama juga menjadi komitmen keduanya.

Salah satu perjuangan yang tidak pernah dilupakan oleh kedua Kiai ini adalah dalam mengusir penjajah. Kekuatan ilmu dan santri yang dimilikinya, baik di Kudus dan Jombang digerakkan untuk mengusir penjajah dari bumi Indonesia. Kedaulatan Indonesia sangat dibela mati-matian. Apalagi penjajah hadir di bumi Indonesia sangat mengganggu hak asasi manusia dan membawa misi menghanguskan Islam yang sudah dipeluk oleh penduduk Indonesia.

Sejak masih ada di Makkah, KHR Asnawi dan KH Abdul Wahab Chasbullah sudah merancang bagaimana Indonesia yang terjajah oleh Belanda itu bisa merdeka. Mbah Asnawi bersama dengan Mbah Wahab, KH Abbas Jember dan KH Dahlan Kertosono mendirikan Sarekat Islam (SI) Cabang Makkah. Gerakan nasionalisme sudah digaungkan dari tanah haram dengan menguatkan eksistensi SI dalam merespon pergerakan nasional. Sepulangnya ke Indonesia, dua Kiai ini masih menggelorakan cinta tanah air dan bertekad mengusir penjajah.

KHR Asnawi yang merupakan Penasehat SI Cabang Kudus dengan gagah berani membuat fatwa: “Haram hukumnya menyamai pakaian Belanda (bercelana, berjas, berdasi dan bertopi)”. Fatwa ini diindahkan oleh semua penduduk Kudus dan sekitarnya. Dalam memperjuangkan hak muslim di Kudus, KHR Asnawi pernah dipenjara oleh Belanda, karena fitnah penjajah “geger pecinan”.

Dan justru dari balik jeruji penjara, dakwah KHR Asnawi semakin kuat dan semua santri membala mati-matian dengan membenci penjajah dan minta KHR Asnawi dibebaskan. Semangat kebangsaan ditanamkan oleh KHR Asnawi kepada murid-muridnya. Mbah Asnawi mendirikan organisasi dan madrasah sebelum kemerdekan: Jam’iyyatun Nashihin, Nahdlatul Ulama dan Madrasah Qudsiyyah.

Hal yang sama juga dilakukan oleh KH Abdul Wahab Chasbullah. Organisasi SI masih digeluti selama berada di Surabaya. Gerakan nyata Mbah Wahab dalam mendukung kemerdekaan sudah tidak perlu ditanyakan lagi. Kemerdekaan dan hengkangnya penjajah menjadi komitmen Mbah Wahab yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Indonesia, Islam dan kerukunan bangsa Indonesia perlu diwujudkan.

Persinggungan dan keakraban Mbah Wahab dengan Agus Salim, Ki Hadjar Dewantara, W. Wondoamiseno, Hendrick Sneevliet, Alimin, Muso, Abikusno Tjokrosujono dan Soekarno membuatnya semakin kuat merancang pergerakan cinta tanah air. Termasuk peran Mbah Wahab dalam mendirikan Islam Studie Club bersama Dr Soetomo pada 1920. Termasuk Mbah Wahab mulai mendirikan organisasi dan madrasah sebelum kemerdekaan: Tashwirul Afkar, Nahdlatul Wathan dan Nahdlatut Tujjar.

Karya Lagu Pesantren
Di antara wujud kebanggaan dan kecintaan KHR Asnawi dan KH Abdul Wahab Chasbullah ditunjukkan dengan karya seninya. Dua kiai ini dikenal sebagai sosok yang ‘alim dalam agama dan ahli membuat syi’ir (lagu khas pesantren berbahasa Arab). Apalagi dalam catatan sejarah, Mbah Wahab belajar ilmu ‘arudl (membahas cara membuat sya’ir berbahasa Arab) dengan KH Abdul Jalil sejak di Makkah. Dan dunia pesantren memang tidak pernah melupakan ilmu ‘arudl dan ilmu balaghah (badi’, ma’ani dan bayan).

Karya pesantren berupa syi’ir kemerdekaan yang dikarang oleh KHR Asnawi sudah sangat masyhur di kalangan santri Kudus. Syi’ir kemerdekaan (mudah disebut sebagai Lagu Kemerdekaan khas pesantren) itu adalah:

لَحُرَّةٌ فِي انْدُنْسِيَا * بَدَتْ لَدَى إِنْسَانِيَا

وَأَهْلُهَا مُنْفَرِحُوْ * نَ فَرَحًا أَبَدِيَا

لِنَيْلِهَا قَدْ جَاهَدُوْا * أَنْفُسَهُمْ مَا بَاقِيَا

تَحْتَ يَدَيْ كُولُونِيَالْ * يَابَانِ وَالـهُولَنْدِيَا

وَمِنْهُمُو قَدْ أُعْزِرُوْا * إِلَى دِيْكُولْ إِيْرِيَانْ جَايَا

وَمِنْهُمُو قَدْ أُدْخِلُوْا * فِي السِّجْنِ قَلْبًا مَرْضِيَا

فَإِنَّهُمْ قَدْ أَخْلَصُوا * خِدْمَتَهُمْ وَطَنِيَا

تَهْوِيْ إِلَيْهِمْ أَفْئِدَ * ةُ الشَّعْبِ عَوْنًا جَلِيَّا

لِأُمَّةٍ وَوَطَنٍ * يُقَدِّمُوْا بِلَادِيَا

جَزَاهُمُوْ إِلَـهُنَا * أَعْمَالَهُمْ مُرَبِّيَا

حُرِّيَّةَ الفِكْرِ الَّتِيْ * تَنَالُ دِيمُوْكْرَاسِيَا

عَدَالَةً خَيْرِيَّةً * عِمَارَةَ اقْتِصَادِيَا


Sungguh kemerdekaan telah jelas bagi bangsa Indonesia
Seluruh bangsa bergembira selamanya
Karena untuk mendapatkan itu dibutuhkan perjuangan total
Dibawah jajahan kolonial Jepang dan Belanda
Ada yang diasingkan di Digul Irian Jaya
Ada juga yang dipenjara dengan penuh kepedihan
Sungguh mereka benar-benar ikhlas mengkhidmahkan diri untuk negara
Jiwa kebangsaan menggerakkan mereka berjuang secara nyata
Demi bangsa dan negara
Semoga Tuhan membalas perjuangan mereka
Dengan menjaga kemerdekaan berpendapat yaitu demokrasi
Menuju kemakmuran keadilan sosial

Adapun lagu kebangsaan yang dikarang oleh KH Abdul Wahab Chasbullah sudah sangat masyhur dan akan menjadi “Lagu Perjuangan Nasional”, yaitu:

يَا لَلْوَطَن يَا لَلْوَطَن يَا لَلْوَطَن

حُبُّ الْوَطَن مِنَ الْإِيْمَان

وَلَا تَكُنْ مِنَ الْحِرْمَان

اِنْهَضُوْا أَهْلَ الْوَطَن

إِنْدُونَيْسيَا بِيْلَادِيْ

أَنْتَ عُنْوَانُ الْفَخَامَا

كُلُّ مَنْ يَأْتِيْكَ يَوْمَا

طَامِحًا يَلْقَ حِمَامَا


“Pusaka hati wahai tanah airku
Cintamu dalam imanku
Jangan halangkan nasibmu
Bangkitlah, hai bangsaku!
Indonesia negriku
Engkau Panji Martabatku
S’yapa datang mengancammu
‘Kan binasa dibawah dulimu!”

Karya Mbah Wahab ini ada yang menyebutkan dikarang sejak 1916 (versi Cak Anam) dan digemakan sejak 1934 (versi Ubaidillah Sadewa). Keduanya jelas menunjukkan bahwa karya lagu pesantren ini berada pada posisi sebelum kemerdekaan. Dalam buku “Masterpiece Islam Nusantara: Sanad dan Jejaring Ulama-Santri 1830-1945” karya Zainul Milal Bizawie (2016: 55) terdapat kalimat tambahan dalam karya Mbah Wahab, yakni:
Jangan kalian menjadi orang terjajah
Sungguh kesempurnaan dan kemerdekaan
Harus dibuktikan dengan perbuatan

Karya pesantren dari dua Kiai ini menjadikan nyata, bahwa komitmen Kiai dalam mendorong kemerdekaan dan merayakannya menjadi bagian yang utuh. Maka rasanya terharu sekaligus bangga mendengar "Yahlal Wathan" karya KH Abdul Wahab Chasbullah Jombang menjadi Lagu Nasional. Dan guru Kiai Wahab bernama KHR Asnawi Kudus juga memiliki Syi'ir Proklamasi Kemerdekaan, Shalawat Kebangsaan dan Syi'ir Nasionalisme menyambut IR Soekarno sebagai Presiden RI.

Zainul Milal Bizawie menegaskan bahwa: “Setiap langkah Mbah Wahab yang dinamis, beliau selalu meminta nasehat dan saran dari Kiai Asnawi Kudus. Apalagi dengan keberadaan KH Hasyim Asy’ari yang selalu hati-hati dan penuh pertimbangan. Dalam kedinamisan dan pergerakannya, Mbah Wahab selalu minta saran Mbah Asnawi yang lebih aktif dan dinamis”. Disinilah titik temu Mbah Asnawi dan Mbah Wahab. Keduanya menggambarkan isi hati dan muatan dakwah Islamnya dalam lagu-lagu yang isinya hampir memiliki kesamaan.

Hubungan guru & murid ini kompak dalam mendarmabaktikan ilmu 'arudl-nya untuk Indonesia dengan lagu-lagu kemerdekaan khas Pondok Pesantren. Mbah Asnawi dan Mbah Wahab adalah sosok Kiai yang benar-benar menunjukkan bahwa bangsa Indonesia itu harus pandai dan harus dihibur dengan lagu khas pesantren untuk menyemangati cinta bangsa sekaligus mengenang jasa para pahlawan. Semoga lahir Asnawi dan Wahab baru di bumi Nusantara ini. 

Link Vidio lagu Indonesia Raya
https://www.facebook.com/bachtiar.audhoh/videos/1592819700792873/https://www.facebook.com/bachtiar.audhoh/videos/1592819700792873/

Wallahu a’lam.
Semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. SYI'IR REFLEKSI KEMERDEKAAN RI
    Oleh : Al-Maghfur Lah Khadratussyekh K.H. Moh. Ilyas bin Assyarqawi, Generasi ke-2 Pengasuh PP. AN-NUQAYAH Guluk-Guluk, Sumenep, Madura. Beliau adalah santri Hadlratusy-Syekh KH. Moh. Kholil, Bangkalan dan KH. Moh. Hasyim Asy'ari, Tebuireng Jombang :

    بِاْلاِسْتِقْلاَلِ وَاْلبَرَكَاتِ أُهْدِي ¤
    لِحَضْرَتِكَ اْلهَنَاءَ مَعَ السَّلاَمِ
    Dalam rangka kemerdekaan dan melimpahnya keberkahan,
    Kupersembahkan kehadiratmu ucapan selamat serta sentosa
    وَأَرْجُوْ أَنْ يَعُوْدَ عَلَيْكَ دَوْمَا ¤
    بِـكُلِّ مَسَرَّةٍ فِي كُلِّ عَامِ
    Kuharap ucapan selamat itu terulang selalu untukmu, setiap tahun dengan penuh riang gembira
    لَقَدْ وَافَى كِتَابُكَ بِالتَّـهَانِي ¤
    بِالْاِسْتِقْلاَلِ مَعْ نَيْلِ اْلأَمَانِي
    Tibalah saatmu mendapat ucapan selamat atas terwujudnya kemerdekaan, dan tercapainya cita-cita
    لَعُمْرِي حُزْتَ سَبْقًا مُسْتَطَابَا ¤
    ومُكْتَسِيًا بِأَخْلاَقٍ حِسَانِ
    Sungguh kau telah memenangi taruhan dengan baik, dan dengan penuh keluhuran etika
    وَلِلْإِنْدُوْنِيْسِيِّيْنَ السُّرُوْرُ ¤
    بِيَوْمِ أَغُسْطُسْ فَرْحِي اْلجَناَنِ
    Bagi bangsa Indonesia merupakan suatu kebahagiaan
    Pada hari (17) Agustus bersuka cita
    بِمـَا آتَاهُـمُ اْلمَوْلَى الْكَرِيْمُ ¤
    مِنَ اْلأَلطَافِ فِي ذَاكَ اْلأَوَانِ
    Sebab anugerah Tuhan Yang Maha Mulia Pada saat itu, berupa limpahan karunia
    أدامَ اللهُ دَوْلَتَـهم جميعَا ¤
    وعِـزَّتَهم إلى أَقْصَى الزَّمان
    Semoga Allah melanggengkan Negeri mereka semua dan kejayaan mereka hingga akhir masa
    وقَد خَابَ اْلعِدَى لَهُم خَسَاراً ¤
    بما كانوا تَمَنَّوْا بالأمَاني
    Para musuh telah rugi sia-sia
    dengan mimpi-mimpi yang pernah mereka angankan
    أعادَ على مَعالِيكَ اْلمُعِيْدُ ¤
    مِآتِ أَغُسْطُسْ، دُمُّ بالأَمَان
    Semoga Allah mengulang kembali untukmu ratusan Agustus, teruslah aman!
    وعِشْ وَاهْنَأْ وفُـزْ بِالعِزِّ دَوْمَا ¤
    إلى الآبادِ تُهْدَى بالتـَّهَاني
    Hiduplah, berbahagialah dan jayalah serta senantiasa mulia
    akan dipersembahkan sepanjang masa.

    BalasHapus
  2. mas.. boleh minta buku referensinya untuk kyai Asnawi?

    BalasHapus