
Kitab Fathul Izar adalah karya ulama Nusantara, KH. Abdullah Fauzi Pasuruan. Menerangkan tentang perihal nikah dan yang berkaitan dengan hubungan suami-istri.
بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد
لله الذي جل قدره وعز جاره الذي جعل النكاح سببا لبقاء نسل الأنام، ووسيلة
الى اشتباك الشعوب والأقوام، والصلاة والسلام على سيدنا محمد المصطفى صاحب
العز والصدق والوفا وعلى آله وصحبه الشرف انجوم الهدى والصفا، أما بعد:
فهذه
كراسة صغير حجمها لطيف شكلها جليل قدرها عظيم نفعها تشتمل على فوائد مهمة
تتعلق ببعض ما للنكاح من الحرث وأسرار أوقاته وتدبيره وما لخلقة الأبكار من
العجائب والأسرار جمعتها والتقطتها ونقلتها من فحول العلماء والرجال منهم
الله تعالى بنيل الفوز والإفضال سميتها بفتح الإزار في كشف الأسرار لأوقات
الحرث وخلقة الأبكار والله تعالى نسأل أن يجعلها نافعة لنا ولإخواننا
المسلمين ويجعلها دخيرة لنا ولوالدينا يوم لاينفع مال ولابنون الا من اتى
الله بقلب سليم من آفات القلب وسوء الظن.
إعلم
أن النكاح سنة مرغوبة وطريقة محبوبة لأن به بقاء التناسل ودوام التواصل
فقد حرضه الشارع الحكيم فقال عز من قائل "فانكحواما طاب لكم من النساء مثنى
وثلاث ورباع" الأية وقال "ومن آياته أن خلقلكم من أنفسكم أزواجا لتسكنوا
إليها وجعل بينكم مودة ورحمة" الأية وقال"وأنكحوا الأيامى منكم والصالحين
من عبادكم وإمائكم ان يكونوا فقراء يغنيهم الله من فضله" الآية ومن إغنائه
تعالى لهم ان الرجل قبل دخوله في قيد النكاح له يدان ورجلان وعينان وغيرها
من الجوارح بحدتها فقط ولكن كلما دخل فيه صارت تلك الأعضاء تتضاعف ضعفين
بزيادة أعضاء زوجته اليها الا ترى ان العروسة اذا قالت للعريس : لمن يداك؟
قال لك واذا قالت له: لمن أنفك؟ قال لك واذا قالت له ايضا: لمن عيناك؟ قال
لها مجيبا ومؤنسا: لك وهكذا. وقال صلى الله عليه وسلم يا معشر الشباب من
استطاع منكم الباءة فليتزوج فإنه أغض للبصر وأحصن للفرج الحديث والباءة
النفقة الظاهرة والباطنة كما قيل وقال أيضا تزوجوا الولود الودود فإني
مكاثر بكم الأمم يوم القيامة الحديث او كما قال وغيرها من الآيات
والأحاديث.
بيان الحرث وأسرار اوقات
إعلم
أن المقصود الأعظم من النكاح التعبد والتقرب واتباع سنة الرسول وتحصيل
الولد والنسل لأن به بقاء العالم وانتظامه وبتركه وإهماله خرابه ودراسه
ومعلوم أنه لايحصل الحصاد الا بنثر البذر على الأرض اولا وحرثها وزرعها
بطرق وكيفيات معلومة عند الفلاح وانتظار المدد الى بدو الصلاح وكذلك لايحصل
الولد والنسل الا ببث بذر الزوج على مزرعته وزرعته التي هي حليله قال
تعالى نساؤكم حرث لكم فأتوا حرثكم أنى شئتم وقدموا لأنفسكم الآية. وسبب
نزول هذه الآية ان المسلمين قالوا: انا نأتي النساء باركات وقائمات
ومستلقيات ومن بين ايديهم ومن خلفهم بعد ان يكون المأتي واحدا فقالت اليهود
ما انتم الا البهائم لكنا نأتهن على هيئة واحدة وانا لنجد في التوراة ان
كل اتيان تؤتى النساء غير الإستلقاء دنس عندالله. فأكذب الله تعالى اليهود
ففي هذه الآية دلالة على جواز اتيان الرجل زوجته على اي كيفية وحال شاء من
قيام وقعود واستلقاء ومن اي جهة شاء من فوق ومن تحت ومن وراء ومن قدام وفي
اي وقت شاء في الليل او النهار بعد ان كان في صمام واحد
لكن
قال اهل العلم من جامع زوجته في ليلة الجمعة يصير الولد حافظا في كتاب
الله تعالى ومن جامع في ليلة السبت يكون الولد مجنونا ومن جامع في ليلة
الأحد يكون الولد سارقا لملك غيره اوظالما ومن جامع في ليلة الإثنين يكون
الولد فقيرا او مسكينا او راضيا لأمر الله وقضائه ومن جامع في ليلة
الثلاثاء يكون الولد بارا للوالدين ومن جامع في ليلة الأربعاء يكون الولد
كثير العقل او كثير العلم او كثير الشكر ومن جامع في ليلة الخميس يكون
الولد مخلصا في قلبه ومن جامع زوجته مع التكلم يكون الولد أبكم ومن جامع في
ظلمة يكون الولد ساحرا ومن جامع مع السراج يكون الولد حسن الصورة ومن
جامع رائيا عورة المرأة يكون الولد أعمى او أعمى القلب ومن جامع سائل الزاد
لسفر يكون الولد كاذبا ومن جامع تحت الشجرة المطعوم ثمرها يكون الولد
مقتول الحديد او مقتول الغرق او مات في هدم الشجرة
قال
أهل العلم وينبغي للعروس أربعة أشياء أولها أخذ اليدين وثانيها مس صدرها
وثالها تقبيل الخدين ورابعها قراءة البسملة عند إدخال الذكر في الفرج وقال
صلى الله عليه وسلم من جامع زوجته عند الحيض فكأنما جامع أمه سبعين سنة
الحديث او كما قال.
(نفيسة
ظريفة) سئل بعض المشايخ عن النعم الدنيا كم هي؟فأجاب بأنها كثيرة لايحصى
عددها قال تعالى: وإن تعدوا نعمة الله لاتحصوها ولكنأعظمها انحصر في ثلاثة
أشياء: تقبيل النساء ولمسها وإدخال الذكر في الفرج. قال الشاعر في بحر
الرجز:
ونعم الدنيا ثلاث تعتبر * لمس وتقبيل وإدخال الذكر
وقال أخر:
نعم الدنيا ثلاث تحصر * دميك كوليت عامبوع كارو بارع تورو
بيان تدبير الحرث
قال
الامام العالم العلامة جلال الدين عبد الرحمن السيوطي في الرحمة: إعلم ان
الجماع لايصلح الا عند هيجان الشهوة مع استعداد المني فينبغي أن يخرجه في
الحال كما يخرج الفضلة الرديئة بالإستفراغات كالمسهلات فان في حبسهعند ذلك
ضررا عظيما والمكثر من الجماع لايخفى هرمه سريعا وقلة قوته وظهور الشيبفيه
وللجماع كيفية وهي ان تستلقى المرأة على ظهرها ويعلوها الرجل من أعلاها ولا
خير في ما عدا ذلك من الهيئات ثم يلاعبها ملاعبة خفيفة من الضم والتقبيل
ونحو ذلك حتى اذا حضرت شهوتها اولج وتحرك فاذا صب المني فلاينزع بل يصبر
ساعة مع الضم الجيدلها فاذا سكن جسمه سكونا عظيما نزع ومال على يمينه حين
النزع فقد ذكروا ان ذلك ممايكون به الولد ذكر ويمسحان فرجهما بحرقتين
نظيفتين للرجل واحدة وللمرأة واحدةولايمسحان بحرقة واحدة فان ذلك يورث
الكراهة واحسن الجماع ما يعقبه نشاط وطيب نفسوباقى سهوة وشره ما يعقبه رعدة
وضيق نفس وموت أعضاء وغشيان وبغض الشخص المنكوح فان كان محبوبا فهذا القدر
كاف في تدبير الأصلح من الجماع.
واداب
الجماع ثلاثة قبله وثلاثة حاله وثلاثة بعده اما الثلاثة التي قبله فتقديم
الملاعبة ليطيب قلب الزوجة ويتيسر مرادها حتى اذا علا نفسا وكثر قلقها
وطلبت إلتزام الرجل دنا منها والثانية مراعاة حال الجماع فلا يأتيها وهي
باركة لأن ذلك يشق عليها او على جنبها لأن ذلك يورث وجع الحاصرة ولايجعلها
فوقه لأن ذلك يورث الإعتقار بل مستلقية رافعة رجليها فإنه أحسن هيئات
الجماع والثالثة مراعاة وقت الجماع اي وقت الإيلاج بالتعويذ والتسمية وحك
الذكر بجوانب الفرج وغمز الثديين ونحو ذلك مما يحرك شهوتها وامااللاتي في
حال الجماع فأولها كون الجهد برياضة في صمت وتوفق الثانية في التمهل عند
بروز شهوته حتى يستوفي إنزالها فإن ذلك يورث المحبة في القلب الثالثة ان
لايسرع بإخراج الذكر عند إحساسه بمائها فإنه يضعف الذكر ولايعزل عنها ماءه
لأن ذلك يضر بها واما الثلاثة التي بعده فاولها أمر الزوجة بالنوم على
يمينه ليكون الولد ذكرا ان شاء الله وان نامت على الأيسر يكون الولد أنثى
حسب ما اقتضته التجربة الثانية ان يقول الذكر الوارد عند ذلك في نفسه وهو
الحمد لله الذي خلق من الماء بشرا فجعله نسبا وصهرا وكان ربك قديرا.
الثالثة الوضوء اذا اراد ان ينام وهو سنة وغسل ذكره اذا اراد ان يعود
اليها.
وذكر
عن بعض الثقات ان من قدم اسم الله تعالى عند الجماع اي جماع زوجته و سورة
الإخلاص الى آخرها وكبر وهلل وقال بسم الله العلي العظيم اللهم اجعلها ذرية
طيبة ان كنت قدرت ان تخرج من صلبي اللهم جنبني الشيطان وجنب الشيطان ما
رزقتني ثم يأمر الزوجة بالإضطجاع على جنبها الأيمن فإن حملها يكون ذكرا
بإذن الله تعالى ان قدر الله تعالى حملها من ذلك الجماع. ولازمت هذا الذكر
والصفة فوجدته صحيحا لا ريب فيه و بالله التوفيق اهـ محذوفا بعضه.
قال
بعض المشايخ من اتى زوجته فقال في نفسه حين احس بالإنزال لايدركه الأبصار
وهو يدرك الأبصار وهو اللطيف الخبير يكون الولد ان قدر الله تعالى من ذلك
فائقا على والديه علما وشأنا وعملا ان شاء الله تعالى. قال في حاشية
البجيرمي على الخطييب (فائدة) رأيت بخط الأزرق عن رسول الله صلى الله عليه
وسلم ان من اراد ان تلد إمرأته ذكرا فإنه يضع على بطنها في أول الحمل ويقول
بسم الله الرحمن الرحيم اللهم اني أسمي مافي بطنها محمدا فاجعله لي ذكرا
فإنه يولد ذكرا ان شاء الله مجرب اهـ.
بيان أدعية الحرث
قال
تعالى وقدموا لأنفسكم الآية اي قدموا ما يدخر لكم من الثواب كالتسمية عند
الجماع وطلب الولد، روي أن النبي صلى الله عليه وسلم قال من قال بسم الله
عند الجماع فأتاه ولد فله حسنات بعدد انفاس ذلك الولد وعدد عقبه الى يوم
القيامة، وقال صلى الله عليه وسلم خياركم خياركم لنسائهم الحديث او كما
قال، ولبعضهم فيها ترتيب عجيب وهو أن الرجل اذا اراد ان يجامع زوجته ينبغي
ان يقول اولا السلام عليكم يا باب الرحمن فتقول زوجته مجيبة له وعليكم
السلام يا سيد الأمين فيأخذ يديها ويقول رضيت بالله ربا ثم يغمز ثدييها
ويقول اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد ثم يقبل ناصيتها قائلا
يا لطيف الله نور على نور شهد النور على من يشاء ثم بعد ذلك يميل رأسها
الى الجانب الأيسر ويقول في سمعك الله سميع مقبلا ونافخا أذنها اليمنى
نفخا يسيرا ثم يميل رأسها إمالة لطيفة الى الأيمن ويقول ما ذكر في أذنها
اليسرى كذلك ثم يقبل عينيها اليمنى فاليسرى قائلا اللهم انا فتحنا لك فتحا
مبينا ثم يقبل خديها اليمنى فاليسرى يقول يا كريم يا رحمن يا رحيم يا الله
ثم يقبل أنفها قائلا عند ذلك فروح وريحان وجنة نعيم ثم يقبل كتفها ويقول يا
رحمن الدنيا يا رحيم الآخرة ثم يقبل رقبتها ويقول الله نور السموات والأرض
ثم يقبل ذقنها ويقول نور حبيب الإيمان من عبادك الصالحين ثم يقبل راحتيها
اليمنى فاليسرى قائلا عند ذلك ما كذب الفؤاد ما رأى ثم يقبل مابين ثدييها
ويقول وألقيت عليك محبة مني ثم يقبل صدرها اليسرى بحذاء قلبها ويقول ياحي
يا قيوم ثم يجامع
بيان أسرار خلقة الأبكار
قال أهل الفراسة والخبر بالنساء اذا كان فم المرأة واسعا كان فرجها واسعا اذا كان صغيرا كان فرجها صغيرا ضيقا قال من بحر الطويل:
إذا ضاق فم البكر ضاقت فروجها * وكان لفمها شعار لفرجها
وان
كانت شفتاها غليظتين كان شفراها غليظتين وان كانتارقيقتين كانتا رقيقتين
وان كانت السفلى رقيقة كان فرجها صغيرا وان كان فم المرأة شديد الحمرة كان
فرجها جافا عن الرطوبة وان كانت حدباء الأنف فهي قليلة الغرض في النكاح وان
كانت طويلة الذقن فإنها فاتحة الفرج قليلة الشعر وان كانت صغيرة الحاجب
فإنها غامضة الفرج وان كانت كبيرة الوجه غليظة الضفائر دل ذلك على صغيرة
العجيزة وكبير الفرج وضيقه وإذا كثر شحم ظاهر قدمها وبدنها عظم فرجها وكانت
مخطوبة عندزوجها واذا كانت ناتئة الساقين في الصلبة فإنها شديد الشهوة
لاصبر لها عن الجماع وان كانت عينها كحيلة كبيرة فإنها يدل على ضيق الرحم
وصعير العجيزة مع عظم الكتف يدلان على عظم الفرج (نفيسة) قال الحكماء من
وجد في المرأة عشرة أوصاف فلا ينبغي أخذها أحدها كونها قصيرة القامة الثاني
كونها قصيرة الشعر الثالث رفيعة الجسد الرابع سليط
اللسان
الخامس كونها منقطعة الأولاد السادس كونها عندها عناد السابع كونها مسرفة
مبذرة الثامن كونها طويلة اليد التاسع كونها تحب الزينة عند الخروج العاشر
كونها مطلقة من غيره اهـ.
هذا
آخر ما يسر الله تعالى لنا جمعه فلله الحمد والثناء على كل حال وازكى
الصلاة والتسليم على سيدنا محمد ومن والاه خير صحب وآل ونسأل الله ان
يوفقنا لصالح الأعمال وان يعم نفع هذه الكراسة الحقيرة لمن هي له من النساء
والرجال آمين. قلت كما قال:
أموت ويبقى كل ما قد كتبته * فيا ليت من يقرأ كتابي دعا لي
FATHUL IZAR
Karya: KH. Abdullah Fauzi Pasuruan
بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد
لله الذي جل قدره وعز جاره الذي جعل النكاح سببا لبقاء نسل الأنام، ووسيلة
الى اشتباك الشعوب والأقوام، والصلاة والسلام على سيدنا محمد المصطفى صاحب
العز والصدق والوفا وعلى آله وصحبه الشرف انجوم الهدى والصفا، أما بعد:
Kitab
ini kecil dan ringkas, tapi high kualitas dan besar manfaatnya. Memuat
beberapa faidah penting tentang pernikahan, meliputi senggama, rahasia
di balik waktu melakukannya, tatacaranya, serta rahasia dan keunikan
penciptaan seorang gadis. Saya menyusun dan mengutip kitab ini dengan
mengacu pada teks kitab karanga nulama besar. Semoga Allah melimpahkan
anugerah dengan mengaruniai mereka keberuntungan dan keutamaan.
Saya
beri judul kitab ini dengan nama “Fathul Izar”, mengupas rahasia di
balik waktu senggama serta rahasia di balik penciptaan seorang
gadis. Kemudian hanya kepada Allah-lah saya memohon, semoga
menjadikannya sebuah kitab yang bermanfaat bagi kami dan kaum Muslimin.
Semoga Allah menjadikannya pula sebagai bekal bagi kami serta kedua
orangtua kami di hari akhirat, dimana harta dan anak tak lagi berguna
kecuali yang datang menghadap Allah dengan hati yang bersih. (QS.
asy-Syu’ara ayat 88-89).
BAB I: ARTI SEBUAH PERNIKAHAN
Ketahuilah,
nikah itu suatu kesunnahan (perbuatan) yang disukai dan pola hidup yang
dianjurkan. Karena dengan nikah terjagalah populasi keturunan dan
lestarilah hubungan antar manusia. Allah Swt. dalam firmanNya telah
menganjurkan nikah:
فَانْكِحُوْامَا طَابَ لَكُمْ مِنَ النِّسَاءِ مَثْنَى وَثُلاَثَ وَرُبَاعَ
"Maka nikahilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi, dua, tiga, atau empat." (QS. an-Nisa’ ayat 3).
وَمِنْ أَيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزوَاجًا لِتَسْكُنُوْا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدّةً وَرَحْمَةً
“Dan
diantara tanda-tanda kekuasaanNya ialah Ia menciptakan untukmu
isteri-isteri dari jenismu sendiri supaya kamu cenderung dan merasa
tenteram kepadanya. Dan dijadikanNya di antaramu rasa kasih dan
sayang." (QS. ar-Rum ayat 21).
وَأَنْكِحُوْا
اْلأَيامَى مِنْكُم والصَّالِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ إِنْ
يَكُوْنُوْا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللهُ مِنْ فَضْلِهِ.
"Dan
nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu dan orang-orang
yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba
sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin maka Allah akan memampukan
mereka dengan karuniaNya." (QS. an-Nur ayat 2).
Diantara
bentuk 'kekayaan' yang dikaruniakan Allah kepada mereka ialah, sebelum
seorang laki-laki memasuki jalinan pernikahan dia hanya memiliki dua
tangan, dua kaki, dua mata dan sebagainya dari anggota tubuhnya yang
masing-masing hanya sepasang. Namun ketika ia telah terajut dalam sebuah
pernikahan, maka jadilah anggota-anggota tubuh tersebut menjadi
berlipat ganda dengan sebab mendapat tambahan dari anggota tubuh
isterinya.
Tahukah
engkau bahwa ketika pengantin wanita bertanya kepada pengantin pria:
“Untuk siapakah tanganmu?” Maka pengantin pria menjawab: “Untukmu." Dan
ketika pengantin wanita bertanya kepadanya: "Untuk siapakah hidungmu?”
Maka dia menjawab: "Untukmu." Begitupula ketika pengantin wanita
bertanya kepadanya: "Untuk siapa matamu?” Dengan penuh kasih sayang dia
menjawab: "Untukmu."
يَا مَعْشَرَ الشَّبَابِ مَنِ اسْتَطَاعَ مِنْكُمُ الْبَاءَةَ فَالْيَتَزَوَّجْ فَإِنَّه أَغَضُّ لِلْبَصَرِ وَأَحْصَنُ لِلْفَرْجِ
Nabi
Saw. telah bersabda: “Wahai para pemuda, siapa diantara kalian yang
sudah mampu membiayai pernikahan, hendaklah kalian menikah. Karena
sesungguhnya nikah itu lebih mampu memejamkan pandangan (dari
kemaksiatan) dan lebih menjaga kehormatan."
Yang dikehendaki dengan kata “ba-ah” dalam hadits di atas adalah nafkah lahir maupun batin. Nabi Saw. juga bersabda:
تَزَوَّجُوْا الْوَلُوْدَ الْوَدُوْدَ فَإِنِّىْ مُكَاثِرٌ بِكُمُ اْلأُمَمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ
"Nikahilah
olehmu wanita-wanita yang produktif (beranak) dan yang banyak kasih
sayangnya kepada suami. Karena sesungguhnya aku akan berlomba-lomba
dengan kalian memperbanyak umat di hari kiamat kelak." Serta masih
banyak lagi ayat dan hadits yang lain.
BAB II: SENGGAMA DAN RAHASIA-RAHASIANYA
Ketahuilah
bahwa tujuan utama dari pernikahan adalah untuk mengabdi, mendekatkan
diri kepada Allah Swt., mengikuti sunnah Rasulullah Saw., dan
menghasilkan keturunan. Karena melalui pernikahan kehidupan alam ini
akan lestari dan teratur. Dan dengan meninggalkannya berarti sebuah
kehancuran dan kemusnahan alam ini.
Hal
yang maklum, takkan memanen tanpa menanam benih pada bumi, kemudian
mengolah dan merawatnya melalui teori dan teknik pertanian. Dan juga
perlu waktu beberapa lama hingga buahnya menjadi siap panen. Begitupula
takkan terwujud seorang anak dan keturunan tanpa terlebih dulu
memasukkan sperma suami di dalam indung telur isterinya. Allah Swt.
berfirman:
نِسَائُكُمْ حَرْثٌ لَكُمْ فَأْتُوْا حَرْثَكُمْ أَنَّى شِئْتُمْ وَقَدِّمُوْا لأَِنْفُسِكُمْ
"Wanita-wanita
kamu semua adalah ladang bagimu. Maka datangilah ladangmu itu semaumu
dan kerjakanlah olehmu (amal-amal yang baik) untuk dirimu sendiri." (QS.
al-Baqarah ayat 223).
Ayat
ini turun ketika kaum Muslimin mengatakan bahwa mereka menggauli isteri
mereka dengan posisi berlutut, berdiri, terlentang, dari arah depan dan
dari arah belakang.
Menanggapi
pernyataan kaum Muslimin tersebut kaum Yahudi menyatakan: “Tidaklah
melakukan hubungan semacam itu selain menyerupai tindakan binatang,
sedangkan kami mendatangi mereka dengan satu macam posisi. Sungguh telah
kami temukan ajaran dalam Taurat bahwa setiap hubungan badan selain
posisi isteri terlentang itu kotor di hadapan Allah."
Lalu turunlah ayat di atas, Allah hendak membantah pernyataan kaum Yahudi tersebut.
Jadi
dalam kandungan ayat ini menunjukkan diperbolehkannya seorang suami
menyetubuhi isterinya dengan cara apapun dan posisi bagaimanapun yang ia
sukai. Baik dengan cara berdiri, duduk atau terlentang. Dan dari arah
manapun suami berkehendak, dari arah atas, bawah, belakang ataupun dari
arah depan. Dan boleh juga menyetubuhinya pada waktu kapanpun suami
menghendaki, siang ataupun malam hari. Dengan catatan yang dimasuki
adalah lubang vagina.
a. Pengaruh waktu senggama:
1. Barangsiapa menyetubuhi isterinya pada malam Jum’at, maka anak yang terlahir akan hafal al-Quran.
2. Barangsiapa menyetubuhi isterinya pada malam Sabtu, maka anak yang terlahir akan bodoh.
3. Barangsiapa menyetubuhi isterinya pada malam Ahad, maka anak yang terlahir akan menjadi seorang pencuri atau penganiaya.
4.
Barangsiapa yang menyetubuhi isterinya pada malam Senin, maka anak yang
terlahir akan menjadi fakir atau miskin atau ridha dengan keputusan
(takdir) dan ketetapan (qadha) Allah.
5.
Barangsiapa menyetubuhi isterinya pada malam Selasa, maka anak yang
terlahir akan menjadi orang yang berbakti kepada orangtua.
6. Barangsiapa menyetubuhi isterinya pada malam Rabu, maka anak yang terlahir akan cerdas, berpengetahuan dan banyak bersyukur.
7. Barangsiapa menyetubuhi isterinya pada malam Kamis, maka anak yang terlahir akan menjadi orang yang berhati ikhlas.
8. Barangsiapa menyetubuhi isterinya pada malam Hari Raya, maka anak yang terlahir akan mempunyai enam jari.
9. Barangsiapa menyetubuhi isterinya sambil bercakap-cakap, maka anak yang terlahir akan bisu.
10. Barangsiapa menyetubuhi isterinya dalam kegelapan, maka anak yang terlahir akan menjadi seorang penyihir.
11. Barangsiapa menyetubuhi isterinya dalam terangnya lampu, maka anak yang terlahir akan berwajah tampan atau cantik.
12.
Barangsiapa menyetubuhi isterinya sambil melihat auratnya (vagina),
maka anak yang terlahir akan buta mata atau buta hatinya.
13.
Barangsiapa menyetubuhi isterinya di bawah pohon yang biasa berbuah,
maka anak yang terlahir akan terbunuh karena besi, tenggelam atau
keruntuhan pohon.
b. Senggama yang ideal:
Hendaknya bagi seorang suami memperhatikan 4 hal berikut:
1. Memegang kedua tangan isteri
2. Meraba dadanya
3. Mencium kedua pipinya
4. Membaca Basmalah saat hendak memasukkan penis ke dalam vagina.
مَنْ جَامَعَ زَوْجَتَهُ عِنْدَ الْحَيْضِ فَكَأَنَّمَا جَامَعَ أُمَّهُ سَبْعِيْن مَرَّةً
Rasulullah
Saw. bersabda: “Siapa yang menyetubuhi isterinya saat ia menstruasi,
maka seolah-olah ia menyetubuhi ibunya sendiri sebanyak 70 kali."
c. Nikmat dunia ada di wanita
Sebagian
ulama dimintai komentar tentang seberapa banyak kenikmatan dunia?
Mereka menjawab: “Kenikmatan dunia itu sangat banyak hingga tak
terhitung jumlahnya. Allah Swt. berfirman:
وَإِنْ تَعُدُّوْا نِعْمَةَ اللهِ لاَ تُحْصُوْهَا
"Jika kamu hendak menghitung nikmat Allah maka kalian takkan sanggup menghitunya."
Namun
kenikmatan terhebat teringkas pada 3 macam kenikmatan; yakni mencium
wanita, menyentuhnya dan memasukkan penis ke dalam vagina."
وَنِعَمُ الدُّنْيَا ثَلاَثٌ تُعْتَبَر # لَمْسٌ وَ تَقْبِيْلٌ وَإِدْخَالُ الذَّ كر
Seorang penyair bersyair dalam bahar Rajaz-nya: “Kenikmatan dunia ada 3; yakni menyentuh, mencium dan memasukkan penis."
وَنِعَمُ الدُّنَْيَا ثَلاَثٌ تُحْصَرُ # دمَيْك كُوْلِيْت عَامْبُوْع كَارَوْ بَارعْ تُرُوْ
Penyair lain mengungkapkan: “Kenikmatan dunia itu teringkas dalam 3 hal; menyentuh kulit, mencium dan tidur bersama (senggama)."
BAB III: TATACARA DAN ETIKA SENGGAMA
Imam
as-Suyuthi dalam kitab ar-Rahmah berkata: “Ketahuilah bahwa senggama
tidak baik dilakukan kecuali bila seseorang telah bangkit syahwatnya dan
bila keberadaan sperma telah siap difungsikan. Maka jika demikian,
hendaknya sperma segera dikeluarkan layaknya mengeluarkan semua kotoran
atau air besar yang dapat menyebabkan sakit perut. Karena menahan sperma
saat birahi sedang memuncak dapat menyebabkan bahaya yang besar. Adapun
efek samping terlalu sering melakukan senggama ialah dapat mempercepat
penuaan, melemahkan tenaga dan menyebabkan tumbuhnya uban."
a. Tatacara senggama
Antara
lain; isteri tidur terlentang dan suami berada di atasnya. Posisi ini
merupakan cara yang paling baik dalam senggama. Selanjutnya suami
melakukan cumbuan ringan (foreplay) berupa mendekap, mencium, dan lain
sebagainya. Hingga saat sang isteri bangkit birahinya, masukanlah dzakar
suami dan menggesek-gesekkannya pada liang vagina.
Ketika
suami mengalami klimaks (ejakulasi), janganlah terburu mencabut
dzakarnya, melainkan menahannya beberapa saat disertai mendekap isteri
dengan mesra. Setelah kondisi tubuh suami sudah tenang, maka cabutlah
dzakar dari vagina isteri dengan mendoyongkan tubuhnya ke samping kanan.
Menurut para ulama, demikian itu upaya untuk memiliki anak laki-laki.
Selesai
bersenggama hendaknya keduanya mengelap alat kelamin masing-masing
dengan dua buah kain, satu untuk suami dan yang lain untuk isteri.
Jangan sampai keduanya menggunakan satu kain karena hal itu dapat memicu
pertengkaran.
Bersenggama
yang paling baik adalah senggama yang diiringi dengan sifat agresif,
kerelaan hati dan masih menyisakan syahwat. Sedangkan senggama yang
jelek adalah senggama yang diiringi dengan badan gemetar, gelisah,
anggota badan terasa mati, pingsan, dan istri merasa kecewa terhadap
suami walaupun ia mencintainya. Demikian inilah keterangan yang sudah
mencukupi terhadap tatacara senggama yang paling benar.
b. Etika senggama
Ada
beberapa etika senggama yang harus diperhatikan oleh suami. Meliputi 3
macam sebelum/saat melakukannya dan 3 macam sesudahnya.
1. Etika sebelum senggama:
a).
Mendahului dengan bercumbu (foreplay) agar hati isteri tidak tertekan
dan mudah melampiaskan hasratnya. Sampai ketika nafasnya naik turun
serta tubuhnya menggeliat dan ia minta dekapan suaminya, maka
rapatkanlah tubuh (suami) ke tubuh isteri.
b).
Menjaga etika saat hendak senggama. Maka janganlah menyutubuhi isteri
dengan posisi berlutut, karena hal demikian sangat memberatkannya. Atau
dengan posisi tidur miring karena dapat menyebabkan sakit pinggang. Dan
jangan memposisikan isteri berada di atasnya, karena dapat mengakibatkan
kencing batu. Akan tetapi posisi senggama yang paling bagus adalah
meletakkan isteri dalam posisi terlentang dengan kepala lebih rendah
daripada pantatnya. Dan pantatnya diganjal dengan bantal serta kedua
pahanya diangkat dan dibuka lebar-lebar. Sementara suami mendatangi
isteri dari atas dengan bertumpu pada sikunya. Posisi inilah yang
dipilih oleh para fuqaha dan para dokter.
c).
Beretika saat hendak memasukkan dzakar. Yaitu dengan membaca ta’awudz
dan basmalah. Disamping itu gosok-gosokkan penis di sekitar vagina,
meremas payudara dan hal lainnya yang dapat membangkitkan syahwat
isteri.
2. Etika saat senggama:
a). Senggama dilakukan secara pelan-pelan dan tidak tergesa-gesa (ritmis).
b).
Menahan keluarnya mani (ejakulasi) saat birahi bangkit, menunggu sampai
isteri mengalami inzal (orgasme). Yang demikian dapat menciptakan rasa
cinta di hati.
c).
Tidak terburu-buru mencabut dzakar ketika ia merasa isteri akan keluar
mani, karena hal itu dapat melemahkan ketegangan dzakar. Juga jangan
melakukan ‘azl (mengeluarkan mani di luar vagina) karena hal itu
merugikan pihak isteri.
3. Etika setelah senggama:
a).
Meminta isteri tidur miring ke arah kanan agar anak yang dilahirkan
kelak berjenis kelamin laki-laki, insya Allah. Bila isteri tidur miring
ke arah kiri maka anak yang dilahirkan kelak berjenis kelamin perempuan.
Hal ini berdasarkan hasil uji coba riset.
b). Suami membaca dzikir dalam hati sesuai yang diajarkan Nabi, yaitu:
اَلْحَمْدُلِلَّهِ الَّذِيْ خَلَقَ مِنَ الْمَاءِ بَشَرًا فَجَعَلَهُ نَسَبًا وَصهْرًا وَكَانَ رُبُّكَ قَدِيْرًا (الفرقان : 54)
“Segala
puji milik Allah yang telah menciptakan manusia dari air, untuk
kemudian menjadikannya keturunan dan mushaharah. Dan adalah Tuhanmu itu
Mahakuasa.” (QS. al-Furqan ayat 54).
c). Berwudhu ketika hendak tidur (dihukumi sunnah) dan membasuh dzakar bila hendak mengulangi senggama.
Dikutip
dari sumber yang dapat dipercaya bahwa, barangsiapa saat menyetubuhi
isterinya didahului dengan membaca basmalah, surat al-Ikhlas,
takbir, tahlil dan membaca:
بِسْمِ
اللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ اَللّهُمَّ اجْعَلْهَا ذُرّ ِيَّةً
طَيِّبَِةً إِنْ كُنْتَ قَدَّرْتَ أَنْ تُخْرِجَ مِنْ صَلْبِىْ اَللّهُمَّ
جَنِّبْنِىْ الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشّيَْطَانَ مَا رَزَقْتَنِىْ
Kemudian
suami menyuruh isterinya tidur miring ke arah kanan, maka jika
ditakdirkan mengandung isterinya akan melahirkan anak berjenis kelamin
laki-laki dengan izin Allah." Saya telah mengamalkan dzikir serta teori
ini, dan saya pun menemukan kebenarannya tanpa ada keraguan. Dan hanya
dari Allah-lah pertolongan itu. Demikian adalah penggalan komentar Imam
as-Suyuthi.
Sebagian ulama mengatakan: “Barangsiapa menyetubuhi isterinya lalu ketika merasa akan keluar mani (ejakulasi) ia membaca dzikir:
لاَ يُدْرِكُهُ اْلأَبْصَارُ وَهُوَ يُدْرِكُ اْلأَبْصَارَ وَهُوَ اللَّطِيْفُ اْلخَبِيْرُ.
Maka
jika ditakdirkan mengandung, isterinya akan melahirkan anak yang
mengungguli kedua orangtuanya dalam hal ilmu, sikap dan amalnya, insya
Allah.”
Penulis
kitab Hasyiah al-Bujairami 'ala al-Khathib, tepatnya dalam sebuah
faidah, menyatakan: "Saya melihat tulisan Syaikh al-Azraqi yang
diriwayatkan dari Rasulullah Saw., di sana tertulis bahwa seseorang yang
menghendaki isterinya melahirkan anak laki-laki maka hendaknya ia
meletakkan tangannya pada perut isterinya di awal kehamilannya sembari
membaca doa:
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ اَللهُمَّ إِنِّي أُسَمِّيْ مَا فِيْ بَطْنِهَا مُحَمَّدًا فَاجْعَلْهُ لِيْ ذَكَرًا.
Maka kelak anak yang dilahirkan akan berjenis kelamin laki-laki. Insya Allah mujarab.
BAB IV: DOA-DOA SENGGAMA
وَقَدِّمُوْالأَِنْفُسِكُمْ
"Dan kerjakanlah (amal yang baik) untuk dirimu.” (QS. al-Baqarah ayat 223).
Maksud
dari ayat ini adalah, "Carilah pahala yang tersediakan untuk kamu semua
sepertihalnya membaca basmalah dan berniat mendapatkan anak ketika
melakukan senggama." Diriwayatkan bahwa Rasulullah Saw. bersabda:
مَنْ
قَالَ بِسْمِ اللهِ عِنْدَ الْجِمَاعِ فَأَتَاهُ وَلَدٌ فَلَهُ حَسَنَاتٌ
بِعَدَدِ أَنْفَاسِ ذَلِكَ الْوَلَدِ وَعَدَدِ عَقِبِهِ إِلَى يَوْمِ
الْقِيَامَةِ
“Siapa
membaca basmalah ketika akan melakukan senggama kemudian dari senggama
itu dia dikaruniai seorang anak maka dia memperoleh pahala sebanyak
nafas anak tersebut dan keturunannya sampai hari kiamat."
:خِيَارُكُمْخِيَارُكُمْ لِنِسَائِهِمْ
Nabi Saw. juga bersabda: “Manusia yang paling baik diantara kalian adalah yang paling baik terhadap isterinya.”
Dalam masalah ini para ulama memiliki urut-urutan yang mengagumkan, yaitu:
1. Ketika suami akan menyetubuhi isteri hendaknya lebih dulu membaca salam:
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ يَا بَابَ الرَّحْمنِ
Lantas isteri menjawab:
وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ يَا سَيِّدَ اْلأَمِيْنِ
2. Selanjutnya suami meraih kedua tangan isterinya seraya membaca:
رَضِيْتُ بِا للهِ رَبَّا
3. Kemudian ia meremas-remas kedua payudara isterinya seraya membaca dalam hati:
أَللّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى ألِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ
4. Dilanjutkan mengecup kening isterinya seraya membaca dalam hati:
يَالَطِيْفُ اَلله نُوْرُ عَلَى نُوْرٍ شَهِدَ النُّوْرَ عَلَى مَنْ يَشَاءُ
5.
Setelah itu suami memiringkan kepalai steri ke kiri sambil mencium dan
meniup telinga sebelah kanan, dilanjutkan memiringkan kepala isteri ke
kanan sambil mencium dan meniup telinga yang sebelah kiri, seraya
membaca dalam hati:
فِىْ سَمْعِكِ الله ُسَمِيْعٌ
6. Sesudah itu kecup kedua mata isteri mulai dari mata sebelah kanan hingga mata sebelah kiri seraya membaca dalam hati:
اَللّهُمَّ إِنَّا فَتَحْنَا لَكَ فَتْحًا مُبِيْنًا
7. Selanjutnya suami mencium kedua pipi isteri dimulai pipi sebelah kanan sampai pipi sebelah kiri seraya membaca dalam hati:
يَاكَرِيْمُ يَا رَحْمنُ يَا رَحِيْمُ يَا اَللهُ
8. Kemudian mengecup hidungnya seraya membaca dalam hati:
فَرَوْحٌ وَرَيْحَانٌ وَّجَنَّةُ نَعِيْمٍ
9. Sesudah itu kecup pundak isteri seraya membaca dalam hati:
يَارَحْمنَ الدُّنْيَا يَا رَحِيْمَ اْلأَخِرَةِ
10. Setelah itu kecup leher isteri seraya membaca dalam hati:
اَللهُ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضِ
11. Selanjutnya kecup dagu isteri seraya membaca dalam hati:
نُوْرُ حَبِيْبِ الإِيْمَانِ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ
12. Kemudian kecup kedua telapak tangan isteri dimulai sebelah kanan hingga yang sebelah kiri seraya membaca dalam hati:
مَا كَذَبَ الْفُؤَادُ مَا رَأَى
13. Berikutnya kecup bagian di antara kedua payudara isteri seraya membaca dalam hati:
وَأَلْقَيْتُ عَلَيْكَ مَحَبَّةً مِنِّيْ
14. Dan kemudian kecup dada isteri bagian kiri tepat pada hatinya seraya membaca dalam hati:
يَاحَيُّ يَا قَيُّوْمُ
BAB V: RAHASIA DI BALIK PENCIPTAAN KEPERAWANAN
Para ahli firasat dan ilmuwan ahli kewanitaan mengataka bahwa:
* Bila mulut seorang perawan lebar, pertanda vaginanya juga lebar.
* Bila mulutnya kecil, pertanda vaginanya juga kecil.
Seorang penyair dalam bahar Thawil-nya menyatakan:
إِذَا ضَاقَ فَمُ الْبِكْرِ ضَاقَتْ فُرُوْجُهَا وَكَانَ لِفَمِهَا شِعَارٌ لِفَرْجِهَا
“Bila
seorang perawan sempit mulutnya, maka sempit pula vaginanya. Hal itu
karena mulut seorang perawan menjadi pertanda dari bentuk dan keadaan
vaginanya.”
* Bila kedua bibir perawan tebal, pertanda kedua bibir vaginanya tebal.
* Bila kedua bibirnya tipis, pertanda kedua bibir vaginanya juga tipis.
* Bila bibir mulut bagian bawah tipis, pertanda vaginanya kecil.
* Bila mulut/lidahnya sangat merah, pertanda vaginanya kering.
* Bila mancung hidungnya, pertanda tidak begitu berhasrat untuk senggama.
* Bila dagunya panjang, pertanda vaginanya menganga dan sedikit bulunya.
* Bila alisnya tipis, pertanda posisi vaginanya agak ke dalam.
* Bila raut wajahnya lebar dan lehernya besar, pertanda pantatnya kecil dan vaginanya besar serta sempit.
* Bila telapak kaki bagian luar serta badannya berlemak (gemuk), pertanda besar vaginanya.
* Bila kedua betisnya tebal dan keras, pertanda birahinya besar dan tidak sabaran untuk senggama.
* Bila matanya tampak bercelak dan lebar, pertanda sempit rahimnya.
* Bila pantatnya kecil serta bahunya besar, pertanda besar vaginanya.
Para
ulama bijak bestari mengatakan: “Barangsiapa menjumpai 10 karakter pada
diri seorang wanita, maka janganlah menikahinya. Yaitu; 1). Wanita yang
sangat pendek tubuhnya. 2). Wanita yang berambut pendek. 3). Wanita
yang sangat tinggi postur tubuhnya. 4). Wanita yang cerewet. 5). Wanita
yang tidak produktif (mandul). 6). Wanita yang bengis (judes).
7). Wanita yang berlebihan dan boros. 8). Wanita yang bertangan panjang
(Jawa: cluthak). 9). Wanita yang suka berhias ketika keluar rumah.
10). Wanita janda sebab dicerai suaminya."
Sampailah
kita di penghujung, dimana Allah telah memberikan kemudahan kepada kami
dalam menyusunnya. Segala puji dan sanjungan tersembahkan atasNya dalam
segala kondisi. Shalawat serta salam yang teristimewa semoga tetap
tercurahlimpahkan atas junjungan kita Nabi Agung Muhammad Saw. Semoga
tercurah puka kepada orang yang mengikutinya, yakni para sahabat dan
keluarganya. Semoga Allah meratakan kemanfaatan kitab kecil ini pada
kaum pria maupun wanita. Aamin.
Akhirnya
kami hanya bisa berpesan sebagaimana kata seorang penyair: "Aku kan
mengalami mati, namun tulisanku kan tetap. Kuberharap kiranya orang yang
membaca tulisanku ini mau mendoakanku.” (Sya'roni As-Samfuriy, Mabes Jones Cikarang Utara Jum'at 09 Oktober 2015).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar