Senin, 19 Agustus 2019

Sunahnya berpakaian disuatu negara


Benarkah foto foto upacara 17 Agustus berikut merupakan cara berpakaian secara sunnah?

Mari kita cermati Hadits2 berikut ini:

من لبس ثوب شهرة ألبسه اللَّه يوم ثوبا مذلة يوم القيامة


“Barangsiapa memakai pakaian syuhrah (pakaian yang menyelisihi pakaian kaumnya yang berelasi dengan keberagamaan), niscaya Allah akan memakaikan kepadanya pakaian yang hina pada hari kiamat,” (HR. Abu Daawud, Ibnu Majah).

Ibnu Baththaal rahimahullah berkata:

فالذى ينبغى للرجل أن يتزى فى كل زمان بزى أهله ما لم يكن إثمًا لأن مخالفة الناس فى زيهم ضرب من الشهرة


“Seseorang seharusnya berpakaian dengan pakaian orang-orang yang hidup di masa tersebut sepanjang tidak terkandung dosa, karena penyelisihan terhadap pakaian yang dipakai oleh orang banyak termasuk syuhrah,”
(Syarh Shahih al-Bukhâri, 17/144).

Imam Ahmad berkata:

أنه يكره له لبس غير زي بلده بلا عذر كما هو منصوص الإمام


“Makruh hukumnya memakai pakaian yang bukan model pakaian penduduk negerinya tanpa ‘udzur,” (Ghidzâ’ al-Albâb, 2/182)

Al-Mardawiy berkata:

يكره لبس ما فيه شهرة, أَو خلاف زي بلده من الناس, على الصحيح من المذهب


“Memakai sesuatu yang menimbulkan syuhrah/popularitas atau menyelisihi pakaian penduduk negeri setempat berdasarkan pendapat yang shahih dari madzhab (Hanâbilah) hukumnya ‘makruh’,” (Al-Inshâf, 2/263).

وقد أرشد الرسول الأكرم صلى الله عليه وسلم منهج الدعوة الى الله كما قال الرسول حين بعث معاذ بن جبل الى اهل الكتاب "إنك تأتي قوما من أهل الكتاب فادعهم إلى شهادة أن لا إله إلا الله وأني رسول الله فإن هم أطاعوا لذلك فأعلمهم أن الله افترض عليهم خمس صلوات في كل يوم وليلة فإن هم أطاعوا لذلك فأعلمهم أن الله افترض عليهم صدقة تؤخذ من أغنيائهم فترد في فقرائهم فإن هم أطاعوا لذلك فإياك وكرائم أموالهم واتق دعوة المظلوم فإنه ليس بينها وبين الله حجاب" فهل من المعروف ان نخالف ارشادته صلى الله عليه وسلم ؟


Kita memang sedikit terlambat dalam memahamkan tentang sunnahnya berpakaian.

Akibatnya, orang2 awam secara umum mereka memandang bahwa jubah, sorban itu pakain islamiy dan pertanda keshalihan seseorang.

Para badut agama dan penipupun memanfaatkan kesempatan ini, penipu yang pakai jubah dan sorban akan lebih mudah menggaet korban daripada penipu yang berpenampilan preman terminal/pasar.

Karenanya perlu memahamkan masyarakat agar tidak terjadi pembodohan..

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar