Senin, 29 Januari 2018

Maksud bersholawat untuk nabi Muhammad SAW


SHALAWAT Untuk Junjunganku

بسم الله الرحمن الرحيم. الحمد لله رب العالمين. أشهد ان لا إله الا الله الملك الحق المبين، وأشهد أن سيدنا محمدا عبده ورسوله صادق الوعد الأمين. والصلاة والسلام على أشرف الأنبياء والمرسلين، سيدنا محمد، وعلى آله وصحبه أجمعين. ولا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم القوي المتين. وبعد.

Syaikh ‘Izzu-d Din bin Abdi-s Salâm Rahimahu-Llâh berkata:
“Sebenarnyalah shalawat kita atas Rasuli-Llâh Shallâ-Llâh ‘alaihi wa Sallam bukanlah bentuk (permohonan) syafaat (dari) kita untuk beliau, karena orang semacam kita tidak dapat mensyafaati orang seperti beliau. Akan tetapi Allah memerintahkan kita agar memberikan balasan yang sepadan pada orang yang memberi kita kenikmatan. Manakala kita tak mampu memberi balasan yang sepadan padanya, maka kita berdoa pada Allah dan merendahkan diri di hadapanNya agar Dia memberi orang tersebut balasan yang sepadan dari kita.

(Jadi) saat kita tak mampu mempersembahkan balasan yang sepadan kepada sang Sayyidil Awwalîn wa-l Âkhirîn (Shallâ-Llâh ‘alaihi wa Sallam), maka Allah memerintahkan agar kita bersungguh-sungguh (memohon) padaNya, dan bershalawat pada beliau Shallâ-Llâh ‘alaihi wa Sallam, agar shalawat kita itu menjadi balasan kita yang sepadan dengan IHSÂN (kebaikan) Beliau pada kita, serta kedatangan Beliau dengan membawa hidayah dan anugerah (Iman dan Islam) kepada kita.
Tidak ada ihsân yang melebihi ihsân Beliau Shallâ-Llâh ‘alaihi wa Sallam (pada kita), karena Beliau telah menuntun kita pada jalan yang lurus (agama Islam), yang menjadi sebab kita mencapai kebahagian abadi dan memperoleh segala kebaikan dunia akhirat." -- selesai*

Allâhumma Shalli wa Sallim wa Bârik ‘alâ Sayyidinâ wa Maulânâ Muhammad wa ‘alâ Âlihî wa Shahbihî Ajma’în…
_____________________________________
*Diterjemah dengan segala keterbatasan al Faqîr, dari “Syarh Râtibi-l Haddâd” li-l Habib al-‘Allâmah ‘Alwi bin Ahmad bin al-Hasan bin Abdillah bin ‘Alwi al-Haddâd Bâ‘alawi, hlm. 202. Bisa juga dilihat dalam “Afdalu-sh Shalawât ‘alâ Sayyidi-s Sâdât” li-s-Syaikh Yusuf bin Ismail an-Nabhaniy hlm. 14.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar