Senin, 09 Mei 2016

Cerita tentang Bid'ah

ADA YANG LEBIH BID'AH
Ada cerita menarik:
Saat iqamah dikumandangkan semua jamaah menata diri menempati shaf yang ada. Semua serasa khusu' mengikuti gerakan sang imam. Sampai akhirnya imam mengucapkan salam tanda sholat selesai.

Seperti biasa selesai sholat, imam memimpin dzikir bersama dan diikuti oleh jamaah yang lain. Saat dzikir tengah asyik asyiknya, tiba tiba dari barisan kedua berdiri seorang jamaah berbicara setengah marah.
"Hentikan pak imam,"ucap seorang jamaah yang pake celana dibawa lutut. Sang imam tetap saja melanjutkan untaian dzikirnya namun beberapa jamaah mulai terusik dan menengok ke arah seorang jamaah yang berdiri di baris kedua.
"Pak imam hentikan kata kata itu, ini ga pernah dilakukan Nabi," ucap jamaah dengan jenggot 10 helai yang dipanjangkan.

Mendengar suara yang semakin gaduh, sang imam mempercepat dzikir dan mengakhiri dengan do'a dan diamini semua jamaah kecuali seorang jamaah yang tetap berdiri sambil melototkan matanya.
Setelah selesai mimpin do'a, sang imam dengan nada wibawa mempersilakan semua jamaah tetap tenang dan mempersilakan seorang jamaah yang masih berdiri ditengah tengah jamaah lain. "Silakan mas duduk didepan kita bicara baik baik." Ujar sang imam kepada jamaah yang marah marah tadi.

Sang jamaah lalu duduk didepan dan langsung berkata dengan nada marah," kenapa pak imam melakukan dzikir bersama setelah sholat, ini jelas bid'ah sebab nabi tidak pernah melakukan, segera istighfar pak imam." Kata jamaah tadi sambil marah marah.

Sang imam dengan nada kalem menjawab, "okelah kalau dzikir setelah sholat itu saudara anggap bid'ah, kalau boleh aku tanya lebih bid'ah mana, setelah sholat dzikir bersama ataukah seperti yang anda lakukan saat ini, setelah sholat anda langsung marah marah, pernahkan Nabi marah marah setelah sholat wahai saudaraku?"
"Tidak pak imam, nabi tidak pernah marah marah setelah sholat" jawab jamaah tadi dengan agak landai.
Sang imam dengan wibawa berkata,"wahai saudara janganlah kamu gampang menuduh saudaramu yang lain bid'ah dalam hal amaliyahnya, padahal kamu sendiri telah melakukan bid'ah yang lebih bid'ah, yakni marah marah setelah sholat."
Mendengar ucapan sang imam jamaah tadi hanya bengong sambil menundukkan wajahnya.

(Disadur dari cerita cerita mulut)
Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar