Selasa, 24 Desember 2019

Nabi Muhammad mengutus abu ubaidah bin al-jarrah menjaga kota kristen dan gereja

Ibnu katsir dalam kitabnya Tarikh al-bidayah wan nihayah, juz juz 5 hal. 60 terbitan darul kutub al-ilmiyyah, menulis :

فكان المتكلم لهم أبا حارثة بن علقمة والسيد والعاقب حتي نزل فيهم صدر من سورة ال عمران والمباهلة فأبوا ذلك وسألوا أن يرسل معهم أمينا فبعث معهم أبا عبيدة بن ااجراح كما تقدم في رواية البخاري

Juru bicara pihak kristen adalah abu haritsah bin alqamah, As-sayyid, dan Al-aqib. kemudian turun permulaan surat ali imran dan ayat mubahalah. kemudian mereka berhenti berdebat.
(setelah itu, rombongan kaum kristen pulang ke kota mereka) mereka meminta seorang pengaman untuk menyertai mereka. maka nabi muhammad memerintahkan abu ubaidah bin al-jarrah (mendampingi mereka sampai ke kota dan gereja mereka, sampai semuanya menjadi aman). hal ini juga dicatat oleh al-bukhari dikitabnya sahih bukhariy.

Rombongan 84 orang kristen ini pulang ke negerinya, selain di dampingi oleh Abu ubaidah bin al-jarrah, juga membawa lembaran tertulis jaminan hidup aman, merdeka dan adil dari nabi muhammad, Tahun 9 H/ 630 - 631 M.

Catatan :

Abu Ubidah inilah yg dulu pernah diandaikan oleh kholifah Umar sebelum wafat om yai ziyy? Yg bunyinya "Seandainya Abu Ubaidah masih hidup akan kutunjuk sebagai penggantiku menjadi kholifah"

Dalam tulisan Ibnu Katsir di atas, tidak menyebut kata greja sama sekali. Dan kasusnya pun bukan saat perayaan hari raya Umat Kristiyani.

Kosakata صومعة /gereja disebutkan dinarasi halaman hal. 59. (yg dipostingan/kolom status berada di hal. 60.) masih 1 rangkaian narasi, agak panjang.

Catatan :

صومعة


Kosakata الكنيسة - الكناءس /gereja disebutkan dinarasi halaman hal. 59. (yg dipostingan/kolom status berada di hal. 60.) masih 1 rangkaian narasi, agak panjang.
Catatan :

الكنيسة - الكناءس

Adakah redaksi dr Ibnu Katsir dlm ts atau di tempat lain yg meriwayatkan bahwa "Nabi menyuruh Abu Ubaidah ibnu Jarroh untuk menjaga greja".

Tersimpan di teks yang ini :

وسألوا أن يرسل معهم أمينا فبعث معهم أبا عبيدة بن ااجراح

"Merika meminta surat jaminaan keamanan, kemudian nabi mengutus Abu Ubaidah bin Jaroh".

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar