Sabtu, 10 November 2018

Larangan Melangkahi Makam Ulama

Islam Melarang Melangkahi Makam Ulama


Maqbarah adalah suatu tempat yang harus sering kita kunjungi karena dengen berziarah ketempat pemakaman akan menjadi penyebab bagi kita untuk mengingat kematian sebagaimana dalam sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, “Aku pernah melarang kalian untuk berziarah kubur, maka ziarahilah (sekarang)! Karena sesungguhnya ziarah kubur dapat mengingatkan kalian akan kematian.”
Akan tetapi berziarah juga mempunyai adab-adab seperti memakai pakaian yang sopan, mengucapkan salam, tidak selfy-an dan sebagainya.

Bagaimana hukum melangkahi kuburan? Salah satu syariat dalam Islam yang wajib dilakukan oleh kaum Muslim adalah menguburkan jenazah. Islam juga mewajibkan agar jenazah dihormati mulai sejak dimandikan, dikafani, dishalati dan dikuburkan. Setelah jenazah tersebut sudah dikuburkan, kita juga dianjurkan untuk senantiasa menziarahi dan mendoakannya agar diberi keselamatan oleh Allah.

Selain itu, setelah jenazah sudah diletakkan di dalam kubur, dia masih memiliki kehormatan yang harus kita jaga. Menghina kehormatan jenazah termasuk perbuatan dosa dan tercela. Di antara bentuk penghinaan terhadap kehormatan jenazah adalah menyebut perbuatan-perbuatan buruknya, juga duduk-duduk, melangkahi atau jalan-jalan di atas kuburannya.

Bahkan disebutkan dalam sebuah hadis bahwa berjalan di atas bara api atau pedang masih lebih disukai oleh Nabi Saw. dibanding berjalan atau melangkahi kuburan seorang Muslim. Ini menunjukkan bahwa melangkahi dan berjalan di atas kuburan termasuk perbuatan yang sangat dilarang oleh Nabi Saw. Hadis dimaksud diriwayatkan oleh Imam Abu Daud dari Uqbah bin ‘Amir, Nabi Saw. bersabda;

لَأَنْ أَمْشِي عَلَى جَمْرَة أَوْ سَيْف , أَوْ أَخْصِف نَعْلِي بِرِجْلِي أَحَبُّ إِلَيَّ مِنْ أَنْ أَمْشِي عَلَى قَبْرِ مُسْلِمٍ


“Sungguh aku berjalan di atas bara api atau pedang, atau aku menjahit sandalku menggunakan kakiku lebih aku sukai dibanding aku harus berjalan di atas kuburan seorang Muslim.”

Dalam kitab Fiqhus Sunnah, Sayyid Sabiq dengan tegas mengatakan bahwa tidak boleh duduk di atas kuburan, bersandaran atau berjalan di atasnya. Selain perbuatan tersebut dinilai tidak menghormati jenazah, juga dapat menyakitinya. Disebutkan dalam hadis riwayat Imam Ahmad dari ‘Amr bin Hazm, dia berkisah;

رَآنِيْ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم مُتَّكِئاً عَلىَ قَبْر، فَقَالَ:لاَ تُؤْذِ صَاحِبَ هَذَا اْلقَبْرِ


“Suatu ketika Rasulullah melihat aku bersandar pada sebuah kuburan. Lantas Nabi Saw. berkata, ‘Jangan sakiti penghuni kuburan ini.’”

Juga disebutkan dalam hadis lain yang diriwayatkan Imam Ahmad, Imam Muslim, Ibnu Majah, dan Nasai dari Abu Hurairah, dia berkata bahwa Nabi Saw. bersabda;

لَأَنْ يَجْلِسَ أَحَدُكُمْ عَلَى جَمْرَةٍ، فَتَحْرِقَ ثِيَابَهُ، فَتُخْلِصَ إِلَى جِلْدِهِ، خَيْرٌ لَهُ مِنْ أَنْ يَجْلِسَ عَلَى قَبْرٍ


“Sungguh di antara kalian duduk di atas bara api kemudian membakar baju hingga menembus kulitnya, itu lebih baik dibanding duduk di atas kuburan.”

Sebagaimana disebutkan dalam kitab Fiqhus Sunnah, bahwa melalui hadis ini Ibnu Hazm dengan tegas mengharamkan duduk dan berjalan di atas kuburan. Begitu juga dengan sejumlah ulama salaf dan beberapa sahabat seperti Abu Hurairah, dengan tegas pula mengharamkan duduk dan berjalan di atas kuburan.
Namun bagaimanakah hukumnya jika untuk berziarah kesebuah kuburan kita harus menginjak, melangkahi atau menduduki kubuaran-kuburan lain, terutama makam Ulama?

Dalam Kitab Nihayatuzzain dijelaskan Untuk makam mayit orang yang mulia (muhtarom) pendapat mayoritas ulama adalah makruh bila tanpa hajat. Adapun yang ghoir muhtarom seperti mayit kafir harbi dan orang murtad tidak apa-apa, meski buang hajat sekalipun.

نهاية الزين ١٥٥

و) كره جلوس على القبر المحترم و اتكاء عليه و استناد اليه و ( وطء عليه الا لضرورة) اي حاجة بان حال القبر عمن يزوره و لو اجنبيا بان لا يصل اليه الا بوطئه فلا يكره و فهم بالأولى عدم الكرهة لضرورة الدفن. و الحكمة في عدم الجلوس و نحوه توقير الميت و احترامه

و اما خبر مسلم انه صلى الله عليه و سلم قال * لان يجلس احدكم على حمرة فتخلص الى جلده خير له من ان يجلس على قبر*

ففسر الجلوس عليه بالجلوس للبول و الغائط و هو حرام بالاجماع اما غير المحترم كقبر مرتد و حربي فلا كرهة في الجلوس و نحوه و لا يحرم البول و التغوط على قبورهما



Dalam kitab Majmu' Imam Nawawi menjelaskan Hukum duduk di atas kubur :
1.menurut imam as saerozy dalam kitab muhadzab dan menurut al mahamili adalah tidak boleh,
2.menurut imam syafi'i dan ashab adalah makruh tanzih,
3.menurut madzhab ulama' dan juga jumhur ulama' misalnya an-nukho'i, al-laist abu hanifah, ahmad dan dawud hukumnya makruh,
4.sedangkan menurut imam malik tidak makruh.

- kitab Majmu' Imam Nawawi :

قال المصنف رحمه الله تعالى : ( ولا يجوز الجلوس على القبر ، لما روى أبو هريرة رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : { لأن يجلس أحدكم على جمرة فتحرق ثيابه حتى تخلص إلى جلده خير له من أن يجلس على قبر }

( الشرح )

حديث أبي هريرة رواه مسلم ، واتفقت نصوص الشافعي والأصحاب على النهي عن الجلوس على القبر للحديث المذكور ، لكن عبارة الشافعي في الأم وجمهور الأصحاب في الطرق كلها أنه يكره الجلوس وأرادوا به كراهة تنزيه كما هو المشهور في استعمال الفقهاء صرح به كثيرون منهم ، وقال المصنف والمحاملي في المقنع : لا يجوز ، فيحتمل أنهما أرادا التحريم ، كما هو الظاهر من استعمال الفقهاء قولهم : لا يجوز ويحتمل أنهما أرادا كراهة التنزيه لأن المكروه غير جائز عند الأصوليين

الي ان قال( فرع ) : في مذاهب العلماء في كراهة الجلوس على القبر ، والاتكاء عليه ، والاستناد إليه قد ذكرنا أن ذلك مكروه عندنا ، وبه قال جمهور العلماء ، منهم النخعي والليث وأبو حنيفة وأحمد وداود ، وقال مالك : لا يكره


Wallohu a'lam bia showab.

HUKUM DUDUK DI ATAS MAKAM KUBURAN

PERTANYAAN :
Apa boleh kita duduk di atas kubur ?

JAWABAN :
Untuk kubur mayit orang yang mulia (muhtarom) pendapat mayoritas ulama adalah makruh bila tanpa hajat. Adapun yang ghoir muhtarom seperti mayit kafir harbi dan orang murtad tidak apa-apa, meski buang hajat sekalipun.

نهاية الزين  ١٥٥

و) كره جلوس على القبر المحترم و اتكاء عليه و استناد اليه و ( وطء عليه الا لضرورة) اي حاجة بان حال القبر عمن يزوره و لو اجنبيا بان لا يصل اليه الا بوطئه فلا يكره و فهم بالأولى عدم الكرهة لضرورة الدفن. و الحكمة في عدم الجلوس و نحوه توقير الميت و احترامه

و اما خبر مسلم انه صلى الله عليه و سلم قال * لان يجلس احدكم على حمرة فتخلص الى جلده خير له من ان يجلس على قبر

ففسر الجلوس عليه بالجلوس للبول و الغائط و هو حرام بالاجماع اما غير المحترم كقبر مرتد و حربي فلا كرهة في الجلوس و نحوه و لا يحرم البول و التغوط على قبورهما


Dalam kitab Majmu' Imam Nawawi menjelaskan Hukum duduk di atas kubur :
1.menurut imam as saerozy dalam kitab muhadzab dan menurut al mahamili adalah tidak boleh,
2.menurut imam syafi'i dan ashab adalah makruh tanzih,
3.menurut madzhab ulama' dan juga jumhur ulama' misalnya an-nukho'i, al-laist abu hanifah, ahmad dan dawud hukumnya makruh,
4.sedangkan menurut imam malik tidak makruh.

- kitab Majmu' Imam Nawawi :

قال المصنف رحمه الله تعالى : ( ولا يجوز الجلوس على القبر ، لما روى أبو هريرة رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : { لأن يجلس أحدكم على جمرة فتحرق ثيابه حتى تخلص إلى جلده خير له من أن يجلس على قبر }

( الشرح )

حديث أبي هريرة رواه مسلم ، واتفقت نصوص الشافعي والأصحاب على النهي عن الجلوس على القبر للحديث المذكور ، لكن عبارة الشافعي في الأم وجمهور الأصحاب في الطرق كلها أنه يكره الجلوس وأرادوا به كراهة تنزيه كما هو المشهور في استعمال الفقهاء صرح به كثيرون منهم ، وقال المصنف والمحاملي في المقنع : لا يجوز ، فيحتمل أنهما أرادا التحريم ، كما هو الظاهر من استعمال الفقهاء قولهم : لا يجوز ويحتمل أنهما أرادا كراهة التنزيه لأن المكروه غير جائز عند الأصوليين

الي ان قال( فرع ) : في مذاهب العلماء في كراهة الجلوس على القبر ، والاتكاء عليه ، والاستناد إليه قد ذكرنا أن ذلك مكروه عندنا ، وبه قال جمهور العلماء ، منهم النخعي والليث وأبو حنيفة وأحمد وداود ، وقال مالك : لا يكره


Wallohu a'lam bia showab.


Kalau Mau Ziarah Kubur, Harus Perhatikan Adab-adab Berikut Ini


Bagi kalangan muslim, menziarahi kubur para wali adalah suatu hal yang lumrah dilakukan dalam waktu-waktu tertentu. Dalam setahun biasanya mereka menziarahi salah satu wilayah yang terdapat makam wali maupun ulama yang wafat di lokasi tersebut.

Dengan demikian, alangkah baiknya kita memperhatikan adab dan tata krama dalam berziarah. Berikut 25 adab menziarahi makam para wali yang disusun oleh Syeikh Abdullah bin Muhammad bin Siddiq al-Ghummari dalam kitabnya Ittihaf al-Adzkiya yang dipaparkan secara tertib.

1. Niat baik dan bermaksud mendekatkan diri kepada Allah Swt supaya mendapatkan keridaannya, seraya mengikatkan hati dengan kecintaan kepada Nabi Muhamad Saw dan keluarganya, beserta para Aulia Allah Swt, dan juga berharap penuh agar mendapatkan syafaat dari mereka.

Setelah itu, Mandi dan wudhu sebelum pergi ke makam, serta memasuki makam dalam keadaan suci dan memakai pakaian yang bersih.

2. Istigfar sebanyak sebelas kali, seraya menghadirkan hati sebelum memasuki area pemakaman. Tumbuhkan rasa sedih dan penyesalan dalam hati, pertanda taubat, sehingga memasuki area makam, dalam keadaan bersih lahir maupun batin.

3. Berdiri di hadapan pintu makam seraya meminta izin untuk masuk.

4. Membaca surat al-fatihah kepada para masyaikh ketika jalan (menuju makam).

5. Melepas sandal ketika masuk.

6. Mendahulukan kaki kanan ketika masuk.

7. Memasuki area dengan tenang.

8. Membaca لاإله إلا الله sebanyak sebelas kali, dan diakhiri dengan membaca محمد الرسول الله.

9. Membaca do’a berikut:

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَيُّهَا الْوَلِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ، أَنْتُمُ السَّابِقُوْنَ وَإِنَّا بِكُمْ إِنْ شَاءَ اللهُ لَاحِقُوْنَ


(Assalamualaikum ayyuhal waliyyu wa rahmatullahi wa barakatuh. Antumus Sabiquuna wa inna bikum insyaallahu lahikun)

10. Membaca surat al-fatihah 11 kali.

11. Membaca surat yasin.

12. Membaca surat al-ikhlas 11 kali.

13. Menghadiahkan pahala al-quran dengan mengucapkan:

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ ثَوَابَهَا فِي صَحِيفَةِ سَيِّدِ الْمُرْسَلِيْنَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ وَثَوَابَ مِثْلَ ذَلِكَ لِأَرْوَاحِ أَبِيْنَا آدَمَ وَأُمِّنَا السَّيِّدَةِ حَوَاءَ وَمَنْ وَلَدَا مِنَ الْأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَثَوَابَ مِثْلَ ذَلِكَ لِآلِ بَيْتِ النَّبِيِّ وَأَصْحَابِهِ وَأَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَتِهِ وَأَهْلِ بَيْتِهِ أَجْمَعِيْنَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمْ وَعَنَّا وَنَفَعَنَا بِهِمْ دُنْيَا وَأُخْرَى وَأَلْحِقْنَا بِهِمْ فِي الدَّارَيْنِ آمِيْنَ وَثوَابَ مِثْلَ ذَلِكَ فِي صَحِيْفَةِ هَذَا الْوَلِيِّ وَإِلَى مَنْ تُحِبُّ


(Allahummajal tsawabaha fi shahifati sayyidil mursalin Shallalahu alaihi wasallam wa tsawaba dzalika li arwahi abina adama wa ummina as-sayyidati hawa’a wa man waladaa minal ambiya’i wal mursalin was syuhada’i was shalihin wa tsawaba mitsla dzalika li aali baitin nabiyyi wa ashhabihi wa azwajihi wa dzurriyatihi wa ahli baitihi ajmain, radiyallahu anhum wa anna wa nafa’ana bihim dunya wa ukhra wa alhiqna bihim fiddaraini amin, wa tsawaba mitsla dzalika fi shahifati hadzal waliyyi wa ila man tuhib.)

14. Berdoa dengan mengucapkan: يَا سَيِّدِي فُلَانٌ شَيءٌ لِلهِ اَلْمَدَدُ sebelas kali.


15. Bersalawat kepada nabi dan keluarganya sebanyak sebelas kali.

16. Berdoa kepada Allah Swt seraya membentangkan tangan ke langit, memohon agar kebutuhan dunia maupun akhirat dipenuhi olehNya. Berdoalah dengan menghadap makam wali, maka sang wali itu akan meng-amin-kan doamu. Mulailah doa dengan memuji Allah Swt dan salawat kepada Nabi Muhammad Saw serta meminta ilmu dan kebaikan dari seluruh kebaikan di dunia dan akhirat kepada Allah Swt, kemudian tutuplah doamu dengan bacaan:

يَا إِلَهِي بِحَقِّ وَلِيِّكَ هَذَا فَرِّجْ كَرْبِي وَهَمِّي فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ وَارْحَمِ اللَّهُمَّ صَاحِبَ هَذِهِ الْمَقَامِ وَعُمَّهُ بِاللُّطْفِ وَالْإِكْرَامِ وَاسْتَجِبْ دُعَائِي اللَّهُمَّ بِحَقِ الْمًصْطَفَى صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَبِسِرِّ ثَوَابِ الفَاتِحَةِ


(Ya Ilahiy bihaqqi waliyyika hadza farrij karby wa hammy fid dunya wal akhirah warham allahumma shahiba hadzihil maqam wa ummahu billutfi wal ikram wastahib du’ai. Allahumma bihaqqil mustafa shallallahu aialihi wasallam wa bisirri tsawabil fatihah)

17. Mengucapkan kalimat syair dibawah ini dengan khusyuk:

لَنْ أَبْرَحَ الْبَابَ حَتَّى تُصْلِحُوا عِوَجِي # وَتُقَبّلُوْنِي عَلَى عَيْبِي وَأَوْزَارِي


(Lan Abrahal baaba hatta tshlihu `iwaji # wa tuqabbiluni ala aibi wa auzari)

18. Kemudian mengucapkan:

أَشْهَدُ يَا سَيِّدِي يَا فُلَانُ أَنَّنَا نَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَنَّ جَدَّكَ مُحَمَّدٌ عَبْدُ اللهِ وَرَسُوْلُهُ وَهِيَ لَنَا وَدِيْعَةٌ عِنْدَكَ


(Asyhadu ya sayyidi ya fulan annana nasyhadu an la ilaaha illa Allah wa anna jaddaka muhammad abdullahi wa rasuluhu wa hiya lana wadiatu indaka)

19. Membaca ayat kursi sekali, dan mengulang-ngulang ayat

وَلَا يَؤُوْدُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

(walaa ya’udhu hifdzuhuma wa huwal aliyyul adzim) sebanyak tiga kali.

20. Menghormati penjaga makam, dan berbuat baik kepada mereka

21. Membaca al-fatihah untuk wali di makam tersebut seraya meminta izin untuk kembali pulang dan berkata: “Aku telah menghadirimu wahai tuanku, bukannya aku jemu ataupun bosan, akan tetapi aku memiliki keperluan, gairahku pun berkurang dan melemah, dan aku bermaksud untuk pamit dari makammu”.

22. Tidak membelakangi makam ketika hendak pulang.

23. Bersedekah di sekitaran makam kepada orang-orang yang membutuhkan

Selain memperhatikan adab-adab ziarah di atas, para peziarah juga harus memperhatikan peringatan dan larangan ketika berziarah sebagaimana berikut:

1. Tidak membawa dan menyalakan lilin ketika ziarah, karena itu adalah tabiat orang nasrani.

2. Makruh meletakan kedua tangan di atas kuburan atau mengusap kuburan, dan tidak juga menciumnya.

3. Hindarilah berputar-putar mengelilingi makam, sesungguhnya itu diharamkan oleh syariat.

4. Seyogyanya bagi seorang wanita untuk tidak berhias dan memakai wewangian ketika berziarah.

Demikian adab-adab dan larangan berziarah, semoga bermanfaat.

Wallahu a’lam


Menolak Ziarah Kubur adalah Kesombongan Warisan Iblis


MusliModerat.Com - Alkisah pada suatu hari Iblis menjumpai Nabi Musa AS. Kemudian, dia berkata: Hai Musa ! Engkau adalah makhluk yang dipilih Allah menjadi Rasul dan pernah diajak dialog oleh-Nya. Sedangkan, aku adalah makhluk yang diciptakan Allah yang selalu berbuat dosa.dan maksiat. Aku ingin sekali bertaubat kepada-Nya. Olehkarena itu, tolonglah aku supaya taubat aku diterima oleh-Nya ! Jawab Nabi Musa: Baiklah kalau begitu aku akan usahakan.

Kemudian, Nabi Musa berdo’a kepada Allah supaya Allah mau menerima taubat Iblis. Lalu Allah memberi wahyu kepada Nabi Musa dan berkata: Hai Musa ! Sungguh aku kabulkan hajatmu (diterima taubatnya Iblis oleh Allah) asalkan dia (Iblis) mau sujud (ziarah) ke makam Adam hingga aku terima taubatnya.

Kemudian, Nabi Musa menemui Iblis dan berkata: Sesungguhnya aku diperintah Allah supaya engkau sujud ke makam Adam hingga diterima taubat engkau oleh-Nya. Mendengar itu, langsung Iblis murka dan takabbur. Kata Iblis: Aku yang masih hidup tidak akan pernah sudi sujud kepada Adam. Masa aku harus sujud kepada orang yang sudah mati.

{Keterangan diambil dari kitab “Ithaf as-Sadat al-Muttaqin, karya Sayyid Muhammad al-Husaini al-Zabidi, jilid 7 halaman 285, cetakan “Darul Fikr”, Beirut, Libanon)

Wallahu a’lam


Ekspresi Orang Tua di Alam Kubur Ketika di Ziarahi dan di Doakan Anaknya


Dalam penjelasan kitab al-Ruh, karya Syaikh Ibnu Qayyim al-Jauziyyah, Apa yang terjadi kepada orang tua ketika Anda berziarah ke makam mereka atau ketika Anda mendoakan mereka?*

Syaikh Muhammad al-Syanqithi, berkata: Semoga Alloh mengampuni keluarga kita yang telah meninggal dunia dan kaum Muslimin yang telah meninggal dunia. Aku tidak mampu menahan tangis melihat betapa perlunya ahli kubur kepada kita. Aku terkesan dan aku ingin semuanya mengetahui hal ini..

Utsman bin Sawad, ulama salaf, bercerita tentang ibunya, seorang wanita yang ahli ibadah. Ketika ibunya akan meninggal dunia, ia mengangkat pandangannya ke langit dan berkata: “Wahai tabunganku, wahai simpananku, wahai Tuhan yang selalu menjadi sandaranku alam hidupku dan setelah kematiaku, jangan Engkau abaikan diriku ketika mati, jangan biarkan aku kesepian dalam kuburku.” Kemudian ia meninggal dunia.

Aku selalu berziarah ke makamnya setiap hari Jum’at. Aku berdoa untuknya, dan memohonkan ampun baginya dan semua ahli kubur di situ. Pada suatu malam aku bermimpi berjumpa dengan ibuku.

Aku berkata: “Wahai ibuku, bagaimana keadanmu?”

Ia menjawab: “Wahai anakku, sesungguhnya kematian itu adalah kesusahan yang dahsyat. Aku alhamdulillah ada di alam barzakh yang terpuji. Ranjangnya harum, dan bantalnya terdiri tenunan kain sutera.”*

Aku berkata: “Apakah Ibu ada keperluan kepadaku?”

*Ia menjawab: “Iya. Jangan kamu tinggalkan ziarah yang kamu lakukan kepada kami. Sungguh aku sangat senang dengan kedatanganmu pada hari Jum’at ketika berangkat dari keluargamu. Orang-orang akan berkata kepadaku: “Ini anakmu sudah datang.” Lalu aku merasa senang, dan orang-orang mati yang ada di sekitarku juga senang.”*

Basysyar bin Ghalib, ulama salaf pula, berkata: “ Aku bermimpi Robiah al-Adawiyah dalam tidurku. Aku memang selalu mendoakannya. Dalam mimpi itu ia berkata kepadaku: “Wahai Basysyar, hadiah-hadiahmu selalu sampai kepada kami di atas piring dari cahaya, ditutupi dengan sapu tangan sutera.”

Aku berkata: “Bagaimana hal itu bisa terjadi?”

Ia menjawab: “Begitulah doa orang-orang yang masih hidup. Apabila mereka mendoakan orang-orang yang sudah mati dan doa itu dikabulkan, maka doa itu diletakkan di atas piring dari cahaya dan ditutupi dengan sapu tangan sutera. Lalu hadiah itu diberikan kepada orang mati yang didoakan itu. Lalu dikatakan kepadanya: “Terimalah, ini hadiah si anu kepadamu.”

Seberapa sering kita berziarah ke makam orang tua, keluarga dan guru kita yang telah meninggal dunia?

Seberapa banyak kita mendoakan mereka dalam waktu-waktu kita beribadah??

Ziarah kita dan doa kita sangat penting bagi mereka..

رب اجعلنی مقيم الصلاة ومن ذريتی ربنا وتقبل دعاء ربنا اغفرلی ولوالدي وللمؤمنين يوم يقوم الحساب

عن ابي هريرة رضي الله عنه، ان رسول الله صلى الله عليه وسلم، قال : اذا مات ابن ادم انقطع عمله الا من ثلاث : صدقة جارية، او علم ينتفع به، او ولد صالح يدعو له (رواه مسلم)

Sebentar lagi Masuk Bulan Suci Ramadhan, yg Mau Ziarah ke Makam Kakek, Nenek, atau Orang Tuanya, Silahkan.. Karena DOA dari kita Slalu Dinanti oleh mereka..

Semoga kita semua tergolong menjadi anak yang sholeh yang selalu mendo'akan orang tua kita.
Aaamiiiin.....

Wallahu a’lam

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar